Cara Efektif Memelihara Ikan Lele Untuk Kebutuhan Aquaponik

Cara Efektif Memelihara Ikan Lele Untuk Kebutuhan Aquaponik

http://www.ambyaberbagi.com/2015/12/efektif-memelihara-ikan-lele-untuk-aquaponik.html
Aquaponik adalah salah satu sistim pertanian modern penggabungan dari pemeliharaan ikan dan pemeliharaan tumbuhan yang cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan kotoran ikan dan sisa pakan ikan sebagai nutrisi tumbuhan. Dengan cara ini di nilai lebih memberikan keuntungan yang lebih banyak yaitu jika di nilai dari segi efektif dan beberapa keuntungan lainnya

Awalnya banyak petani yang mengisi tank hidroponik untuk pemberian nutrisi tumbuhan mereka dengan ikan nila, Namun kini banyak petani aquaponik yang beralih ke  ikan Lele. Kenapa mereka beralih dan berpindah ke lain hati? Ternyata di sinyalir ada banyak keuntungan apabila tank ikan mereka di isi oleh ikan2 lele, dan berikut ini beberapa alasan mengapa mereka para petani aquaponik beralih ke ikan lele, dan bagaimana untuk memelihara ikan lele agar bisa tumbuh optimal

Manfaat Lebih Dari Ikan Lele Untuk Aquaponik


Lele Lebih Mudah Di Kembangbiakan

Lele Ternyata mampu beradaptasi lebih baik untuk sebuah tangki aquaponik karena di alam liar, mereka harus membuat rumah mereka sendiri dalam berbagai kondisi lingkungan. Mereka juga berkembang biak relatif lebih mudah, dan tidak teritorial. Faktor ini sangat penting untuk lingkungan polikultur, Dimana apabila Anda menggunakan spesies ikan lain dalam tank anda  seperti ikan nila seringkali mereka akan saling bertarung memperebutkan teritorial. Sehingga akan banyak ikan yang mati. Berbeda dengan  lele yang akan bisa hidup berdampingan sehingga prosentase kehidupan akan lebih banyak.


Lele Mudah Di Panen Dan Di Jual 

Ikan lele adalah salah satu sumber makanan yang populer untuk manusia, banyak orang yang menyukai ikan lele, sehingga Anda mungkin akan mudah dalam melakukan panen dan menjualnya ke pasar dengan harga yang lebih kompetitif. Sehingga anda akan benar-benar mendapatkan keuntungan yang berlipat dari panen lele dan panen tumbuhan aquaponik anda.

 

Bagaimana Memperkenalkan Ikan Lele Ke Sistem Aquaponik Anda



Bagaimana Cara Melakukan Penyebaran Benih Ikan Lele Yang Benar

Ketika anda membeli benih ikan lele dari tempat pembenihan atau toko yang menjual bibit ikan lele, biasanya anda akan mendapatkan benih ikan lele berukuran kecil yang di tempatkan di kantong plastik. Kemungkinan dalam satu kantong plastik akan terdiri dari 50 ekor ikan lele berukuran kecil. Jangan anda langsung buka kantong plastik tersebut untuk langsung di sebar di kolam / tank aquaponik, Melainkan anda harus letakan bibit ikan lele bersama kantong plastik yang masih utuh terikat. Fungsinya adalah agar si bibit atau benih ikan lele tersebut bisa menyesuaikan suhu air dengan suhu air kolam yang baru agar terhindar dari stres dan kematian.


Bagaiamana Merawat Ikan Lele Untuk Kolam Aquaponik

Bagaimana cara merawat ikan lele yang di pelihara di kolam / tank aquaponik agar ikan lele cepat tumbuh besar dan sekaligus memberikan nutrisi yang bagus untuk tanaman aquaponik anda?  Caranya adalah sebagai berikut :

Air di pompa dari kolam ikan untuk menyedot air kolam yang pastinya telah kotor di isi kotoran ikan lele, Guna membersihkan air kolam dan menjaga air kolam ikan agar tetap bersih dan sehat. Air di pompa menuju ke bak filter untuk di lakukan penyaringan agar air terpisah dari kotoran ikan lele. BAru kemudian air akan masuk ke lahan budidaya tanaman untuk memberikan nutrisi tanaman, .

Di sini air yang disalurkan dari kolam ikan menuju saluran tanaman akan mengalami tiga filterisasi sebelum kembali masuk ke kolam ikan, yang di antaranya adalah :

1. Filter pertama adalah sebuah filter yang anda bisa buat dari busa atau jenis filter lain, yang fungsinya memisahkan kotoran ikan dari air agar air tidak mengandung bakteri berbahaya bagi kesehatan tanaman
2. Filter kedua yaitu dari perakaran tanaman. Kotoran juga akan difilter langsung oleh perakaran tanaman sebagai sumber nutrisi tanaman.
2. Filter ketiga atau terakhir yaitu pengendapan kotoran pada saluran budidaya hidroponik. Kotoran memiliki berat yang lebih besar jika dibandingkan berat air yang amengalir, sehingga kotoran ikan lele yang tidak tersaring di filter satu dan dua akan mengendap di saluran air tanaman.

Air yang keluar dari sistem output dari saluran aquaponik akan kembali masuk ke kolam ikan lele dan memberikan percikan oksigen sehingga cara ini akan dapat meningkatkan kadar oksigen dalam kolam.

Langkah selanjutnya dalam perawatan ikan lele dan saluran aquaponik agar selalu terjaga dengan sehat adalah bagaimana kita mampu secara konsisten untuk dapat memberikan pakan ikan berkualitas untuk ikan lele. Sebaiknya Untuk menghemat pengeluaran kita perlu membuat pakan ikan buatan agar tidak terlalu bergantung dengan pelet keluaran pabrik yang harganya sudah mahal. Tapi jika anda menginginkan cara yang praktis anda bisa tetap menggunakan palet sebagai pakan ikan. Tetapi hal yang perlu di perhatikan adalah memberikan pakan ikan dengan kadar protein tinggi dapat mempercepat pertumbuhan ikan lele.


Itulah beberapa tips singkat dan simpel dalam memelihara ikan lele untuk di kaitkan dengan sistem aquaponik agar hasil panen yang di hasilkan lebih optimal. Semoga Cara Efektif Memelihara Ikan Lele Untuk Kebutuhan Aquaponik ini dapat bermanfaat dan terimakasih.


Sumber :
http://www.doityourself,com
http://www.randifarm,co.id
loading...