Macam-Macam Jenis Usaha Untuk Mengetahui Potensi Binis Anda

Macam-Macam Jenis Usaha Untuk Mengetahui Potensi Binis Anda


Sebelum melangkah lebih jauh dalam mendalami dan menjalani usaha / bisnis, ada baiknya jika kita  mengerti terlebih dahulu pengetahuan tentang bisnis atau usaha. Salah satu pengetahuan dalam bisnis dan usaha adalah mengenali jenis dan macam badan usaha / bisnis.

Banyak orang yang sudah menjalankan bisnis, Bisnis A bisnis B dan seterusnya, Sebagian dari mereka sukses. namun sebagian dari mereka menglami kegagalan. Apa yang menyebabkan mereka gagal dalam berbisnis, mungkin salah satu faktornya adalah kurangnya pengetahuan tentang bisnis yang mereka jalani. Oleh sebab itu sebelum menjalankan dan memulai bisnis dan usaha, mari kita kenalan terlebih dahulu dengan jenis-jenis usaha / bisnis yang ada di sekitar kita untuk menggali potensi bisnis yang bisa kita jalankan dengan lebih baik yangs sesuai dengan potensi yang kita miliki.

Setidaknya, jika kita mengetahui tentang jenis dan macam-macam bisnis, kita bisa lebih memiliki sedikit ilmu tentang usaha dan bisnis sehingga jika bertemu dengan para pebisnis lainnya yang menjalankan bisnis di bidang yang berbeda kita bisa lebih nyambung dalam pembicaraan yang mereka angkat. Dan diharapkan nantinya kita bisa bekerja sama dalam membangun sebuah bisnis yang besar yang saling berkaitan meskipun bidang yang di jalankan berbeda.

Mengenali potensi bisnis itu penting. dengan mengenali jenis - jenis bisnis dan usaha kita bisa mengenali potensi bisnis yang mungkin tanpa kita sadari kita sudah kita miliki beberapa modal untuk menuju ke arah sana, kita bisa menggali bisnis apa yang sebenarnya lebih cocok dengan karakter kita dalam menjalankan usaha.

Bisnis dan usaha adalah kegiatan yang membutuhkan modal, dan modal itu bukan selalu tentang uang, modal itu bisa berupa tenaga, pengetahuan, lokasi,sebidang tanah dan lain sebagainya. terkadang kita tidak menyadari bahwa kita memiliki sebagian daripada modal yang di butuhkan dalam menjalankan usaha, namun dengan ketidaktahuan kita seringkali kita lebih memilih sesuatu yang kurang potensial bagi bisnis yang kita jalankan.

Beberapa macam dan jenis usaha dan bisnis yang ada di Indonesia untuk bisa kita pelajari adalah :

1. Badan Usaha Agraris


Badan Usaha Agraris yaitu badan usaha yang di dalam kegiatan bisnis dan usahanya yaitu menjalankan budidaya hewan dan tumbuhan. Misalnya pertanian, perkebunan dan perikanan.


Mungkin jika kita melihat para pengusaha yang menjalankan usaha di bidang ini kita akan menemukan beberapa perbedaan cara penanganan yang mereka lakukan dengan cara yang di lakukan para pelaku usaha di bidang agraris di jaman dulu. Para pelaku usaha di bidang agraris di jaman ini lebih memiliki cara yang lebih modern dan canggih, sehingga mereka bisa memanfaatkan lahan yang lebih baik, memanfaatkan cara yang lebih baik untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal


Misalnya seperti yang sedang berkembang di saat ini yaitu budidaya aquaponik. Yaitu penggabungan antara penanaman dengan cara hidroponik (media air) dengan pembudidayaan ikan. Dengan sistem aquaponik di percaya akan memberikan hasil yang lebih optimal dengan biaya yang lebih murah dan dengan pemanfaatan lahan yang lebih efektif.

Sekarang lupakan usaha pertanian dan pembudidayaan yang melelahkan seperti yang di jalankan orang di tahun-tahun yang lalu. Kita bisa belajar bagaimana melakukan budidaya yang lebih efektif dengan cara modern yang bisa menghasilkan lebih banyak dan lebih berkualitas.

