Tips Trik Sukses Dunia Dan Akhirat Dalam Menjalankan Bisnis

Tips Trik Sukses Dunia Dan Akhirat Dalam Menjalankan Bisnis


Semua orang pasti ingin sukses. Tapi sayang demi mewujudkan kesuksesan nya seringkali sebagian dari kita lupa akan kehidupan akhirat, sehingga menghalalkan segala cara untuk bisa sukses di dunia, meskipun cara-cara yang tidak fair. dan pada akhirnya pun kesuksesan yang mereka bangun dengan cara yang tidak sesuai rule yang benar akan jatuh pada saat yang tak terduga. Kehidupan sejatinya tidak hanya di dunia saja, melainkan ada kehidupan yang lebih harus kita perjuangkan, karena nantinya di sini tempat kita kembali, yaitu kehidupan akhirat.

Sebagai muslim sejati tentu harus memiliki rasa optimis dalam menjalankan kehidupan, optimis bisa sukses dunia akhirat. Optimis bisa menjadi muslim yang memiliki kedudukan mulia di dunia, dan mulia pula di akhirat. Kalau setiap muslim tidak mempunyai keinginan sukses, lalu siapa yang akan mengorbankan hartanya di jalan Allah? Siapa yang akan membelanjakan hartanya untuk keperluan umat? Tentu kita, siapa lagi??

Baca Juga : Kiat Sukses Berdagang dan Berbisnis Ala Rasulullah

Lalu bagaimana dengan bisnis? bagaimana caranya agar kita bisa membangun bisnis yang sukses di dunia sekaligus sukses di akhirat? yang nantinya bisa bermanfaat untuk kita dan sebagian besar umat muslim di dunia? Bisnis yang seperti apa yang bisa memberikan manfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat?

Berikut ulasan mengenai Tips Trik Sukses Dunia Dan Akhirat Dalam Menjalankan Bisnis :

1. Niat Menjalankan Bisnis Untuk Sukses Dunia dan Akhirat. 

Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadist:

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. (HR Bukhari Muslim).

Sebelum menjalankan bisnis, tentu kita niatkan terlebih dahulu, untuk apa kita berbisnis? apakah untuk berhura - hura saja? atau untuk menimbun harta? tentu Allah akan lebih meridhoi bisnis kita jika niat kita dalam menjalankan bisnis untuk kepentingan membelanjakan harta di jalan Allah.

 

2. Berdoa dan Saling Mendoakan

Dan apabila hamba-hamba Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan doa orang-orang yang memohon kepada-Ku. Maka bermohonlah kepada-Ku dan berimanlah kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran (Q.S Al-Baqarah :186).

Doa adalah senjata paling ampuh untuk mengabulkan hajat dan keinginan kita. Siapa lagi yang akan merubah takdir kita kalau bukan Allah??. Dengan berdoa kita akan memiliki keyakinan yang lebih kuat hingga memberikan rasa semangat dan pantang menyerah dalam menjalankan bisnis.

Dari Abu Darda ra bahwasannya ia mendengar Rosululloh SAW bersabda: “Tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, kecuali malaikat berkata: Dan untuk kamu pula seperti itu”. (HR. Muslim)


Dengan kita saling mendoakan saudara kita, maka untuk kita pula doa yang kita panjatkan, dan salah satu doa yang di Ijabah adalah doa saudara yang tanpa sepengetahuan dan tanpa permintaan dari orang yang di doakan. maka dengan saling mendoakan mudah - mudahan kita bisa di segerakan dalam membangun bisnis yang sukses dunia dan akhirat.

 

3. Memiliki Ilmu dalam Berbisnis

“Barangsiapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barangsiapa menghendaki sukses akherat hendaklah diraihnya dengan ilmu, barangsiapa ingin sukses dunia akherat hendaklah diraih dengan ilmu” ~Iman Syafi’i

Tentu untuk menghindarkan diri dari kegagalan kita membutuhkan ilmu, begitupun dalam berbisnis, terkadang teori akan sangat berbeda dengan apa yang ada dalam prakteknya, kita butuh ilmu, butuh pengalaman untuk kemudian kita kembangkan dalam membangun sebuah bisnis.

 

4. Menjalin Silaturahmi

“Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR Muslim)

Menjalin silaturahmi Sama saja menjalin hubungan jaringan dalam berbisnis. Semakin luas jalinan silaturahmi kita, maka semakin luas pula jaringan yang bisa kita peroleh dalam berbisnis. Mungkin kita membutuhkan jasa  orang lain untuk melakukan yang tidak bisa kita lakukan dalam berbisnis, seperti misalnya dalam pemasaran, pengemasan, pengadaan bahan baku dan sebagainya, tidak mungkin bisnis yang besar akan kita lakukan semua sendiri, kita pasti butuh banyak orang lain yang ahli di bidang nya masing masing. Nagh dengan menjalin silaturahmi selain kita menjaga hubungan yang harmonis kita juga bisa saling bantu membantu dalam membangun bisnis yang kita niatkan untuk sukses dunia dan akhirat.

 

5. Tawakal

Dari Umar bin Khoththob radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Jika kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-sebenarnya tawakkal, niscaya Dia akan memberikan rezeki kepada kalian sebagaimana Dia memberikan rezeki kepada seekor burung yang pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali pada sore hari dalam keadaan kenyang.”
(Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi)

Sikap Tawakal sangat di perlukan oleh para pebisnis. Karena Tawakal memberikan rasa yakin bahwa dengan berusaha yang di sertai doa Pasti Allah akan memberikan kesuksesan. Dengan tawakal kita terhindar dari rasa pesimis.

 

6. Rajin Bershadaqah

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah: 261)

Shodaqah tidak membuat kita miskin, justru dengan shadaqah kita akan mendapatkan rezeki lebih. Shadaqah ibarat umpan yang di lemparkan ketika kita ingin mendapatkan ikan. Jika umpan yang kita lemparkan bagus, niscaya ikan yang akan kita peroleh pun akan baik.
 

 

7. Beryukur

Jika kamu bersyukur pasti akan aku tambah (nikmat-Ku) untukmu dan jika kamu kufur maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih” (QS Ibrahim: 7)

Dengan bersyukur, hati akan menjadi damai dan tenang, dengan hati yang tenang membuat otak kita lebih mudah untuk berfikir, sehingga akan lebih mudah memberikan inovasi terhadap bisnis yang sedang kita bangun, lebih siap menghadapi persaingan yang ketat. tentu akan memberikan dampak yang sangat baik untuk meraih sukses dunia akhirat dalam menjalankan bisnis.

 

8.  Bertaqwa

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. Ath Thalaaq:2-3)

Baca juga : Kunci Sukses Pemasaran Bisnis Online Shop Ala Kaskuser Seller

Sukses dunia dan akhirat adalah sebuah tempat yang sangat jauh dan rumit, yang untuk menuju tempat tersebut kita membutuhkan peta. peta adalah petunjuk, dan sebaik - baik petunjuk adalah Al Quran dan Hadist. Islam telah membekali kita ilmu kehidupan, Begitupun dalam hal mencari Rezeki. Semua telah Allah ajarkan berikut fasilitas yang bisa kita pergunakan sebaik mungkin, Jadi dengan bertaqwa, bertawakal, berdoa, bersedekah dan sebagainya kita akan jauh lebih yakin untuk bisa meraih tempat tersebut, yaitu Sukses dunia akhirat. Terimakasih.
loading...