12 Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Agar Cepat Sukses Tanpa Gagal?

12 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Agar Cepat Sukses Tanpa Gagal?

http://www.ambyaberbagi.com/2015/12/12-langkah-memulai-bisnis-online-bagi.html
Bisnis online adalah salah salah satu bisnis yang selalu menyenangkan dan banyak orang yang ingin terjun hingga mencapai kesuksesannya. Karena banyak keuntungan dan manfaat lebih yang bisa kita dapatkan dari bisnis onlline itu sendiri. Yang beberapa keuntungan dari bisnis online adalah sistemnya yang bisa di jalankan otomatis, mudahnya dalam melakukan transaksi, Mudahnya untuk melakukan inovasi dan kreasi baru terhadap bisnis kita, Persaingan ketat namun justru di sana kita bisa melakukan pengintaian agar bisa meniru kesuksesan dari bisnis pesaing. dan masih banyak lagi keuntungan bisnis online yang sangat menguntungkan dan menggiurkan yang telah saya rangkum di 11 Kelebihan Bisnis Online Menguntungkan Yang Mengagumkan Dunia

Meskipun bisnis online itu terlihat mudah dan menyenangkan dengan segala macam keuntunganya tentu tidak bisa kita anggap sepele.Kita tidak boleh melakukan tindakan asal-asalan dalam berbisnis. Karena bisnis online ini pasarnya sangat luas, dari mulai kalangan A sampai Kalangan Z. kemungkinan pasar yang ada lebih variatif dan selektif dalam memilih produk, sehingga kita harus benar-benar melakukan bisnis dengan strategi yang benar agar dapat memberikan kepuasan pelanggan untuk nantinya memberikan masa depan yang lebih cerah dalam perjalanan bisnis ini

Oleh sebab itu hendaknya kita berfikir sejenak sebelum memulai menjalankan bisnis online. Memikirkan bagaimana strategi yang paling jitu untuk bisa menjalankan bisnis dengan benar. Agar nantinya perjalanan bisnis online kita lebih baik dalam melewati segala kemungkinan rintangan dan masalah yang akan di hadapi. Karena jika persiapan kita kurang di khawatirkan akan terjadi down di awal perjalanan yang mungkin di sebabkan kegagalan kita dalam melakukan bisnis.

Beberapa cara memulai bisnis online agar bisa meraih kesuksesan di antaranya adalah

1. Pahami Karakter Pebisnis Sukses

Menjadai calon pebisnis online yang sukses bukanlah hal yang mudah. Banyak persiapan yang harus kita kerjakan. Salah satunya adalah melatih karakter diri untuk siap menerima apapun kemungkinan yang terjadi pada bisnis kita. Bisnis selalu ada kaitanya dengan mental Juara, Jiwa pemenang dan hal lainya agar kita bisa menjalankan bisnis dengan strategi terbaik. Itu semua membutuhkan latihan, latihan mengembangkan karakter diri. Beberapa Karakter yang harus di miliki pebisnis online sukses adalah : 
1. Harus Memiliki Kemauan Keras
2. Harus Memiliki Tekad Yang Kuat
3. Harus Berani Mengambil Resiko
4. Harus Tahan Banting dan Tidak Cengeng
5. Harus Ikhlas dan Bersyukur Atas Apa Yang di Milikinya
Pembahasan lengkap mengenai karakter pebisnis online bisa di simak di 5 Karakter Yang Harus Di Miliki Pengusaha Sukses Menurut Bob Sadino  

 

2. Tentukan Bisnis Online Yang Akan Anda Jalankan

Bisnis online memiliki beragam jenis dan variasi. beberapa di antaranya adalah dengan menjadi seorang Blogger, Affiliate Marketer / Reseller (Menjual Produk Orang Lain),  Menjalankan program MLM, Menjalankan program Investasi, Melakukan Trading Forex, Dan Menjalankan Program Dropship. Yang bisa anda baca ulasan lengkapnya di  5 Bisnis Online Yang Mudah Dijalankan Dengan Hasil Melimpah

Sebelum anda benar-benar terjun ke salah satu atau beberapa jenis bisnis online tersebut ada baiknya anda melakukan riset terlebih dahulu, Cari tahu bisnis apa yang kira-kira cocok di jalankan oleh anda. Bisnis apa yang sekiranya lebih cocok dengan passion anda, dan yang anda rasa sanggup untuk menjalankanya dengan segala resiko. Cari tahu segala kelebihan, keuntungan maupun kekuranganya, cari tahu juga siapa siapa saja yang sudah lebih dulu sukses menjalankan bisnis tersebut. Setelah anda hitung-hitung dan perinci maka tentukan bisnis yang akan anda geluti. Siapkan diri anda untuk terjun kesana, dalam duka maupun dalam tawa. hehe

 

3. Mencari Ilmu Mulai Dari Yang Gratisan

Banyak dari teman teman calon pebisnis online yang tidak tahu bahwa kita bisa mencari informasi dan ilmu tentang bisnis secara gratis. Memang sebagian besar cara gratis belum begitu jelas dan detil tetapi setidaknya jika anda tahu anda akan lebih memiliki gambaran atau pandangan tentang bisnis anda. Jangan sampai anda karena saking semangatnya ingin menjalankan bisnis online anda rela mengorbankan segala daya upaya dan dana tetapi hasil yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan. 

