30 Cara Mempromosikan Toko Online Anda Seperti Para Profesional

 30 Cara Mempromosikan Toko Online Anda Seperti Para Profesional


http://www.ambyaberbagi.com/2016/01/30-cara-mempromosikan-toko-online-efektif.html

Anda mungkin telah melakukan semua yang Anda bisa untuk mendapatkan lebih banyak penjualan di toko online Anda? Jika tujuan akhir Anda adalah keuntungan yang stabil, sepanjang tahun, maka Anda akan harus lebih dari sekedar mengirim sebuah promosi di sana-sini.

Anda mungkin menginginkan pelanggan yang setia untuk produk - produk anda?, Tentu agar penghasilan anda akan lebih stabil bahkan bisa berkembang.Jika jawaban anda ia, berarti anda harus lebih siap untuk melakukan hal baru untuk bisnis anda agar bisa berkembang lebih baik, beberapa yang harus anda lakukan mungkin akan keluar dari zona kenyamanan Anda.

Di bawah ini Anda akan menemukan 34 cara mudah, namun efektif, cara untuk mempromosikan toko online Anda melalui berbagai jalan. Anda tidak akan tahu apa yang bisa lebih efektif dan menghasilkan untuk Anda sampai Anda mencobanya, dan seperti toko konvensional, pelanggan tidak akan muncul jika mereka tidak tahu anda memiliki sebuah toko di sana bukan?. Maka dari itu anda perlu dengan apa yang di namakan promosi, untuk mengenalkan produk anda dan toko anda,

Lalu bagaimana cara promosi yang ampuh, efektif dan dahsyat untuk menjangkau para pelanggan agar dengan setia bisa selalu menjadi pelanggan setia anda? Mari kita mulai!  Inilah 34 Cara Mempromosikan Toko Online Anda Seperti Para Profesional

 

1. Melakukan Penawaran Yang Menarik  Secara Teratur

Meskipun anda sudah mengenalkan produk dan toko online anda, para calon pelanggan anda akan tetap menahan mereka agar tidak membeli barang / produk anda, kecuali memang benar - benar mereka membutuhkanya. Namun cerita ini akan berbeda jika anda selalu memberikan penawaran menarik untuk para pelanggan untuk beberapa atau semua produk anda. Misalnya diskon 30% untuk pembelian tas dengan model tertentu, Diskon 20% untuk setiap pelanggan yang berbelanja di hari jumat, Atau Setiap pembelian dengan jumlah tertentu pelanggan akan mendapatkan kupon berhadiah, Atau cara dan penawaran lainya yang bisa anda lakukan yang tentu saja haru menarik, Agar toko online anda selalu mendapat kunjungan yang membanjri toko online anda untuk berbelanja.


2. Gunakan Email Marketing Untuk Mengingatkan Pelanggan Ke Toko Online Anda

Mempromosikan toko online Anda melalui newsletter

Ketika Anda pertama kali membuka toko online Anda, dan Anda akan mengirimkan email untuk mengumumkan penawaran ke database Anda. Pastikan anda menyertakan link langsung dari email ke toko online Anda. Setelah Anda melakukan ini, mulailah untuk mengirimkan newsletter mingguan (jika mungkin) yang menyoroti produk Anda dengan gambar besar dan persuasif, namun ringkas,  dan konten yang menyertakan link langsung ke masing-masing produk untuk pembelian lebih mudah.

Jadi, intinya anda harus memiliki strategi email marketing yang harus dalam jangka waktu tertentu secara teratur anda mengirimkan email kepada para pelanggan yang telah masuk di database anda. Sehingga dengan cara ini para pelanggan tidak akan mudah ke toko online lain.dan setia menjadi pelanggan toko online anda.



