Bagaimana Memulai Bisnis Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan?

Bagaimana Memulai Bisnis Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan?


Bisnis / usaha di bidang kuliner kerap menjadi fovorit pebisnis yang meiliki modal kecil untuk mendapatkan keuntungan yang besar, karena bisnis / usaha di bidang ini memang sangat menjanjikan, mengingat kuliner adalah kebutuhan manusia sehari-hari.


Kenapa bisnis kuliner begitu menjanjikan? 

Bisnis kuliner sangat menjanjikan karena pada dasarnya setiap manusia membutuhkan makanan setiap hari, bahkan beberapa dalam sehari. Dengan menjalankan bisnis kuliner berarti anda memiliki peluang atau potensi menjual produk anda setiap hari bahkan kepada terget pasar yang itu-itu saja. Artinya Anda tidak perlu mencari terget pasar setiap hari jika anda sudah memiliki pasar yang baik, pelanggan yang setia yang tentu harus anda gunakan beberapa startegi untuk membuat pelanggan tetap setia terhadap bisnis kuliner Anda.

Faktor lain kenapa bisnis atau usaha di bidang kuliner sangat menjanjikan adalah karena dalam menjalankan usaha ini, kita bisa lebih mudah membangun "brand" dengan menyajikan menu khusus yang berbeda dan unik, tentu dengan cita rasa yang khas Brand Anda. Kuliner adalah produk beebentuk makana atau bahan makanan yang tentu setiap saat kita berikan inovasi, sehingga bisa melejitkan brand anda, Anda bisa membuat makanan yang lebih aneka rasa untuk memanjakan pelanggan anda dan memberikan rasa penasaran bagi setiap orang yang melintasi usaha anda.

Kenapa Bisnis Kuliner Begitu Sangat Menguntungkan?

Bisnis atau usaha di bidang kuliner yang di bangun dengan Brand yang bagus, tentu akan memberikan keuntungan yang dahsyat. Seperti contoh anda tentu tahu harga satu gelas kopi di restoran seperti starbak (sensor) bukan? Berapa harganya? Kisaran 50 - 100 ribu bukan? Berbeda dengan harga kopi yang di jual di warung - warung yang hanya kisaran 5 -20 ribu saja. Tentu jarak keuntungan yang besar ini akan sangat menguntungkan pebisnis yang bisa membangun Brand dengan baik.

Bisnis di bidang kuliner bisa di mulai dengan modal yang kecil atau tidak terlalu besar. karena memang pada dasarnya harga bahan baku makanan bisa kita dapatkan dengan harga yang relatif murah daripada anda memulai bisnis di bidang fashion atau elektronik yang tentu akan membutuhkan modal yang agak besar. Sedangkan dari segi keuntungan bisnis di bidang kuliner di percaya jauh lebih cepat perputaranya daripada bisnis di bidang lain.

Bisnis kuliner sangat menguntungkan karena di dalam bisnis ini kita tidak terlalu di pusingkan dengan target pasar yang luas, jika bisnis anda sudah memiliki pelanggan yang setia maka dengan pasar yang ada pun sudah cukup untuk melanjutkan bisnis anda, sehingga potensi kerugian bisnis di bidang kuliner ini tidak terlalu besar berbeda jika bisnis di bidang fashion atau elektronik yang membutuhkan pasar luas, kenapa? Karena tidak semua orang membeli produk tersebut setiap hari, jadi jika anda ingin melancarkan bisnis anda di bidang selain kuliner maka anda harus membutuhkan target pasar yang luas.


Lalu Bagaimana Memulai Bisnis Di Bidang Kuliner Ini Agar Usaha Yang di Jalankan Tetap Lancar dan Berkembang? Sehingga Memiliki Brand yang Mampu Melonjakan Keuntungan?


Inilah beberapa Trik dan Strategi Jitu membangung Bisnis / Usaha di bidang kuliner :

1. Mulai Dari Yang Anda Sukai

Bisnis kuliner adalah usaha dimana anda menjual bukan sekedar bentuk makanan atau sajianya, melainkan juga ada faktor rasa untuk pemikat pelanggan. Jadi bisa di bilang bisnis di bidang kuliner itu mewajibkan pengusaha memiliki produk dengan kualitas terbaik dengan "Rasa Produk Yang Enak" 

Jadi bagaimana anda tahu jika makanan atau produk anda enak jika anda pun tak tahu mana produk yang berkualitas atau produk enak dengan produk yang biasa saja? Tentu syarat sah agar anda tahu makanan atau produk yang enak anda harus menyukai makanan anda ini. Dan di sarankan agar anda juga mencoba produk / makanan dari pengusaha lain, untuk mengetahui level seberapa enak produk yang di jual orang lain, kira-kira bisakah anda "Bersaing" dengan mereka?