Anda bisa mencari tahu ilmu tentang bisnis anda lewat berbagai situs forum, berbagai blog dan media apapun yang bisa anda keruk ilmu dan pengetahuan mereka tentang bisnis yang akan anda jalankan. Jika memang sudah mentok dan anda ingin lebih serius, boleh laah membeli paket / materi pembelajaran yang lebih premium untuk anda pelajari.

4. Pahami Langkah Pesaing / Teman Dalam Menjalankan Bisnis

Anda sudah menentukan bisnis yang akan anda jalankan, anda sudah mendapatkan gambaran dan ilmu akan bisnis yang akan anda jalankan, tetapi coba lihat di sekitar anda terlebih dahulu. Lihat Bagaimana pesaing anda dengan lihai menjalankan bisnisnya. Trik -trik apa saja yang mereka lakukan untuk memuluskan perjalanan karirnya. Kalau mereka bisa kenapa kita tidak? 

Memang terkadang butuh waktu untuk bisa menaklukan puncak kesuksesan. Setidaknya anda sudah berani memulai itu sudah bagus. Cobalah untuk melakukan yang anda bisa terlebih dahulu. Nantinya pasti anda akan mengalami apa apa saja yang akan di alami oleh pebisnis. dan apa saja yang akan di yang seharusnya di lakukan oleh pebisnis agar tetap berjalan di koridor yang tepat.

 

5. Tiru Pesaing Yang Memiliki Kesuksesan Di Atas Anda

Kegagalan di awal percobaan adalah sesuatu hal yang wajar. Jangan menyerah jika anda mengalami kesulitan dan kegagalan dalam berbisnis. Setelah anda mengamati trik-trik yang di lakukan pesaing anda coba untuk di tiru agar kita juga mendapatkan kesuksesan yang serupa. Tentu kita menriu hal - hal yang baik yang dapat mendatangkan keuntungan.  

Buatlah kreasi atau inovasi yang lebih unik untuk memberikan peluang lebih besar terhadap bisnis anda, Bila gagal coba lagi, Bila terjatuh bangkit lagi. Selama hal yang baik yang kita tiru tentu dampak positif lah yang akan kita nikmati nantinya. Banyak orang yang tidak mau meniru cara berbisnis orang lain, mereka lebih memilih sesuatu yang baru. Padahal kalau sudah ada pasar dan bisnis yang memberikan prospek cerah untuk apa kita bertaruh mencari sesuatu yang baru yang belum tenntu ada pasarnya.

 

6. Buat Konsep Yang Lebih Berbeda Agar Bisnis Anda Memiliki Ciri Khas 

Meniru memang pekerjaan yang mudah, Tapi meniru untuk di kembangkan dan di berikan sentuhan inovasi adalah sesuatu pekerjaan yang tidak mudah. Buatlah konsep sederhana, amati beberapa pesaing dalam bisnis anda sekaligus. Apa yang menjadi nilai tambah dari bisnis mereka, tiru untuk anda kembangkan di bisnis anda. Misalnya pesaing anda selalu memberikan promo atau diskon untuk produk tertentu, maka anda juga boleh memberikan promo diskon dan di tambah dengan hadiah agar nanti kita tidak kalah dalam melakukan persaingan sehat. 

Buatlah ciri khas yang berbeda dari dalam diri anda. Bisnis Boleh saja sama, namun ciri khas tentu harus berbeda untuk membuktikan bahwa anda layak bersaing dan menjadi pesaing yang berat bagi pesaing anda. Dengan persaingan yang sengit tentu akan memberikan dampak positif bagi para konsumen. Anda harus berani melakukanya. Memposisikan diri sebagai konsumen adalah cara terbaik untuk meilai produk anda sendiri. apa yang kurang, apa yang tidak baik perbaiki lah. 

 

7. Lakukan Branding

Melakukan branding akan memberikan dampak positif bagi keuntungan bisnis anda. Dengan melakukan branding tentu bisnis dan produk anda akan lebih memiliki kepercayaan dari konsumen. 