 

2.       Badan Usaha Perdagangan


Badan Usaha Perdagangan adalah badan usaha yang dalam kegiatan usaha dan bisnisnya adalah melakukan pembelian barang untuk di jual kembali guna mendapatkan suatu keuntungan.


Mungkin kita bidang usaha atau jenis bisnis ini adalah jenis yang paling sering kita jumpai di sekitar kita. Karena konon bidang usaha jenis ini adalah usaha dan bisnis yang di percaya paling cepat mendapatkan keuntungan karena sistem perputaranya yang cepat.

Semakin banyak produk yang kita jual maka semakin besar potensi yang kita dapatkan, terlebih jika produk yang kita jual memiliki margin / keuntungan yang besar. Jadi dalam usaha jenis ini, kita tidak terlalu di pikirkan oleh proses produksi, proses pengembangan atau hal lainya yang menyangkut hasil produksi. Yang kita tahu kita membeli produk dengan mutu dan kualitas tertentu untuk segera di jual sehingga mendapatkan keuntungan.

Di jaman yang serba canggih dan modern ini, sering kita melihat para pelaku usaha di bidang perdagangan ini memanfaatkan sistem yang canggih dan cepat, yaitu sistem online. dalam sistem online mereka bisa melakukan penawaran yang lebih efektif, cepat dan tepat sasaran, sehingga hasil penjualannya pun lebih besar daripada mereka para pelaku usaha yang tidak memanfaatkan media internet sebagai sistem transaksi dan pennawaran produk mereka.

Selain itu bagi kita yang merasa memiliki rasa pemalu akan sedikit lebih di untungkan, karena dengan sistem online kita tidak harus melakukan tatap muka ketika melakukan transaksi jual beli maupun pada saat melakukan penawaran produk. Jadi buat anda para pemula, usaha dan bisnis di bidang ini adalah usaha yang menurut saya paling cocok untuk di coba, mengingat sistemnya yang bisa kita pelajari dengan cepat, dan faktor kerugian juga tidak terlalu besar, terlebih jika kita memilih produk yang tahan lama

 

3.       Badan Usaha Industri


Badan Usaha Industri adalah bentuk badan usaha yang dalam kegiatannya melakukan pengolahan barang mentah / bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.


Badan usaha Insustri lebih menyasar kepada pelaku usaha yang memiliki keahlian dalam pengolahan dan proses produksi dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Biasanya usaha dan bisnis jenis ini adalah usaha pembuatan barang, dan kemungkinan besar untuk membangun usaha di bidang industri ini membutuhkan waktu yang lama dan pengetahuan yang lebih dalam mengenai proses produksi.

Untuk Badan usaha Industri level kecil atau menengah kebawah biasanya sering menyasar kepada pembuatan jenis makanan atau produk pakaian. Jika anda tertarik bidang ini anda bisa memulai dengan melakukan riset untuk menentukan produk apa yang bisa anda jual, lalu kemudian belajar bagaimana membuat produk tersebut dengan kualitas yang bagus sehingga layak untuk bersaing di pasar. 

Badan usaha di bidang ini cocok bagi anda yang memiliki modal besar atau keahlian khusus. Karena tanpa keahlian khusus yang anda miliki anda tentu akan sulit untuk memulai membangun usaha di bidang Industri ini. Anda bisa belajar dengan ikut bekerja di industri yang sudah berjalan dengan baik untuk mengetahui proses rangkaian produksi dan bagaimana mutu dan kualitas produk tersebut dapat terjaga, sehingga industri tersebut selalu dapat menjual produk dengan kualitas yang bagus dan dengan target produksi yang bagus juga.

 

4.       Badan Usaha Ekstraktif


Badan Usaha Ekstraktif adalah badan usaha yang dalam kegiatan usahanya mengeksplorasi apa yang sudah di sediakan langsung oleh alam. Misalnya pertambangan, pembuatan garam dan penebangan kayu.


