Bagaimana Membuat Warung Bakso Unik Agar Laris dan Ramai Pembeli

Bagaimana Membuat Warung Bakso Unik Agar Laris dan Ramai Pembeli

Bakso adalah kuliner enak dan nikmat yang sepertinya tidak ada habisnya, hampir di setiap daerah tentu sering kita jumpai pedagang bakso, mulai dari yang keliling menjajakan dagangan bakso dengan gerobaknya, sampai di mall besar masih ada juga penjual bakso dengan brand yang sudah terkenal.

Hal ini menunjukan bahwa bakso adalah kuliner yang memang sangat cocok untuk lidah Indonesia dan banyak di minati oleh berbagai kalangan masyarakat, sehingga bisnis bakso ini termasuk bisnis kuliner yang cukup menjanjikan untuk di jalankan walaupun bisa di mulai dengan modal yang sedikit..

Namun sepertinya, di balik pedagang-pedagang yang sukses menjajakan bakso nya ternyata masih saja ada segelintir orang yang masih kesulitan menjual bakso nya setiap hari. Hal itu tentu membuat pedagang merasa sedih, karena ternyata usaha yang di jalankannya tidak sesuai dengan harapan awal ketika beriat membangun bisnis kuliner bakso ini.

Lalu kira -kira apa saja ya faktor yang bisa membuat dagangan bakso tidak ramai seperti lainya?
 mungkin ada beberapa faktor yang di lupakan oleh pedagang bakso tersebut. beberapa faktor yang dapat menyebabkan dagangan Bakso tidak laris adalah sebagai berikut :

1. Lokasi - Mungkin lokasi yang di jadikan sebagai target tidak sesuai dengan strategi semestinya, misalnya pedagang bakso menjual dagangan di tengah sawah, tentu hal ini membuat daganganya tidak laku, hehe.

2. Rasa Bakso - rasa bakso yang aneh tidak sesuai dengan selera pasar membuat bakso macam ini lebih di hindari, kebayang kan kalau kita berada di sebuah desa, namun kita mencoba membuat aneka bakso dengan rasa buah strowberi, atau dengan paduan jamur yang membuat rasa bakso menjadi berbeda, tentu hal ini tidak akan cocok dengan target pasar.

3. Harga Bakso - Memang seperti kita ketahui harga bahan baku pembuat bakso ini yaitu daging sapi lumaya mahal. tapi jika kita menawarkan bakso dengan harga yang tidak sesuai pasaran, sedangkan di sekitar banyak pedagang bakso lainya tentu hal ini akan membuat dagangan anda sepi pembeli.

4. Pelayanan - Jika pelayanan anda buruk dalam melayani para pembeli maka hal itu akan membuat mereka kapok untuk membeli kembali dagangan anda. Usahakan untuk membuat sedikit lelucon agar hubungan antara pedagang dan pembeli sedikit bisa lebih akur, sehingga akan terjadi hubungan kedekatan yang lebih baik.dan akhirnya pembeli itu akan menjadi pelanggan anda.

Setelah kita mengulas sedikit tentang beberapa faktor yang mungkin membuat dagangan bakso anda sepi pembeli, yang tentu saja masih banyak faktor atau kemungkinan lainya yang anda ketahui di lapangan, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana trik atau cara membuat warung bakso yang unik, yang berbeda sehingga bisa menarik para pembeli agar dagangan bakso bisa laris. Beberapa caranya adalah :

1. Berikan Pilihan Yang Berbeda

Seringkali orang cenderung bosan dengan makanan yang mereka santap tiap hari atau dalam frekuensi yang sering. Sama halnya dengan bakso dagangan anda. Maka sebaiknya anda dalam menjual bakso juga harus memberikan pilihan menu yang berbeda, yang mungkin bisa meningkatkan gairah makan para pelanggan anda. Anda bisa menambahkan menu dengan Mie ayam misalnya, atau bakso rasa buah, atau bakso rasa keju atau bakso rasa kepiting laut dan sebagainya. Sehingga selain untuk menarik minat hal itu juga akan membuat orang penasaran dengan produk terbaru anda.

2. Hiasi Gerobak / Kios Anda

Bagi sebgaian orang, mencari tempat makan itu tidak hanya soal rasa dan harga, melainkan rasa nyaman dan aman para pembeli. Apalagi untuk urusan makan, masyarakat cenderung memilih tempat makan yang mengundang selera makan anda. Biasanya hal tersebut berkaitan erat denga kebersihan lokasi Anda Berjualan. semakin bersih maka pelanggan akan semakin tertarik makan di warung bakso anda

Bila memungkinkan hiasi gerobak atau kios anda dengan gambar-gambar bakso yang cukup besar untuk mengundang selera makan. Jadi usahakan jika ada orang yang melintas warung bakso anda selalu tertarik untuk makan setelah melihat gambar bakso yang terlihat begitu nikmat.

3. Berikan Diskon Di Hari / Jam Tertentu 

Setelah anda menjalankan usaha bakso anda, coba perhatikan pada hari apa atau jam berapa warung bakso anda terlihat sepi, terkecuali ketika warung anda tutup ya, hehe. Misalnya warung sepi sekitar jam 10 pagi, nagh untuk tidak membiarkan warung bakso anda sepi gunakanlah beberpa trik yang memungkinkan orang pasti 90% tertarik. Misalnya diskon 50% untuk pembelian bakso di jam 10 pagi sampai jam 11. Atau Gratis Teh Botol Setiap pembelian bakso di hari Kamis, dan lain sebagainya.

4.  Berikan Pengalaman Kenyamanan Saat Pembeli Makan di Warung Bakso Anda

Orang cenderung akan menyukai tempat makan yang lebih nyaman dan menyenangkan. Anda bisa memberikan failitas lebih untuk warung anda, Misalnya kipas angin, atau AC, atau fasilitas toilet gratis dan tempat cuci tangan, yang tentu akan membuat sebgaian orang lebih mengutamaka kenyamanan saat mereka makan.

5. Lakukan Strategi Promosi

Jika warung bakso yang anda kelola masih sepi juga, coba lakukan promosi lewat sosial media, sebisa mungkin jangan hanya sebatas promosi, melainkan promosi yang benar-benar memberikan daya tarik yang kuat. Misalnya Setiap pembelian bakso lebih dari 2 porsi akan mendapatkan kupon undian berhadiah. Atau setelah pembelian hingga mencapai 100 ribu maka akan mendapat hadiah langsung berupa t-shirt keren. dan lain sebagainya.


Sebagian besar trik atau cara untuk Bagaimana Membuat Warung Bakso Unik Agar Laris dan Ramai Pembeli adalah dengan memerlukan modal yang lebih. Jelas, menurut saya dalam berbisnis kita tidak boleh setengah - setengah, kita harus total memberikan yang  terbaik untuk mendapatkan keuntungan yang terbaik juga. Namun jika anda termasuk orang yang takut mengalami kerugian ada baiknya ketika memulai bisnis baru sebelumnya harus sudah memiliki penghasilan di luar bisnis tersebut.


Saya bisa mengatakan jika bisnis yang masih dalam tahap awal sebaiknya jangan dulu di harapkan keuntunganya, melainkan harapkanlah kelancaran terlebih dahulu bisnis tersebut. Karena hampir semua pebisnis yang membangun bisnisnya, mereka memberikan segala daya dan upaya yang terbaik untuk menumbuhkan bisnis yang nantinya bisa berdiri kokoh dengan kualitas terbaiknya.




  
loading...