Bisnis Sehat dan Menyenangkan Dengan Budidaya Melon Hidroponik

Bisnis Sehat dan Menyenangkan Dengan Budidaya Melon Hidroponik

http://www.ambyaberbagi.com/2015/08/bisnis-sehat-budidaya-melon-hidroponik.html
Bisnis yang sehat dan menyenangkan tentu banyak pilihan dan macamnya, saking banyak nya terkadang kita bingung mau memulai darimana. Nagh bagi yang masih bingung, cobalah untuk memulai menanam atau membudidayakan buah melon dengan sistem hidroponik. apa siyh untungnya, apa siyh enaknya berbudidaya melon secara hidroponik dalam hal bisnis.

Berbicara bisnis dan untung,  tentu sangat menguntungkan dan menyenangkan apabila kita terjun ke dunia budidaya, apalagi dalam kasus ini adalah budidaya tumbuhan yang secara perawatan dan perkembangan cukup mudah di jalankan. dan tidak terlalu memakan tenaga yang banyak. sehingga kita masih bisa menjalankan usaha atau bisnis yang lainya. tanpa harus meninggalkan atau mengorbankan satu sama lain..menyengangkan bukan? 

Untuk keuntungan yang bisa di dapatkan tentunya sangat menjanjikan sekali. Buah melon selain mengandung nutrisi dan kebaikan yang banyak, adalah buah yang manis dan segar. buah favorit yang sering di makan usai menyantap makan. Apalagi anak-anak biasanya sangat suka dengan buah yang manis ini. jadi untuk pasar atau penjualan kita tidak usah terlalu bingung. karena banyak toko - toko buah yang siap menerima stok buah - buah segar dari kebun hidroponik kita.

Lalu bagaimana cara menanam tanaman melon denga sistem hidroponik? dan apa siyh keuntungan dari berkebun hidroponik ini? untuk cara menanam dan memulai nya akan ada tutorial singkatnya di bawah ini. dan keuntungan hidroponik sendiri sangat banyak dan sangat menguntungkan, dari misalnya masa atau usai siap panen yanag lebih cepat daripada menanam secara konvensional. jadi keuntungan yang bisa kita dapat akan lebih menjanjikan. dalam menanam hidroponik kita juga tidak terlalu tergantung dengan musim, entah musim kemarau musim penghujanm, musih begal, ups keblabasan, :-D.. kita bisa menanam kapanpun. dan yang paling menguntungan adalah hsail tanaman hidroponik lebih sehat karena tidak memakai pestisida, lebih enak, lebih sempurna, tanpa hama dan lebih tinggi harga jualnya. waow asik kan? 


Kalau udah tertarik yuuk langsung saja kita simak bagaimana cara memulai menanam buah melon dengan cara hidroponik
.

1. Persiapan Alat dan Bahan Untuk Keperluan Media Tanam Melon Hidroponik

Yang akan kita gunakan adalah sistim Aeroponik dengan kultur terendam, lalu alat dan bahan yang akan kita persiapkan di antaranya adalah
  • Talang air
  • Torn penampung air (bisa pake drum plastik)
  • Pipa paralon dan instalasinya (sesuai kebutuhan)
  • Mesin pompa akuarium
  • Timer (bisa beli di toko perlengkapan listrik)
  • Stereoform (gabus)
  • Rangkaian penetralisir air (deionizer)
gampang dan mudah di cari kan,  nagh begini nih kira kira spoiler gambarnya :

 

 





3. Penyiapan Nutrisi

Hasil tanaman hidroponik sangat tergantung pada campuran atau komposisi nutrisi yang diberikan, dalam hal ini konsentrasi pupuk yang harus diberikan. jadi sebisa mungkin takaran harus pas dan sesuai untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. 

Tanaman
Air Deion
Pupuk A





PupukB

Pupuk C
Nilai EC
Melon
200 liter
700 ml





700 ml

120 ml
1600-1700
Tomat
200 liter
400 ml





400 ml

80 ml
1000-1200
Selada/seledri
150 liter
300 ml





300 ml

60 ml
1000-1200
Catatan : Pupuk (Stok A,B dan C) utk tanaman hidroponik sudah ada yg jadi di toko pertanian.


