5 Karakter Yang Harus Di Miliki Pengusaha Sukses Menurut Bob Sadino

5 Karakter Yang Harus Di Miliki Pengusaha Sukses Menurut Bob Sadino

Menjadi pengusaha yang sukses, adalah salah satu anugerah terindah dalam hidup. Meskipun begitu, kesuksesan tidak bisa kita peroleh begitu saja. Butuh Ilmu dan butuh strategi. Butuh perjalanan yang indah dan berliku untuk bisa mencapai puncak kesuksesan.

Om Bob Sadino, Begitu lah sapaan akrab bagi Seorang pengusaha sekaligus pebisnis sukses asli Indonesia. Kini Beliau telah tiada, namun ilmu - ilmu bisnisnya hingga kini pun tetap menjadi panutan bagi mereka yang ingin sukses membuka usaha dan berbisnis.
 
“Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak” – Bob Sadino.

Menurut beliau, untuk menjadi pebisnis atau pengusaha yang sukses, butuh pembangunan diri. Pembangunan karakter, Untuk Bisa mengatasi permasalahan dalam perjalanan Usaha atau Bisnis. karena dengan menjadi Pengusaha dan pebisnis berarti siap untuk menerima resiko, siap menerima tantangan dan siap mendapatkan kesuksesan.

Baca juga : Dahlan Iskan, Membangun Kesuksesan Dengan Kesederhanaan

Lalu seperti apa karakter yang harus di miliki oleh seorang pebisnis atau pengusaha yang menghendaki kesuksesan?  Berikut adalah 5 Karakter Yang Harus Di Miliki Pengusaha Sukses Menurut Bob Sadino

 

1. Harus Memiliki Kemauan Keras.

 “Rencana itu cuma berlaku buat mereka yang belajar manajemen. Dari A, B, C, D, sampai Z. Padahal dalam bisnis tidak ada yang seperti itu, bisnis tidak mungkin lurus dan runut saja. Tapi sayangnya di sekolah kita sudah terlalu sering diajarkan bikin rencana. Padahal rencana itu racun, bencana!” – Bob Sadino, Mereka Bilang Saya Gila

Karakter pebisnis sukses yang pertama adalah Seorang yang memiliki Kemauan Keras. Seringkali kita takut ketika berhadapan dengan resiko, namun untuk menjadi sorang pebisnis atau pengusaha yang sukses rasa takut ini harus segera di hilangkan dengan kemauan yang keras dalam menjalankan bisnis untuk meraih kesuksesan.

 

 

2. Harus Memiliki Tekad Yang Kuat.

“Kelemahan banyak orang adalah terlalu banyak mikir membuat rencana sehingga ia tidak segera melangkah. Padahal yang penting adalah action!”
“Kalau kita mencari untung duluan, usaha belum tentu dilakukan karena takut rugi. Tapi kalau mencari rugi, usaha pasti dilakukan karena ga takut untung.”


Tekad yang kuat adalah salah satu karakter pebisnis atau pengusaha sukses. Karena dalam dunia bisnis dan usaha, kita tidak pernah tahu kapan kita gagal, kapan kita sukses, yang terpenting adalah mencoba menjalankan dengan sepenuh hati dengan tekad yang kuat, dengan rasa optimis bahwa semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Dan yang tak kalah penting adalah dengan mencoba kita menjadi tahu hal-hal baru, dengan mengetahui hal baru kita akan memiliki pengalaman dan ilmu baru dengan segala permasalahan dan solusi baru.

 

3. Harus Berani Mengambil Risiko.

“Orang sudah terlalu terbiasa berpikir secara linier. Kalau mau usaha, pasti mencari untung; mencari berhasil. Padahal dalam usaha itu ya pasti ada rugi dan gagal toh? Bagi kamu yang mau berhasil, justru cari kegagalan sebanyak-banyaknya. Sebab keberhasilan itu hanyalah sebuah titik di puncak gunung kegagalan.” – Bob Sadino, Belajar Goblok dari Bob Sadino.

Berani mengambil resiko, karena setiap usaha pasti akan memiliki 2 risiko, yaitu risiko gagal dan risiko untung. jika kita tidak berani mengambil risiko gagal, maka mana mungkin kita akan mengambil risiko untung? Namun di setiap kegagalan kita akan mendapat ilmu baru, bagaimana cara mengatasi hal tersebut hingga menyebabkan kegagalan, setidaknya kita telah melangkah lebih dekat menuju keberhasilan.

 

4. Harus Tahan Banting dan Tidak Cengeng.

“Saya tidak pernah mau membagikan kunci sukses saya. Karena sekali lagi, semua itu ya mengalir saja. Lagipula kalau orang meniru saya, apa bedanya mereka dengan mesin fotokopi? Hina sekali jadi fotokopinya Bob Sadino. Kalau ada orang yang bertanya pada saya, saya bilang, “Ya jalankan saja. Alami saja pengalaman yang Anda alami.”

Harus tahan banting ketika menghadapi kegagalan. Karena orang hebat bukanlah orang yang sukses, melainkan orang yang mampu bangkit dari kegagalan. Tidak usah cengeng, akan sangat wajar jika dalam perjalanan menempuh kesuksesan terjadi jatuh dan bangun. Semakin sering terjatuh semakin kita tahu di mana letak kesalahan kita dan bisa menjadikan pelajaran untuk menjadikan daya ungkit menuju puncak kesuksesan.

 

5. Harus Ikhlas dan Selalu Bersyukur Atas Apa Yang di Milikinya.

“Saya hanya penganggur. Tapi saya bisa ekspor ribuan ton ke Jepang. Saya punya kemchick sebagai supermarket, kemfood untuk daging olah dan saya punya 1.600 orang yang bekerja di perusahaan saya. Mau ngapain lagi saya? Jadi saya nganggur.”

Dengan bersyukur, hati kita akan bahagia, dengan bahagia kita akan bisa berfikir lebih jernih dalam mengatasi setiap masalah yang menimpa perjalanan usaha atau bisnis kita. Syukuri apa yang kita miliki saat ini.  Karena dengan rasa syukur kita akan lebih optimis, Kita Optimis bahwa rencana Tuhan, adalah rencana terbaik. Yang terpenting adalah kita harus tetap menjalankan kewajiban kita untuk terus berusaha. Karena Tuhan Akan memberikan rezekiNya sesuai apa yang di usahakan hambaNya.


Seperti itu lah 5 Karakter Yang Harus Di Miliki Pengusaha Sukses Menurut Bob Sadino yang harus kita bangun sedini mungkin, bahkan sebelum kita memulai bisnis atau usaha kita, Agar kelak kita tidak terlalu kaget dengan apa yang ada di depan kita, apa yang menjadi momok menakutkan yang selama ini menghantui perasaan kita. Sukses bukan milik mereka yang terlahir kaya, sukses milik mereka yang mau mengusahakanya, yang mau meraihnya, dengan segala rintangan tantangan dan permasalahan yang di hadapi dengan rasa Syukur dan tekad yang kuat. Terimakasih. 
loading...