3. Memulai Sebuah Blog

Sebuah blog adalah cara yang sangat efektif untuk dapat memasarkan produk dan toko online anda. Anda bisa membuat satu atau beberapa blog yang kontenya relevan atau berhubungan dengan produk yang anda jual di toko online anda,

Misalnya toko online anda menjual spare part otomotif, Anda bisa membuat blog yang membahas seputar dunia otomotif, anda bisa membuat konten yang membahas trik trik otomotif, tips atau contoh modifikasi sepeda motor atau mobil yang sangat keren.  Jika blog anda sudah memiliki traik yang bagus segera tautkan link menuju toko online anda, hal ini tentu akan menjadi strategi promosi yang cukup ampuh da tertarget.


4. Hubungi blogger Tentang Produk Anda

Lakukan pencarian di google atau mesin pencari lainya, cari beberapa blog atau blogger yang kontenya membahas apa yang anda butuhkan, misalnya konten mereka membahas mengenai sesuatu yang relevan dengan toko online anda. Hubungi para blogger tersebut, tawarkan program review blog anda, anda bisa membuat kerja sama denga mereka, misalnya anda bisa memasang banner toko online anda di blog mereka, atau menawarkan artikel review tentang toko online anda untuk bisa mendapatkan trafik yang lebih dahsyat dari sebelumnya. Namun sebelum anda melakukan hal itu pastikan blog mereka telah memiliki kunjungan atau trafi yang bagus, pastikan banyak orang yang menyukai blog tersebut dengan melihat komentar- komentar atau folower mereka di beberapa media sosial, seperti facebook, twitter atau googleplus dan media sosial lainya

Bila Anda menghubungi mereka, beritahu mereka mengapa Anda menyukai blog mereka (secara spesifik), kemudian secara singkat jelaskan kenapa Anda merasa produk Anda akan cocok untuk di review di blog mereka. Berikan sampel produk Anda secara gratis, dan jika Anda mampu membelinya (artikel review),. Anda akan mendapatkan review, pembaca akan mendapatkan produk gratis, dan Anda akan mendapatkan  promosi langsung tak ternilai untuk pengunjung yang lebih tertarget untuk toko online Anda.


5. Memulai Membuat Konten Tamu Blogging

Menjadi penulis tamu di blog orang lain, tentu adalah salah satu strategi yang dahsyat dalam mempromosikan sebuah produk secara online. Cara ini yaitu menulis sebagai tamu di blog orang lain juga adalah salah satu teknik SEO yang kerap di lakukan oleh para master blogger. Kita akan mendapat banyak manfaat dari kegiatan menulis artikel untuk penulis tamu, yaitu kita akan mendapatkan backlink yang berkualitas untuk toko online kita, kita juga akan mendapatkan kunjungan yang lebih banyak dari blog yang kita telah tuliskan beberapa konten / artikel sebagai penulis tamu di blog orang lain.


6. Menawarkan Video Tutorial / Behind-the-Scenes

Orang suka video yang bagus — mereka mudah untuk berbagi dan mereka dapat menambahkan kedalaman dan kejelasan produk Anda, serta membantu mereka mendapatkan popularitas di antara pasar sasaran Anda. Misalnya, jika Anda menjual Bando bayi, Tunjukan video tentang orang tua bayi mereka yang dapat memakaikan bando bayi tersebut dengan cara yang berbeda dan lebih unik.

Jika ada hanya satu cara, Tunjukan ekspresi bayi menggemaskan dengan mengenakan ikat kepala Anda dalam video. Jika Anda membuat pakaian, Tunjukkan Fitting model, fashion show, proses penjahitan atau behind the scenes yan menunjukan bahwa anda benar benar membuat produk dengan kualitas yang lebih terjamin Hal tersebut juga bertujuan untuk lebih memberikan kepercayaan para calon pelanggan sebelum melakukan order ke toko online anda.