3. Keteranga dan Lain-lain

Air Deion - media pengganti tanah dengan kadar EC dibawah 100, air Deion di peroleh dengan cara menetralkan air biasa.
Air biasa - (air sumur/tanah, air hujan, air PDAM) mempunyai kadar EC diatas 100 dan masih terdapat unsur2 lain yg tidak diperlukan oleh tanaman,
EC meter - untuk mengecek kadar EC
Kertas lakmus - untuk mengecek kadar asam (PH)
Antonik - Merk obat campuran untuk persemaian bibit
PH untuk tanam - Ph yang disarankan 5-6 bila lebih dr 6 berikan asam untuk menormalkan kembali
bila kurang dari 5 berikan kapur bangunan yang sudah dicairkan

4. Penanaman Budidaya Tanaman Melon dengan Hidroponik

Penyemaian
  • Siapkan tempat penyemaian. Siapkan lebaran- lembaran kapas yang telah dibasahi air kemudian dilapisi kertas, atau bisa juga dengan kertas bekas seperti koran diatas nampan plastik.
  • Benih dapat di beli di toko pertanian terdekat sesuai jenis benih yang di inginkan, kemudian benih melon yang akan disemaikan, direndam terlebih dahulu di dalam air hangat yang telah dicampur ANTONIK secukupnya dan diamkan selama 2–4 jam, kemudian pilihlah benih benih berkualitas terbaik (benih yang baik setelah direndam 2-4 jam akan tenggelam sedangkan yang kurang baik akan tetap terapung di permukaan air) 
  • kemudian benih disemaikan di tempat yang telah disiapkan tadi, agar tetap lembab lakukan penyemprotan dengan air tiap pagi dan sore hari.
  • Perkiraan 2-3 hari proses semai sudah tumbuh kecambah kecil kemudian pindahkan ke tempat lain media ABU SEKAM yang lembab agar pertumbuhan kecambah lebih cepat, hanya disirami air tiap pagi dan sore hari (yakinkan abu sekam dalam keadaan lembab
 


Penyesuaian
  • Siapkan tempat penyesuaian berupa nampan plastik yang telah diberikan nutrisi (air Deion + pupuk sesuai takaran ).
  • Setelah 8-10 hari penyemaian, sebelum ditanam di media tanam maka benih yang telah menjadi kecambah perlu penyesuaian dengan nutrisi yang akan diberikan.
Penanaman Dengan Sistem Hidroponik
  • Mulai dipindahkan ke media tanam apabila di tahap penyesuaian sudah mulai tumbuh daun baru kira-kira hari ke 13-14.
  • Selama masa penanaman sudah secara otomatis sirkulasi nutrisi sesuai yang telah diatur dengan TIMER (disarankan penyetelan timer setiap 1 jam sekali selama 15 menit dimulai dari pkl 00.00 s.d pkl 18.00)
  • Apabila selama masa tanam terserang hama atau gangguan lainnya dapat diatasi dengan obat/ insektisida / pestisida yang ada di toko pertanian.
  • Perkiraan masa panen sampai dengan 60 hari dihitung sejak mulai tanam di media tanam.

5. Perhitungan hasil panen

Kita coba menghitung modal awal kita bila kita mulai menanam dengan skala kecil, asumsi akan menanam 200 pohon sekitar Rp. 4.000.000,- (Empat Juta Rupiah)

Asumsi dalam 1 pohon terdapat 1 buah melon dgn berat rata rata sekitar 2,5 kg 
Harga melon perkilogram di pasaran pengepul saat ini adalah Rp. 4.000,- s.d Rp.8.000,- . atau di pasaran umu bisa mencapai Rp. 9.000,- sampai Rp. 11.000,- 
(bila kita ambil harga yg plg rendah saja = Rp.4.000,-), dikalikan dengan 200 pohon yg kita tanam.| Dikurangi kemungkinan pohon rusak/ mati kita perkirakan 5% (10 pohon).| (200 pohon - 10) x 2,5 kg = 475 kg | 475 kg x Rp 4.000,- = Rp. 1.900.000,- (Satu juta Sembilan ratus ribu rupiah) |3 kali panen sudah bisa balik modal, selanjutnya keuntungan yg kita dapatkan.

Nagh kira - kira seperti itu gaes, perkiraan dari modal awal, tutorial dan cara memulai penanaman budidaya melon dengan cara hidroponik. Begitu menyenangkan bukan?   Bisnis Sehat dan Menyenangkan Dengan Budidaya Melon Hidroponik. bagi yang sudah naksir monggo di pelajari dan bisa belajar dari komunitas - komunitasa yang ada di daerah sekitar maupun lewat sosial media. terimakasih

Sumber :
http://ber-tanamhidroponik.blogspot.com
http://incomehidroponik.blogspot.com/
loading...