Nagh ada lagi jenis badan usaha yang sistem kerjanya hampir mirip dengan bidang Industri dan Agraris, Yaitu badan usaha Ekstraktif, hanya saja dalam proses produksi nya bidang usaha jenis ini memanfaatkan sumberdaya atau bahan bakunnya dengan apa yang telah di sediakan oleh alam. Seperti perusahaan yang saat ini tengah menjadi kasus yaitu Freeport perusahaan pengolahan emas.

Bisa di bilang usaha di bidang ini sangat rentan terhadap resiko, terlebih jika pemilik perusahaan tidak memiliki rasa kepedulian dalam menjaga lingkungan dan sumber daya alam. Namun jika perusahaan memiliki jiwa yang sehat tentu mereka akan melakukan cara yang lebih aman untuk alam dan sekitar nya.

Jika kita mau pun kita bisa melakukan usaha jenis ini, kita ambil mudahnya saja yaitu pembudidayaan pohon tertentu yang bisa kita manfaatkan kayunya, seperti pohon albasia, sengon dan sebagainya. yang tentu hasilnya bisa kita harapkan jauh -jauh hari yang akan datang. Namun memiliki beberapa kelebihan yaitu kit tidak terlalu di sibukan dengan kegiatan ini.

 

5.       Badan Usaha Jasa


Badan Usaha Jasa adalah badan usaha yang dalam kegiatan usahanya bergerak dalam bidang jasa, atau memberikan suatu pelayanan kepada masyarakat dengan menjual jasanya. Misalnya : jasa angkutan dan jasa telekomunikasi.


Badan usaha di bidang jasa juga salah satu usaha dan bisnis yang menggiurkan yang seringkali kita lihat di sekitar kita, seperti contoh paling mudahnya adalah jasa transportasi, jasa pengiriman barang, jasa penyewaan, dan jasa lainya yang tentu seringkali memberikan manfaat kepada masyarakat sekaligus mendatangkan keuntungan kepada para pelaku usaha.

Di zaman modern dan canggih ini sekarang bidang jasa juga telah menyasar di bidang online. Beberapa contoh usaha di bidang jasa online diantaranya adalah jasa pembuatan website Toko Online, jasa SEO website ,

Bagi anda yang tertarik di bidang jasa online ini ada beberapa bidang jasa yang mungkin bisa anda pelajari dengan cepat untuk kemudian bisa anda terapkan dalam usaha anda sehingga anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan di dunia online , Seperti misalnya jasa penulisan artikel, Jasa penambah follower sosial media, jasa penukaran mata uang, jasa pembuatan toko online dan lain sebagainya.

Dengan menjalankan usaha di bidang jasa anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan berupa nominal uang , melainkan hubungan baik dari pelanggan anda jika jasa yang anda tawarkan memberikan manfaat bagi mereka pengguna jasa anda ini.  Sehingga potensi berkembangnya usaha anda bisa akan lebih cepat. Anda juga bisa merekrut karyawan jika pelayanan jasa anda mendapat orderan yang banyak melebihi kapasitas yang bisa anda kerjakan sendiri. tentu dengan pembagian hasil yang sesuai. Hal ini akan sangat mengutungkan bagi beberapa belah pihak sekaligus. Jadi jika anda tertarik memulai usaha dengan usaha di bidang jasa, anda bisa memulai dari hal yang paling anda kuasai.



Akhirnya selesai juga ulasan singkat mengenai Macam-Macam Jenis Usaha Untuk Mengetahui Potensi Binis Anda. Setelah anda mempelajari beberapa jenis usaha dan bidang bisnis tersebut tentu anda harus bisa memilih kira-kira bisnis dan usaha mana yang lebih tepat untuk anda kembangkan. Tentu Beberapa dalam bidang usaha di atas bisa anda jalankan bersama sekaligus, seperti misalnya bidang usaha Agraris dan bidang usaha Perdagangan.

Namun perlu di ketahui memulai membangun usaha sebaiknya di lakukan mulai dari hal yang anda sukai, karena jika bisnis dan usaha yang anda jalankan mengalami kegagalan di awal perjalanan, anda tidak terlalu bersedih, sebaliknya jika usaha dan bisnis yang anda jalankan sukses dan mendapatkan keuntungan maka anda akan mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, yaitu kesenangan dan mendapatkan keuntungan finansial.

loading...