7. Lakukan Promosi dengan Media Sosial

Media sosial sangat penting jika Anda ingin mempromosikan toko online Anda secara efektif. Namun, sepertinya memang, butuh waktu dan usaha lebih keras untuk membangun followers atau likers . Tergantung pada apa yang Anda punya, waktu dan dana (atau jika Anda dapat mendelegasikan tugas kepada orang lain untuk membantu Anda), Anda mungkin ingin memeriksa situs-situs berikut untuk membantu memasarkan toko Anda: (dan terus mencoba situs baru untuk mengetahui media apa yang lebih baik dan bekerja untuk bisnis Anda.)
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Pinterest
  • YouTube
  • Google+
  • LinkedIn
  • Tumblr
  • StumbleUpon
  • We Heart It
  • Flickr
  • Foursquare
  • Quora
  • Polyvore
  • Periscope
  • Meerkat


8. Gunakan Strategi Sosial Media Marketing

Sosial Media Marketing bekerja, Anda perlu posting secara teratur. Untuk kebanyakan bisnis, ini akan lebih baik jika di lakukan setidaknya sekali sehari, jika tidak 2 - 3 kali, tergantung pada berapa banyak pengikut yang Anda miliki. Posting gambar produk yang lebih menarik yang Anda tawarkan, bersama dengan setiap transaksi anda yang telah terjadi. Agar orang ikut tertarik dan percaya terhadap toko online dan produk anda. Selalu menyertakan link langsung ke produk yang lebih spesifik untuk pembelian yang lebih di toko online Anda.

Mintalah pengikut anda untuk posting gambar diri mereka memakai produk Anda atau menggunakan produk anda di rumah mereka, tergantung pada apa yang Anda Jual, untuk mendorong interaksi dan membantu mencapai lebih lanjut. Gunakan alat penjadwalan, seperti Hootsuite, dapat membantu membuat media sosial lebih mudah dikelola untuk Anda
.

9. Mengadakan Kontes Pada Media Sosial

Kontes adalah cara yang bagus untuk menyebarkan berita tentang apa yang Anda miliki untuk ditawarkan, mengarahkan lalu lintas ke toko Anda, dan meningkatkan pengikut media sosial Anda. Beberapa situs memiliki aturan tertentu untuk mengadakan kontes, seperti Facebook, jadi pastikan Anda tahu apa yang mereka sebelum memulai kontes Anda. Menawarkan salah satu produk Anda sebagai hadiah (atau mengumpulkan beberapa paket hadiah) dan kemudian mengumumkan kontes pada semua situs sosial yang Anda gunakan.

Posting tentang cara yang mudah untuk ikut serta dalam kontes anda. Hal ini bisa membuat pendaftaran (menggunakan alamat email yang Anda bisa membangun database email Anda) dan kemudian pastikan untuk meminta pemenang untuk memposting gambar diri pada halaman Anda dengan hadiah mereka setelah Anda mengirim hadiah itu. Katakan sesuatu seperti "Produk seperti ini dapat ditemukan di (menyisipkan URL)" untuk mendorong orang-orang yang melihat postingan untuk memeriksa apa lagi yang Anda harus tawarkan.


10. Mencoba Membayar Iklan di Media Sosial

Situs seperti Facebook dan Twitter menawarkan kemampuan untuk menggunakan iklan yang bisa dibayar untuk menargetkan konsumen tepat untuk Anda. Jika Anda mencoba beriklan di Facebook, sebaiknya pilih metrik seperti 'website klik' atau 'situs web konversi,' karena Anda ingin orang untuk mengklik ke URL toko online Anda, Bukan untuk halaman penggemar Anda.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial lain untuk anda lakukan promosi berbayar, seperti yang sedang booming saat ini adalah sosial media instagram, Media sosial ini juga termasuk salah satu media yang sangat efektif mendatangkan trafik yang berpotensi membeli produk anda, Kenapa? karena saat ini sudah sangat banyak orang yang memiliki akun instagram, dan kebanyakan mereka adalah yang melek internet yang tentu akan mudah dan mau membeli produk -produk yang di tawarkan oleh media online, seperti toko online.


11. Sertakan URL Toko Online Anda Dalam Tanda Tangan Email Anda

Ini adalah cara yang cepat dan mudah. Tidak peduli apa penyedia email yang Anda gunakan, Anda harus memiliki tanda tangan email kustom yang mencakup URL untuk toko Anda. WiseStamp membuat ini sederhana dan bebas untuk digunakan pada tingkat dasar. Jika Anda memiliki Outlook, Anda harus menambahkan URL sendiri sebagai WiseStamp tidak bekerja dengan penyedia email ini.


