Rahasia Sukses Beternak Bebek Tik Tok (Itik Entok) Ala Pak Santosa Yang Paling Dahsyat

Rahasia Sukses Beternak Bebek Tik Tok (Itik Entok) Ala Pak Santosa Yang Paling Dahsyat

http://www.ambyaberbagi.com/2015/06/rahasia-sukses-beternak-bebek-tik-tok-hibrida.html
Mungkin sebagian besar dari kita ada yang sudah menjumpai restoran yang menyajikan daging bebek tiktok, apa siy tik tok itu? bebek tiktok adalah sebuah nama dari jenis bebek yang di hasilkan dari perselingkuhan beda jenis yaitu itik dan entok, Itik Betina di kawinkan dengan entok jantan, dan lahirlah seekor bebek tikto, yang menjadi jurus pertama kesuksesan Pak Santoso beternak bebek

Pak Santoso adalah Seorang pria dari Depok, Jawa Barat yang mulai beternak unggas sejaka 1985, dan kini telah siap untuk membeberkan jurus - jurus rahasia beternak bebek tiktok dan segala kelebihan bebek tiktok yang mungkin belum banyak kita ketahui, yang ternyata sangat dahsyat lhow. Jangan lewatkan satu kata pun dalam artikel ini ya, karena sangat banyak kelebihan dan keuntungan beternak jenis unggas yang satu ini yaitu bebek tiktok yang akan membuat kita segera ingin melakukan bisnis ternak jenis unggas ini, apa aja kelabihan dari beternak bebek tik tok ini? dan bagaimana rahasia rumus sukses Pak Santoso dalam menjalankan bisnis bebek tiktok ini? yuk kita simak ulasan berikut ini

Baca juga : Kisah Sukses Pebisnis Muda Beromset Ratusan Juta dari Biji Mahoni 

 

1. Tiktok Adalah Bebek Super Yang Menggemaskan

Bebek tiktok adalah jenis unggas perselingkuhan atau kawin silang dari itik dan entok, kalau kita cermati, dari bentuk atau postur tubuh entok lebih besar, sehingga menghasilkan daging yang lebih besar dan memiliki nilai lebih di jagad persaingan penjualan daging bebek. waktu tumbuh nya pun di nilai lebih cepat, sehingga akan sangat efektif untuk di jadikan suatu bisnis yang lebih menggiurkan, di karena kan kita bisa menghemat waktu pemeliharaan, namun di sisi lain justru hasil yang kita peroleh akan lebih maksimal karena bebek tiktok mempunyai postur tubuh yang lebih besar yang menyerupai entok. maka dari itu bisa kita simpulkan bahwa bebek tiktok adalah bebek super. Santosa mengaku hanya membutuhkan waktu satu setengah sampai dua bulan untuk bisa memelihara bebek tiktok hingga mempunyai bobot sekitar 2 Kg atau siap jual. "Kalau bebek biasa, setidaknya membutuhkan waktu empat hingga lima bulan,"  Kata Pak Santosa. Di sisni pun kita bisa menyimpulkan bahwa dengan waktu pemeliharaan yang lebih singkat maka secara otomatis akan menghemat biaya pemeliharaan dan perawatan untuk sampai masa panen.

Dengan memiliki daging yang lebih besar namun tetap memberikan cita rasa bebek gurih yang khas maka akan sangat menggiurkan restoran restoran dan penyuka daging bebek, saya pun sangat mnyukai daging bebek, karena rasanya yang gurih dan lebih nikmat. sehingga dalam hal penjualan tidak akan mengalami kesulitan

 

2.  Mudah Dalam Pemeliharaan Bebek TikTok

Untuk pemberian makanan unggas keren yang satu ini terbilang cukup mudah, Unggas bebek super tiktok ini doyan makan apa saja sebagaimana entok, mulai dari dedak hingga limbah dapur semua siap mereka hasbiskan. Hanya saja, Santoso memiliki ramuan khusus untuk pemberian makanan bebek tiktok.

Ada dua jenis bahan baku makanan bebek tiktok.. yaitu : campuran antara dedak dan Sisa / Limbah Roti yang tak terjual. Harga dedak di pasar di perkirakan sekitar Rp 2.000 per kg. Sedangkan untuk limbah roti, harga per kilogram hanya di banderol  Rp 5.000. saja. Cukup hemat kan?
Sebagai gambaran, untuk memelihara satu bebek  tiktok hingga siap panen dan layak potong di butuhkan waktu sekitar dua bulan. Selama itu, satu tiktok bisa menghabiskan pakan sekitar 6 kg bahan campuran dedak dan roti tersebut.
Tiap bulan, saya menghabiskan 1,8 ton pakan," ujarnya. Saat Pak Santosa memelihara setidaknya 500-600 bebek tiktok. "

Santosa mengaku tidak sulit mendapatkan bahan makanan bebek. Bahan ini tersedia di banyak toko penjual makanan ternak. Santoso juga mengatakan bahwa modal berbisnis ini tidaklah terlalu banyak. "Waktu tahun 1985 modal saya hanya Rp 1 juta," ujarnya.



