Pengalaman : Susahnya Menjalankan Program Affiliate Marketing 'Edisi Curhat"'

Pengalaman : Susahnya Menjalankan Program Affiliate Marketing 'Edisi Curhat"'

http://www.ambyaberbagi.com/2015/12/pengalaman-susahnya-menjalankan-program.html
Affiliate marketing adalah salah satu program bisnis online yang menjanjikan dan sangat menguntungkan. Yang sistem kerjanya adalah kita akan mendapat komisi dari hasil penjualan produk. Banyak pebisnis online yang menjadikan program affiliate ini sebagai penghasilan utama, karena memang menjadi seorang affiliate marketer sangat membanggakan dan menguntungkan. (Bagi yang sudah mahir)

Tapi sayangnya, menjadi seorang affiliate marketer yang sukses bukanlah hal yang mudah, perlu perjuangan dan pengorbanan.

Baca juga : 11 Kelebihan Bisnis Online Menguntungkan Yang Mengagumkan Dunia

Perjuangan dalam membuat bahan promosi, dalam hal ini bisa membuat artikel marketing,. membuat video marketing, atau membuat website yang khusus memasarkan produk affiliasi tersebut dan membuat iklan dan memasangnya di berbagai tempat.  Pokoknya semua yang berkaitan dengan promosi ternyata itu membutuhkan perjuangan yang cukup keras demi mendapatkan komisi sekian persen.

Pengorbanan dalam menjalankan program affiliasi ini lebih ke arah modal. Modal waktu yang anda berikan untuk mencari ilmu tentang marketing, meriset data, membuat rencana dan sebagainya, lalu modal dana untuk membeli paket data internet, modal dana untuk membayar segala keperluan yang anda butuhkan ketika anda melakukan aktifitas marketing. waow , luamayan berat kan.

Nagh ini lah hal yang saya alami dalam proses belajar marketing. dalam hal ini affiliate marketing. saya sempatkan waktu untuk belajar, saya keluarkan dana untuk keperluan promosi. dan itu ternyata belum cukup. memang saya berhasil "pecah telur" pada program affiliasi ini. tapi hasilnya kurang memuaskan. Sedih rasanya gaes.Sepertinya butuh sandaran untuk bersandar sejenak hehe

Baca juga : Serius, Ini 3 Binsis Rumahan Modal Kecil Paling Menguntungkan, Kapanpun

Lalu apa saja masalah atau problem yang saya alami ketika saya belajar dan terjun menjadi Affiliasi ? Berikut beberapa ulasanya


1. Salah Memilih Produk

Ketika kita terjun menjadi seorang affiliate marketer. kita harus berani total dalam menjalankan bisnis affiliasi ini. Hal pertama yang perlu di lakukan seorang affiliate marketer adalah mencari produk terbaik untuk kita promosikan. Kenapa? Karena ketika kita mempromosikan produk affiliasi yang kurang ada peminatnya maka secara otomatis kita akan rugi. dalam artian kita rugi karena hasil yang di dapat tidak sesuai dengan pengorbanan dan perjuangan yang kita berikan. Sedihnya di sini adalah sebagian besar produk affiliasi merahasiakan isi dari produk tersebut. hanya memberikan iklan dan promosi yang begitu waah waah dan waah. Kalau kita kurang berpengalaman tentu hal ini sangat membahayakan.

Kesalahan saya di sini adalah saya membeli beberapa produk yang berkaitan dengan "cara bisnis online". Sedangkan ternyata pasar bisnis online itu kurang menggiurkan (Menurut saya) sedangkan persaingan di "Cara bisnis Online" ini sangat ketat. banyak para master yang memiliki strategi tingkat dewa mungkin, yang sudah memiliki ilmu dan pengetahuan yang lebih memungkinkan untuk mereka mendapatkan prospek dan penjualan. Yups dalam hal ini saya kalah telak

 

2. Kurang Amunisi dalam Melakukan Pemasaran

Ternyata banyak amunisi yang seharusnya di miliki oleh seorang affiliate marketer yang belum saya miliki. Beberapa diantaranya adalah bonus, blog/ Website , Ketekunan dalam melakukan promosi dan lain sebagainya yang belum saya meiliki.

Mungkin sebagian besar affiliate marketer menyiapkan beberapa bonus menarik untuk para calon pelangganya, seperti e book yang mereka miliki, kupon diskon untuk membeli sesuatu, atau yang lainya yang memang belum saya miliki. lalu blog mereka pun sudah canggih, mereka bisa mendapatkan prospek lebih banyak karena blog mereka lebih tertarget, lebih memiliki banyak pengunjung dan tentunya memiliki brand yang lebih baik. jadi para calon pembeli akan lebih yakin ketika membeli produk melalui mereka, hehe . dan saya masih tersisihkan. oke fix.

 

3. Kurangnya Ilmu dan Strategi Marketing

Pada suatu waktu saya pernah membuat sebuah artikel pemasaran produk affiliasi yang Produk ini agak saya rahasiakan, namun pada tulisan saya ini saya berikan beberapa bonus e book mantap dan gak tanggung tanggung saya tambahkan cashback pulsa. tapi yang terjadi adalah justru saya di kira menjual e book saya sendiri. dan salah satu komentator bilang. "Saya juga punya ebook, sama ilmu jangan pelit doonk" intinya seperti itu. hehe. padahal kan saya cuma menjualkan produk orang lain ya, udah untung saya kasih bonus. yaah begitulah kira kira susahnya menjadi affiliate marketer

Dalam hal ini saya akui saya belum cukup memiliki ilmu marketing. ternyata banyak rangkaian yang harus dilakukan ketika kita membuat suatu penawaran, bagaimana agar calon pembeli merasa seperti terhipnotis untuk segera membeli produk tersebut, bagaimana membuat mereka merasa membutuhkan produk walau tadinya mungkin belum butuh bagaimana dan seterusnya. waah masih banyak ilmu marketing yang belum saya terapkan yang membuat saya masih terus mengalami kegagalan. Hehe . Tapi tak mengapa semua adalah pengalaman yang berharga yang akan membuat saya terus semakin semangat untuk belajar di dunia marketing ini.

Baca juga :
* Bagaimana Membuat Orang Tertarik Dengan Produk Anda Dalam Hitungan Detik
* Mengingkatkan Penjualan Secara Drastis Dengan ... Harga Produk
* Cara Paling Elegan dan Sopan Memaksa Orang Membeli Produk Kita Dengan Kalimat Ajaib
* Teknik Menghipnotis Calon Pembeli Agar Harus Membeli Produk Yang Anda Jual Sekarang Juga!!! (Edisi Jago Menjual Agar Dagangan Laris Manis)
 


Meskipun berulang kali kegagalan saya alami, saya tak ingin menyerah begitu saja. Saya akan terus pelajari kegagalan tersebut hingga saya membuat rencana rencana baru dan inovasi baru untuk mendapatkan strategi marketing yang setidaknya lebih mumpuni dari sebelumnya. Intinya adalah bisnis itu harus mau dulu untuk mencoba, jangan takut gagal, blajar dari pengalaman untuk mengembangkan atau memberikan inovasi dalam strategi bisnis, dan terus semangat. terimakasih dan semoga bermanfaat. 







loading...