12. Cetak URL Toko Online Anda Pada Semua Materi Pemasaran

Dari kartu nama, brosur, kemasan produk dan segala sesuatu lainya,  Anda perlu mencetak URL atau alamat toko online ke manapun Anda memasarkan bisnis Anda. Jangan pernah meninggalkan rumah tanpa sesuatu yang Anda dapat menyerahkan kepada pelanggan potensial yang memiliki URL Anda di atasnya.


13. Hiasi Kendaraan Anda dengan URL Toko Online Anda

Jika Anda memiliki kendaraan, misanya mobil untuk mengangkut barang / pesanan jangan lupa untuk menghiasi mobil anda dengan alamat dan URL toko online Anda, Jadikan kendaraan anda sebagai mesin promosi berjalan gratis. Tentu akan banyak orang yang melihat mobil unik anda dengan alamat url yang menuju toko online anda agar anda dapat mendapatkan trafik yang lebih bagus. Anda juga bisa menghiasi mobil anda dengan slogan toko online anda, buat orang di sekitar tertarik dengan slogan ataua promosi singkat yang anda tempel di mobil atau kendaraan Anda.


14. Mencetak URL Pada Tas Belanja

Jika Anda memiliki lokasi fisik sebagai toko konvensional, cobalah untuk mencetak URL atau alamat toko online anda pada tas belanja Anda. Sebagai pelanggan, mereka akan membawa tas belanjaan mereka di sekitar bahkan sampai rumah, toko Anda akan mendapatkan beberapa promosi yang baik. Bahkan lebih baik: jika Anda memiliki anggaran untuk itu, mendapatkan beberapa tas belanja reusable dicetak dengan nama bisnis Anda, logo dan toko URL pada tas belanja. Berikan kepada pelanggan yang menghabiskan  sejumlah uang. Anda juga dapat melakukan ini dengan pesanan online dengan memasukkan hadiah atau logo bisnis dan URL toko online Anda dalam kemasan paket yang akan di kirim kepada pelanggan..


15. Hadiah Kecil Dengan Setiap Pembelian

Termasuk magnet gratis (tentu saja juga mencakup URL toko Anda ) dengan setiap pembelian, apakah di-orang atau online. Dengan cara ini, pelanggan tidak akan lupa di mana mereka membeli dari dan dapat juga mengarahkan Anda dengan mudah ke teman-teman mereka.


16. Gunakan Kartu Counter di Pintu Keluar

Buatlah counter kartu tepat di samping cash register sehingga pelanggan bisa mengambil satu ketika mereka sudah meninggalkan toko konvensional anda. Pertimbangkan untuk menambahkan kode kupon atau diskon untuk pembeli online dan mengarahkan mereka ke URL toko Anda.


17. Gunakan Stiker Promosi di Mana-Manaa Anda Bisa

Melekatkan sebuah poster atau gambar dari stiker untuk promosi pada jendela adalah cara mudah untuk mempromosikan toko online Anda. Anda dapat menempatkan satu di pintu lokasi fisik dan di berbagai lokasi lainnya di seluruh toko Anda dan di jendela kendaraan Anda. Anda bahkan dapat meminta teman, Keluarga, dan karyawan bersedia untuk melakukan hal yang sama. Seperti biasa, termasuk URL toko Anda.


18. Bekerjasama Dengan Pemilik Bisnis Lokal Lainnya

Mempromosikan toko online dengan pemilik bisnis lokal. Bermitra dengan pemilik bisnis lokal lainnya adalah cara yang bagus untuk menghidupkan pelanggan baru untuk toko online Anda.