Lalu apa itu branding? 
Jika anda pernah makan ayam goreng KFC denganayam goreng pingir jalan tentu akan ada perbedaan harga yang signifikan. Lalu apa yang membuat harganya berbeda sangat jauh? BAgaimana orang rela membayar satu produk dengan harga jauh lebih tinggi dari produk yang lain? Tentu jawabanya adalah karena branding. Produk yang sudah memiliki brand sudah memiliki kepercayaan konsumen akan lebih mudah di terima konsumen. Konsumen akan lebih senang dan bangga memilih produk yang sudah memiliki brand. Oleh sebab itu bangunlah brand sedini mungkin untuk mendapatkan keuntungan dan mewujudkan kesuksesan dalam berbisnis. 

 

8. Kembangkan Bisnis Anda

Setelah anda memiliki brand dan kepercayaan yang baik terhadap konsumen, maka langkah selanjutnya adalah mengembangkan bisnis anda. Apa jenis bisnis anda. JIka anda seorang affiliate marketer ya tentu anda harus mencari produk lebih banyak lagi untuk anda jual agar bisnis anda berkembang. Jika anda seorang publisher adsense maka tambah lagi website atau blog anda agar anda bisa mendapatkan pendapatan lebih banyak lagi. 

Namun Sebelum hal itu di lakukan tentu anda sebaiknya melakukan pematangan terlebih dahulu. Nilai diri anda sendiri. Apakah anda sudah layak untuk menjalankan bisnis dengan kapasitas lebih besar?  apakah ilmu anda cukup mumpuni, apakah mental anda sudah lebih baik dari sebelumnya.Perhitungkan juga segala kemungkinan yang mungkin terjadi terhadap bisnis anda

 

9. Ajak Orang Lain Untuk Bekerja Sama

Manusia adalah mahluk sosial yang tidak mungkin mampu hidup sendiri. Jika anda rasa anda sudah mampu untuk mengembangkan bisnis anda, kembangkan bisnis anda, ajak patner untuk bergabung. Ajak orang yang kompeten untuk bergabung menjalankan bisnis yang anda sedang kembangkan saat ini. Anda tidak mungkin mampu menjalankan bisnis skala besar seorang diri.  Anda harus sadar itu. Mengajak orang lain bekerja sama adalah langkah terbaik. Cari orang yang lebih kompeten di bidang yang anda pasrahkan tugas berat itu

 

10. Eliminasi Hal - Hal yang Mulai Memberikan Dampak Buruk Bagi Bisnis Anda

Sekian lama anda berkecimpung dalam dunia bisnis tentu akan lebih kenal tentang hal - hal yang dapat memberikan dampak buruk bagi bisnis anda. Misalnya promosi yang berlebihan, atau pembukuan yang kurang baik. atau apa yang memang di rasa membahayakan bisnis anda naninya segera perbaiki. Jika memang tidak bisa untuk di perbaiki sebaiknya eliminasi saja. Buang saja ganti dengan cara yang baru yang sekiranya lebih memberikan manfaat terhadap bisnis anda

 

11. Tambah Hal - Hal Yang memberikan Dampak Positif Bagi Bisnis Anda

Di setiap perjalanan bisnis tentu banyak hal yang mampu memberikan dampak positif bagi bisnis anda. Tingkatkan aktivitas tersebut agar kedepan bisnis yang anda jalankan memberikan peningkatan keuntungan dan kualitas. Misalnya kegiatan amal, kegiatan pameran, kegiatan positif yang dapat meningkatkan kepercayaaan pelanggan terhadap bisnis anda harus selalu di tingkatkan

 

12. Jadikan Bisnis Anda Lebih Bermanfaat Untuk Orang Banyak

Bisnis adalah kegiatan menukar manfaat. Manfaat jasa atau manfaat produk yang di tukar dengan uang yang tentu selalu sangat bermanfaat. Agar Bisnis anda selalu menjadi sorotan positif maka menjadi sesuatu yang bermanfaat akan memberikan dampak paling cepat untuk meningkatkan bisnis anda. Buatlah acara atau kegiatan yang membuat bisnis anda bermanfaat bagi orang lain. Jika anda memiliki sesuatu yang bisa di manfaatkan oleh banyak orang kenapa tidak. Misal anda memiliki peternakan sapi. Anda bisa membuat bio gas yang bisa di berikan manfaatnya kepada orang di sekitar. Tentu hal itu akan membuat bisnis anda di  lebih senangi.

Baca juga : Bagaimana Membuat Orang Tertarik Dengan Produk Anda Dalam Hitungan Detik


Dengan menerapkan 12 Langkah Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Agar Cepat Sukses Tanpa Gagal, tentu kita akan lebih memiliki peluang sukses lebih besar. Meskipun kegagalan berbisnis di awal adalah hal yang wajar Namun jika kita melakukan langkah demi langkah dengan benar tentu pengalaman dan ilmu akan jauh lebih berharga dari pada kerugian kecil yang di sebabkan kegagalan di fase awal pengembangan bisnis kita. Karena Pebisnis hebat bukanlah mereka yang selalu sukses dalam berbisnis, melainkan mereka yang selalu bangkit dari kegagalan. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

loading...