Tokoh Inspiratif : Dahlan Iskan, Membangun Kesuksesan Dengan Kesederhanaan

Tokoh Inspiratif : Dahlan Iskan, Membangun Kesuksesan Dengan Kesederhanaan

http://www.ambyaberbagi.com/2015/04/tokoh-inspiratif-dahlan-iskan-membangun.html
Dahlan Iskan, Siapa yang menyangka kalau kehidupan di masa lalunya sangat berbeda dari kehidupan dan kesuksesan yang di raihnya pada saat ini, percayakan anda bahwa dulunya si dahlan iskan kecil adalah sosok yang sangat sederhana, dan lahir dari keluarga yang sangat sederhana. saking sederhananya zamanya sekolah pun si dahlan kecil ini pernah mengalami berangkat sekolah tanpa menggunakan sepatu, miris memang. bahkan si dahlan kecil ini sangat senang ketika sang ibunya memberikan hadiah sepatu bekas, untuk di gunakan sekolah, namun itu pun ia gunakan hanya di hari senin ketika upacara bendera karena takut sepatunya cepat rusak apabila ia gunakan di setiap hari untuk sekolah.

Dahlan Lahir dari Keluarga Sederhana di Desa

Lahir di Magetan Jawa Timur, desa Kebun Dalam, Tegalarum, tepatya tidak ada yang tahu tanggal berapa dulu beliau lahir. karena satu satunya penanda kelahiranya tertulis di sebuah meja makan yang singkat cerita telah di jual ayahnya untuk membeli obat obatan dan merawat sang ibu dahlan ketika sang ibu menderita sakit.

17 Agustus adalah tanggal yang di pilih oleh Dahlan Iskan untuk menjadi tanggal lahirnya, agar lebih mudah di ingat ungkapnya. Hidup dalam perekonomian yang cukup susah tidak membuat Dahlan kecil patah semangat, meski Jarak sekolah yang di tempuh nya cukup jauh, dan di tempuhnya dengan jalan kaki bahkan tanpa alas kaki, karena di desa pada saat itu memang kehidupanya keras, namun justru di situlah Dahlan kecil terpacu untuk lebih giat menuntut ilmu, ia tak ingin kehidupanya terus seperti ini, kesuksesan adalah tujuan nya, Dahlan kecil terus terpecut semangatnya agar menjadi lebih baik dan kelak dapat merubah nasibnya beserta keluarga.


Karir Dahlan Yang Melejit

Singkat cerita Dahlan yang telah beranjak dewasa meneruskan pendidikan di Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Smaarinda, Dahlan mulai merintis karir dengan menjadi reporter di sebuah surat kabar harian lokal di Samarinda sejak tahun 1975. dan setahun berikutnya pada tahun 1976, karirnya mulai berkembang sehingga ia ditugaskan untuk menjadi wartawan majalah Tempo.

Menjadi satu satunya wartawan yang berhasil meliput kecelakaan Kapal Tampomas II Dahlan sukses dan karirnya terus melesat. Bahkan pada tahun 1982 Dahlan di percaya menjadi pemimpin surat kabar Jawa Pos dan kemudian bersamaan berhasil mengangkat kembali keadaan Surat kabar Jawa Pos, yang pada saat itu hampir saja merugi setelah lima tahun menjabat menjadi pimpinan Surat Kabar Jawa Pos dengan menaikan omset tahunann sekitar 20 kali lipat

Tak berhenti sampai di situ Kesuksesan semakin di raihnya ketika pada tahun 1997 Dahlan berhasil mendirikan Graha Pena. Bahkan Graha Pena merupakan salah satu pelopor gedung pencakar langit di kota Surabaya. Pada Tahun 2002, Dahlan Iskan pun berhasil mendirikan bangunan perkantoran serupa, di Jakarta. Passion nya di bidang jurnalistik membawa Dahlan untuk mengembangkan Jawa Pos News Network (JPNN).

Saat ini JPNN berhasil menjadi salah satu jaringan media massa terbesar di tanah air dengan sejumlah kelompok bisnis kira kira lebih dari 200 surat kabar, tabloid, TV lokal, pabrik kertas, jaringan berita serta management belasan gedung perkantoran. Dahlan juga mulai mengembangkan bisnis di bidang telekomunikasi dengan menjadi komisaris sebuah perusahaan pembangunan sambungan komunikasi kabel laut yang bernama PT. Fangbian Iskan Corporindo.

 

Dahlan Memulai Dunia Politik

Sikapnya yang selalu kritis selama Dahlan berkecimpung di bisnis media, membuat Dahlan sering melayangkan kritikan dan solusi terhadap kinerja Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang pada saat itu terbilang amburadu. Hingga pada akhirnya pergantian management PLN pada tahun 2009 memutuskan untuk memilih Dahlan sebagai Direktur Utama PLN, Kinerja Dahlan sebagai birokrat yang sering mengamati permasalahan lapangan untuk menemukan solusi mulai membawa perubahan positif bagi kinerja PLN.

Dahlan seringkali membuat gebrakan-gebrakan revolusioner seperti mengganti sumber listrik primer dan menyediakan trafo-trafo cadangan untuk proses distribusi listrik. Dedikasi yang sangat baik ia berikan pada PLN membuat presiden pada saat itu Susilo Bambang Yudhoyono menugaskannya untuk menempati jabatan menteri BUMN pada Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Dari situ dimulailah perjalanan politik bagi seorang Dahlan Iskan.



Banyak nilai hidup positif yang bisa kita petik dari sosok Dahlan Iskan. Bahkan kini banyak disebutkan bahwa Dahlan merupakan sosok perubahan yang sangat dibutuhkan Indonesia. sosoknya yang sederhana, sikapnya yang kritis dan tak enggan memberikan solusi untuk peningkatan kualitas dan mutu, dan mampu memberi citra lebih baik menjadikan dahlan iskan patut di jadikan sebagai sosok inspiratif dan motivator yang seharusnya kita contoh, terutama bagi seorang pemimpin yang sedang selalu ingin mensejahterakan rakyat maupun anggota yang di pimpinnya. Semoga kedepan semakin banyak generasi muda yang bisa mengikuti jejak beliau. Menjadi sosok inspiratif dengan langkah nyata. Terimakasih dan semoga bermanfaat
loading...