Siapa pemilik bisnis lokal lainnya di daerah Anda? Jika Anda tidak mengenal mereka atau belum, Buatlah sebuah pertemuan untuk memperkenalkan diri. Berbicara dengan mereka dan lihat apakah mereka akan bersedia untuk menempatkan setiap brosur atau counter kartu untuk bisnis Anda di toko mereka dan, pada gilirannya, melakukan hal yang sama untuk mereka. Jika Anda hanya online, Lihatlah jika bisnis yang menjual produk mereka pada acara lokal, pasar petani, dan Festival akan membiarkan Anda memiliki selebaran di meja mereka. Sekali lagi, melakukan hal yang sama bagi mereka di mana pun Anda menjual.


19. Beriklan di Media Surat Kabar Dengan Kupon Diskon

Hanya karena Anda ingin mempromosikan bisnis online Anda, tidak lokasi fisik, tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan surat pemasaran langsung untuk keuntungan Anda. Anda bisa memberitahu calon pelanggan anda, Termasuk informasi diskon besar, konten yang deskriptif untuk URL toko online Anda, untuk mendapatkan pembeli untuk mengunjungi situs Anda. Anda bisa beriklan di surat kabar di daerah anda untuk bisa memberikan promo dan kupon diskon untuk bisa di gunakan berbelanja di toko online anda


20. Tempatkan Kupon di Paket

Setiap kali Anda menyelesaikan pesanan, pastikan Anda meninggalkan kupon dalam paket untuk mendorong konsumen untuk berbelanja lagi. Buatlah URL toko online Anda tercetak pada kupon untuk membuatnya mudah bagi pelanggan. Anda harus selalu menyertakan satu atau dua kartu bisnis Anda dalam urutan masing-masing.

21. Melibatkan Staf Anda


Libatkan staf atau karyawan anda untuk ikut berpomosi dengan cara memberi mereka kaos atau baju, atau tas dan lain sebagainya yang sebelumnya telah di cetak sebuah URL toko online Anda beserta slogan toko online anda agar orang - orang di sekitar mereka bisa melihat anda toko yang berkualitas dan dapat di percaya untuk mereka kunjungi.


22. Mengoptimalkan Nama Produk dan Deskripsi Tentang Produk

Menggunakan kata kunci dalam nama produk dan deskripsi untuk membantu toko Anda dapat ditemukan di search engine. Untuk penelitian kata kunci terbaik untuk masing-masing produk Anda, Anda dapat menggunakan 'perencana kata kunci' tersedia gratis melalui Adwords. Menggunakan kata kunci tersebut di setiap deskripsi produk Anda tentu saja, itu akan membantu mendapatkan calon pelanggan. Hanya menggunakan satu kata kunci setiap nama keterangan produk.


23. Mengoptimalkan Foto Produk dan Toko Online Anda

Optimalkan foto produk pada toko online Anda, agar calon pelangan bisa menemukan toko online anda di mesin pencari lewat pencarian gambar, Tautkan link atau URL Toko Online Anda di setiap Gambar atau foto produk anda agar pengunjung bisa lebih mudah mendapatkan toko online Anda.


24. Mencoba Bayar Iklan PPC (Pay Per Click)

Membayar promosi (yaitu Pay Per Click) di search engine seperti Google atau Bing dapat menjadi cara yang bagus untuk mengarahkan lalu lintas dan konversi untuk toko Anda, tetapi ingat, mereka memakan anggaran Anda cukup cepat. Jika Anda memilih untuk tidak melakukan tugas ini sendiri, beberapa pasar online (termasuk Scott Marketplace) dapat melakukan ini untuk Anda, menghemat waktu dan uang.


25. Bergabung Dengan Asosiasi Pebisnis Lokal

Di setiap daerah biasanya terdapat sebuah Asosiasi atau komunitas pebisnis yang bisa anda ikuti, Biasanya mereka membuat sebuah grup di media sosial atau membuat website, Hal ini tentu akan sangat membantu berkembangnya bisnis yang anda sedang bangun, dengan bergabung dengan pebisnis lainnya tentu akan dapat menambah peluang bekerja sama dengan mereka, Atau anda mungkin dapat mendapatkan bahan baku dari pebisnis di komunitas tersebut dengan harga yang lebih murah daripada anda harus membeli bahan baku ke perusahaan lain. Dan anda juga akan mendapatkan relasi yang lebih baik di masyarakat dengan kemitraan tersebut.