3. Cara Mendapatkan Bibit Bebek TikTok Cukup Mudah

Pasti anda bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan bibit tiktiok siap ternak? nagh ternyata caranya pun tidak terlalu sulit. Santoso mengaku, hampir setiap hari ia mengawinkan beberapa pasang itik dan entok. Dari hasil perselingkuhan atau perkawinan silang itu Pak Santoso bisa mendapatkan 30-50 butir telur.


Untuk pemilihan induk yang akan dikawinkan, Santoso mempunyai itik sebanyak 300 ekor dan entok sebanyak 20 ekor. "Saya harus menyiapkan induk sebanyak itu. Kalau kurang, saya akan membeli itik atau entok lagi," ujarnya.
Saat ini Santoso bisa menghasilkan 100 ekor tiktok dewasa setiap hari



selanjutnya Pak Santosa memasukkan telur2  ke dalam inkubasi sebagai media penetasan. Lama penetasan sebulan. Setelah menetas, bayi tiktok siap di pelihara atau di ternakan hingga kurang lebih sampai 2 bulan dan siap dipotong untuk di sajikan di restoran.




3. Berhati - Hati  Karena Telur Bebek Tiktok Agak Sensitif

Setelah kita membahas hal - hal menyenangka mengenai ternak bebek tiktok ternyata untuk suksesnya pun butuh kerja keras dan hati-harti. Santoso mewanti-wanti. Proses penetasan merupakan bagian yang sangat menentukan. Pada proses melakukan inkubasi misalnya, proses ini harus dilakukan secara hati-hati. Sebab, telur-telur ini agak sensitif. "Bisa-bisa tidak jadi bebek atau pertumbuhannya lambat," ujar  PakSantosa.
 



4. Prospek Penjualan Bebek Tiktok Terbilang Cerah

Menurut Pak Santosa Permintaan bebek tiktok hasil perkawinan silang antara itik dan entok lumayan besar.  "Saya sering didatangi restoran yang meminta saya memasok bebek ke mereka," ujarnya.
Namun, ia belum bisa melayani pesanan tiktok dari restoran lain. Maklum, seluruh tiktok itu masih menjadi sumber pasokan bagi restoran miliknya sendiri. Di restoran ia menjual per ekor tiktok seharga Rp 60.000. "Saya mengambil untung Rp 10.000 per ekor," ujarnya

Santoso mengklaim, protein daging tiktok lebih tinggi ketimbang bebek, sedangkan kolesterol tiktok lebih rendah dibandingkan dengan bebek biasa. "Saya sudah mengetes di laboratorium IPB dan ada sertifikatnya," ujarnya. sehingga dari segi gizi pun akan sangat menarik peminat dan penyuka daging bebek.

Santoso mengatakan, bisnis ternak bebek silangan ini masih mempunyai prospek bagus. Selain bisa menghasilkan puluhan juta per bulan, memelihara tiktok juga semudah memelihara bebek. Tiktok termasuk unggas yang bandel dan tahan banting. Tiktok juga relatif tahan terhadap virus flu burung.

Baca juga : Kiat Sukses Berdagang dan Berbisnis Ala Rasulullah



Nagh begitu kira - kira jurus-jurus ampuh Rahasia Sukses Beternak Bebek Tik Tok (Itik Entok) Ala Pak Santosa Yang Paling Dahsyat. Semua sudah di beberkan secara gamblang dan blak blakan. sungguh menggiurkan bukan? Usaha ternak bebek tiktik ini sangat cocok untuk yang sedang mempersiapkan masa pensiunannya, atau yang sudah mulai bosan kerja di kantor dan ingin terjun ke dunia bisnis. Bebek tikto juga tidak terlalu menimbulkan bau yang meyengat, sehinga tetap bisa dan cocok untuk di ternakan di tengah-tengah perkotaan. dan keuntungan lainya adalah bebek tiktok ternyata tidak membutuhkan lahan yang luas, satu meter persegi bisa untuk memelihara bebek tiktok 8 sampai 10 ekor. waaah , efektif sekali bukan? Tunggu apa lagi, bisa di coba beternak unggas unik yang satu ini. keren kan..?? Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terimakasih.




loading...