Bagaimana Membangun Usaha Kuliner Unik dan Kreatif Yang Menguntungkan??

loading...
Bagaimana Membangun Usaha Kuliner Unik dan Kreatif Yang Menguntungkan??


Usaha / bisnis di bidang kuliner memanglah sebuah pilihan yang tepat, terutama bagi anda yang memilih memulai usaha dengan modal kecil, karena menurut pengamatan saya memulai usaha di bidang kuliner akan lebih menghemat modal, sehingga modal yang di keluarkan oleh kita cenderung lebih kecil, apalagi kita juga bisa memulai membangun usaha kuliner unik dan kreatif ini di halaman atau sekitar rumah atau tempat tinggal kita.

Usaha dan bisnis di bidang kuliner sangat di sukai banyak orang sehingga otomatis pesaing di bisnis bidang ini lumayan banyak. Lalu seperti apa siy teknik dan trik agar usaha kuliner yang kita bangu berbeda, unik dan kreatif sehingga akan lebih menarik para pelanggan yang berlalu lintas di lokasi usaha yang kita bangun?

Ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membangun bisnis / usahadi bidang kuliner yang unik dan kreatif agar lebih di lirik konsumen :

1. Sediakan Tempat Jualan Yang Unik

Sebelum anda memulai menjual produk kuliner unik anda, ada baiknya anda juga menghiasi tempt atau lokasi usaha anda agar terkesan lebih unik dan kreatf. Agar terlihat lebih kreatif dan alami anda bisa memulai mempergunakan barang - barang bekas yang sudah tidak terpakai untuk aksen warung anda. Seperti misalnya, box bekas tempat buah, bisa anda manfaatkan sebagai meja atau kursi tempat makan. lalu bisa juga memanfaatkan tivi tabung yang jadul untuk sebagai hiasan agar lebih unik, atau mempergunakan lukisan dan gambar unik sebagai penghias warung anda.


2. Gunakan Gerobak Yang Unik

Gerobak yang unik tentu akan membuat minat orang yang melintasi usaha anda semakin tertarik. Terlebih jika design gerobak yang anda gunakan sesuai dengan produk kuliner yang anda jual. Saat ini sudah banyak pembuat gerobak unik yang siap pakai atau yang bisa di bongar pasang. Sehingga lebih mudah dan praktis.

Anda bisa menghiasai gerobak dengan warna warni yang menarik, anda juga bisa memberikan gambar produk kuliner anda di gerobak anda dengan ukuran yang cukup besar, yang manfaatnya adalah akan membuat orang yang melihat gambar makanan tersebut menjadi merasa lapar seketika, Terlebih jika gambar produk kuliner anda sangat menggugah selera, tentu akan membangkitkan rasa penasaran dan lapar para pembeli.


3. Ikuti Trend Kuliner Yang Sedang Hits

Bisnis / usaha kuliner termasuk bisnis yang bisa di jalankan dengan modal yang tidak terlalu besar, sehingga anda bisa berganti - ganti produk kuliner yang anda jual sesuai dengan produk kuliner yang sedang hits.

Kenapa harus mengikuti trends? Sebenarnya langkah ini tidak wajib, namun biasanya orang cenderung lebih membeli produk makanan yang memang sedang menjadi trend saat itu. Orang cenderung ikut-ikutan saja, lihat saja ketika ada usaha yang tengah trend biasanya usaha itu langsung laris seketika, terutama jika produk kuliner tersebut memiliki cita rasa yang khas.


4. Buat Sendiri Produk Kuliner Yang Unik

Anda tentu boleh juga membuat produk kuliner yang unik untuk menarik minat pembeli, namun satu hal yang perlu di ingat adalah ketika membuat produk kuliner yang unik usahakan tidak terlalu jauh dari produk kuliner yang sudah ada dan sudah terbukti laris, Jangan sampai membuat produk kuliner yang terkesan aneh, sehingga menimbulkan rasa curiga pada calon pembeli, yang nantinya akan memberikan dampak tidak laku yang di karenakan rasa keraguan dari para pembeli atau target pasar anda.

Anda bisa memulai kuliner unik dari produk kuliner yang sudah ada namun dengan inovasi yang berbeda seperti msialnya
* Bakso, Anda bisa melakukan inovasi dari produk kuliner satu ini, seperti membuat bakso bakar, bakso aneka rasa, bakso isi rawit dan sebagainya yang intinya memberikan menu spesial dari bakso tersebut
* Tempe, hampir semua lidah orang indonesai menyukai jenis makanan yang satu ini. Produk kuliner ini juga cukup banyak di gemari oleh kalangan masyarakat Indonesia, anda bisa membuat kebab tempe, atau tempe bakar atau tempe mendo aneka sambal dan lain sebagainya.
Atau produk unik dan kreatif lainya.


5. Melakukan Promosi

Hampir semua jenis usaha tentu membutuhkan langkah ke 5 ini yaitu promosi, terkecuali jika anda memiliki usaha di tempat yang ramai seperti tempat rekreasi, mungkin hal ini tidak terlalu di butuhkan, Namun agar usaha yang anda jalankan bsia lebih menguntungkan ada baiknya jika anda melakukan promosi,

Promosi tidak harus besar anda bisa melakukan promosi kecil namun tertarget. Tertarget yaitu siapa saja yang anda tergetkan untuk menjadi konsumen maka mereka lah yang harus anda berikan promo mengenai produk kuliner anda. Berikan sentuhan yang berbeda pada usaha kuliner anda agar mereka penasaran dan ingin mencoba produk kuliner anda, Anda bisa memberikan diskon, atau gratis salah satu produk kuliner anda atau apapun yang bisa menarik perhatian target pasar.


Itulah ke 5 langkah dalam  Bagaimana Membangun Usaha Kuliner Unik dan Kreatif Yang Menguntungkan. Saya rasa jika produk usaha anda unik, lokasi anda unik dan rasa produk kuliner anda enak serta memberikan manfaat tentu tidaklah sulit untuk membangun usaha di bidang kuliner ini. mengingat orang memiliki rasa lapar yang kapanpun rasa lapar itu bisa memaksa orang untuk mengkonsumsi produk kuliner anda. terlebih jika anda melakukan 5 langkah simpel tadi.
Terimakasih dan semoga bermanfaat.
loading...