Kuncoro Wibowo, Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia Yang Bermula dari Toko Kecil Di Glodok

Kisah Sukses Kuncoro Wibowo, Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia Yang Bermula dari Toko Kecil Di Glodok

http://www.ambyaberbagi.com/2015/05/orang-terkaya-di-indonesia-yang-bermula.html
Anda pasti tahu Ace Hardware? kalau kita sering menyambangi mall-mall besar di jabodetabek pasti tidak asing lagi dengan ace hardware, Ya, Toko Peralatan rumah tangga, teknis dan furniture terbesar di indonesia. Siapa siyh yang punya toko kelas kakap tersebut? Beliau adalah Kuncoro Wibowo, salah satu orang terkaya di Indonesia yang menempati urutan ke 33. Yang kekayaanya telah mencapai $ 910.000.000 , atau 910 juta dollar atau sekitar 10 Triliun Rupiah. Wew Amazing. Namun siapa sangka Kesuksesan yang beliau raih itu benar-benar berawal dari bawah, dari sebuah toko kecil berukuran 3x3 di sebuah kawasan di glodok, Jakarta. Sungguh aneh, bagaimana bisa Bapak Kuncoro Wibowo ini bisa menyulap toko kecil berukuran 3x3 menjadi salah satu toko terbesar di indonesia?

Ini adalah kisah sukses dari Kuncoro Wibowo seorang bos yang sangat Inspiratif, yang berawal dari bawah hingga kini telah sukses menguasai pasar di Indonesia, Seperti apa kisah nya? mari kita simak...


Kuncoro Wibowo Seorang "Anak Glodok"

Kita pasti berfikir bahwa pemilik atau bos dari Grup Kawan Lama adalah titisan (hehe) konglong merat yang kemudian terus mengepakan sayapnya untuk berkembang menjadi toko hardware terlengkap dan terbesar di Asia tenggara.  Namun ternyata si "Bos Besar" ini dulunya adalah anak dari seorang pemilik toko kecil di glodok. Wong Jin adalah nama ayahnya. Kuncoro kecil ternyata sudah sering belajar untuk bekerja keras tiap hari untuk membantu ayahnya berjualan di toko kecil terebut. Singkat cerita Ayahnya meninggal dan Kuncoro harus benar -benar berjibaku bersama saudaranya untuk meneruskan perjuangan sang ayah untuk melanjutkan usaha keluarganya tsb. 



Prinsip Sukses Kuncoro Wibowo

“I want to be something different. Saya Ingin menjadi Sesuatu yang Berbeda" Saya kalau sudah punya keinginan, maka harus saya dapatkan,” ucap Kuncoro Wibowo yang sedari kecil telah rajin dan bekerja keras membantu ayahnya. Beliau dan saudara laki-laki membantu melayani toko, sedangkan saudara perempuan akan menjadi kasir. Prinsip Kuncoro Wibowo adalah "learning by practicing". atau belajar dari kebiasaan. Lakukan saja, apabila salah, tinggal diperbaiki. “Kami terus membuat kesalahan dan memperbaiki kesalahan tersebut sampai akhirnya mandiri bahkan sampai dilepas oleh ayah,” ujar Kuncoro Wibowo. Kematangan bisnis bos ace hardware ini terbentuk secara alami, tentu atas bimbingan ayahnya.

Kuncoro Wibowo ini telah di didik sedari kecil untuk menjadi pebisnis yang matang dan kelak menjadi pebisnis yang sukses. Benar- benar sukses mental dan sikap entrpreuner nya telah berkembang di usia nya yang masih terbilang sangat muda. bahkan Ketika kuncoro berumur 17 tahun, ia telah di percaya oleh ayahnya dan sering diutus ke luar negeri untuk mencari produk-produk perkakas dan bernegosiasi sendiri agar bisa menjadi agen produk tersebut, yang akan di jual kembali di tokonya. Bisnis dan bisnis, begitulah gemblengan yang di terima oleh bos besar ini. bahkan ketika ia telah sukses hasil keuntunganya pun terus di investasikan untuk kepentingan bisnisnya, tidak melulu menuruti kemauan atau nafsu untuk kepentingan pribadinya.
Salah satu kunci Utama dari Grup Kawan Lama (GKL) adalah, mereka hanya mau mendistribusikan merek-merek perkakas dari brand atau merek yang masuk di tiga besar dunia untuk masing-masing kategori produk. Namun, meskipun hanya mengambil tiga merek untuk tiap kategori produk, GKL memastikan bahwa variasi produk sangat lebar. Apa saja Anda bisa dapatkan. Dengan hanya percaya kepada Brand atau merek sekelas tiga besar dunia maka kita atau pelanggan tak perlu kuatir untuk masalah kualitas, pasti terjamin dan kepuasan pelanggan menjadi faktor penentu berkembangnya suatu usaha, bahkan di bidang apapun. 

Kepercayaan Membuahkan Kesuksesan

Kepercayaan terhadap bawahan atau tim akan sangat mempengaruhi kesuksesan suatu usaha atau bisnis. Karena kita yakini kita tidak akan bisa sukses apabila kita melakukan semua usaha dengan seorang diri, pastiya akan capek dan lelah. Namun Kepercayaan yang satu ini adalah berkaitan dengan kualitas mereka sebagai tim. Kuncoro Wibowo juga sangat percaya bahwa orang berkualitas akan membantu kesuksesan bisnisnya. Beliau sangat percaya terhadap beberapa orang, contohnya Rudy Hartono untuk mengembangkan Ace Hardware Indonesia di dunia retail, Tony Sartono sebagai jendral pasukan penjualan (atau lebih resminya direktur marketing), dan Paulus Ong yang berhasil membesarkan Index. Kuncoro Wibowo berterimakasih terhadap orang-orang dekatnya tersebut karena membantu membesarkan Grup Kawan Lama.


Oke, Mungkin itu sedikit informasi mengenai Kisah Sukses Kuncoro Wibowo, Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia Yang Bermula dari Toko Kecil Di Glodok. Memang kesuksesan tidak bisa kita raih dengan cara yang instan, perlu pondasi yang kuat untuk membangun suatu binis yang kokoh dan besar. maka dari itu hendaknya kita tdak usah malu untuk terus belajar, jangan takut kalau suatu saat nanti kegagalan menghampiri bisnis atau usaha kita. Yang terpenting adalah semangat, rajin dan bekerja keras, kenali potensi yang ada dan tetap fokus dalam menjalankan binis atau usaha. Akhirnya semoga bermanfaat dan Terimakasih
loading...