26. Mensponsori Acara Lokal


Mensponsori acara lokal dapat membantu Anda meningkatkan eksposur untuk bisnis online Anda.

Mensponsori acara lokal di daerah Anda berarti Anda mendapatkan promosi untuk bisnis Anda, biasanya dengan link pada halaman acara, dan kadang-kadang melalui postingan media sosial dan materi pemasaran. Pastikan Anda meminta URL yang akan dimasukkan. Anda mungkin juga ingin bertanya jika Anda dapat menyertakan salah satu selebaran (dengan URL Toko Online Anda) dalam atau dengan tas atau beberapa hadiah yang ada di acara tersebut.



27. Buat Reveiew Dari Pelanggan Anda

Salah satu promosi yang paling efektif adalah promosi dari mulut ke mulut. Buatlah pelangan anda puas dengan pelayanan toko online anda yang prima, janga biarkan pelanggan menunggu balasan anda terlalu lama, buatlah pelayanan yang cepat dan memuaskan pelanggan, sehingga akan terjadi promosi yang dahsyat dari mulut ke mulut. Anda juga bisa memberi kan hadiah bagi pelanggan yang mau memberikan komentar positif tentang produk dan layanan anda di halaman testimonial atau di posting melalui sosial media.


28. Mulai Membuat Program Menarik

Apa yang lebih menarik dari sebuah produk gratis yang anda tawarkan kepada mereka calon pelanggan? Anda bisa menawarkan produk gratis anda kepada para pelanggan yang bisa merujuk temanya untuk melakukan pembelian di toko online anda. Misalkan jika pelangan bisa merujuk 2 orang atau lebih untuk membeli produk di toko online dengan kisaran harga di atas 100 ribu rupiah maka pelanggan anda berhak mendapatkan produk gratsi senilai 100 ribu rupiah. Atau anda bisa membuat program menarik lainya.


29. Aktif Di Forum

Anda tentu percaya bahwa forum adalah salah satu situs yang memiliki lalu lintas yang cukup baik, banyak dari mereka berkunjung untuk sekedar melihat thread atau membuat thread berkualitas, atau terkadang mereka melakukan diskusi sesuai dengan hobi mereka. Nagh di sini anda bisa menjadi seorang yang aktfi dalam sebuah forum yang memliki trafik bagus. Anda bisa membuat thread yang bermanfaat atau menjawab pertanyaan - pertanyaan anggota lain, dan jangan lupa untuk menyisipkan Url atau link toko online anda agar lebih banyak orang bisa mengunjungi toko online anda. 


30. Berlangganan Blog Milik Blog Pesaing

Hampir semua bisnis tentu memiliki pesaing, anda jangan panik jika anda memiliki pesaing toko online yang jauh lebih hebat daripada anda, Anda bisa melakukan subscribe atau berlangganan email mereka untuk mengetahui bagaimana cara pemasaran yang mereka lakukan. Anda bisa meniru mereka atau memodifikasi cara pelayanan mereka agar toko online Anda bisa lebih baik dan sia bersaing dengan toko online yang sebelumnya jauh lebih hebat dari pada toko online milik Anda.


Itulah sedikit ulasan mengenai 30 Cara Mempromosikan Toko Online Anda Seperti Para Profesional, mungkin anda akan kesulitan jika anda menerapkan 30 cara atau strategi tersebut secara bersamaan dalam satu waktu, Yang perlu anda lakukan adalah bagaimana anda memahami inti dari ke  30 Cara Mempromosikan Toko Online Anda Seperti Para Profesional, Setelah anda paham anda bisa melakukan satu per satu cara yang di mulai dari cara yang paling anda anggap mudah. Kemudian kembangkan lagi strategi pemasaran toko online anda agar bisa mendatangkan pengunjung yang potensial membuat beberapa orderan untuk toko online anda. dan akhirnya selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terimakasih.  




Sumber : https://blog.scottsmarketplace,com/promote-online-shop/
loading...