2. Menyempurnakan Produk Kuliner Anda

Setelah anda mengetahui rasa dari produk kuliner anda yang enak, tentu langkah selanjutanya adalah menyempurnakan bentuk dan rasa produk kuliner anda, sehingga jika produk di lepas ke pasar nantinya akan mendapat respon positif. dan dengan cepat bisa memulai pembangunan bisnis anda.

Bisnis itu total, tidak boleh setengah-setengah. Berikan yang terbaik maka anda akan mendapatkan yang terbaik. Kuncinya itu. Berikan produk anda yang terbaik jangan biarkan pembeli merasa kecewa dengan produk kuliner anda sehingga mereka tidak ingin membeli produk kuliner anda. Sebaliknya buatlah konsumen tergila-gila dengan produk anda, sehingga jika anda memberikan produk kuliner anda secara gratis di awal anda tidak akan merugi, karena mereka akan datang kembali dengan orderan yang lebih banyak.

Buatah produk anda dengan tampilan dan rasa yang sempurna, karena tampilan juga sngat berpengaruh terhadap minat para pembeli untuk mencicipi produk kuliner anda. Jika tampilanya saja sudah tidak memikat tentu hal itu tidak akan bisa untuk membangkitkan selera para calon pembeli.


3.  Mulai Penjualan Dengan Promo Menarik

Anda tentu sering melihat promo menarik yang tiba-tiba bisa menggerakan hati anda untuk sekedar melihat produk yang dijual, untuk mencobanya, kemudian untuk membeli produk tersebut. Tanpa promo tentu orang tidak akan tahu betapa sempurna produk kuliner yang anda tawarkan kepada mereka. Misalnaya hanya hari ini beli 2 porsi dapat 3 porsi. Atau diskon 50% untuk pembelian produk tertentu. Pancing ikan anda untuk memakan umpan anda, Dalam hal ini anda harus rela berkorban sedikit untuk memberikan umpan untuk kemudian mendapatkan pelanggan yang setia yang nantinya bisa membuat usaha / bisnis kuliner anda berkembang pesat.

Anda bisa memulai melakukan promo dengan gratis, manfaatkan sosial media, seperti facebook, twitter, instagram BBM dan lain sebagainya untuk melakukan promosi awal sehingga tidak membutuhkan modal promo yang besar. Manfaatkan juga forum jual beli, grup jual beli di media internet untuk mendapatkan para calon pelanggan anda.

Jangan takut merugi jika anda baru memulai usaha hanya karena promosi. Yakinlah jika produk anda memang berkualitas dan Menjual tentu mereka akan menjadi pelanggan setia anda, Siapkan modal untuk promo ini. Jika promo berhasil mengudang banyak orang, lalu kemudian usaha anda sepi mungkin ada masalah dengan Kualitas produk anda atau pelayanan anda. Jadi jangan lupakan persiapan sebelum memulai promo di hari pertama anda memulai usaha.


4. Berikan Kemudahan Transaksi dan Pelayanan

Sebagian besar orang kembali menjadi pelanggan anda adalah karena kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam mendapatkan produk yang anda tawarkan. Jadi jika anda memilik lokasi yang nyaman untuk pelanggan, kemudian pelayanan yang prima dan proses transaksi yang cepat dan efektif tentu akan membuat mereka para pelanggan mengingat usaha anda dan akan senanghati kembali menjadi pelanggan Anda.

Banyak pengusaha yang tidak terlalu siap untuk hal ini, sehingga pelayanan yang di berikan pun ala kadarnya, lokasi yang ia tawarkan tidak menarik sehingga membuat para pembeli sungkan untuk kembali ke tempat yang seperti itu.

Anda bisa memberikan fasilitas yang tidak di berikan oleh pengusaha lain. Misalnya tempat yang unik penuh dengan hiasan unik, atau design tempat usaha yang unik sehingga  akan banyak pelanggan yang melakukan foto-foto dan di share ke sosial media, sehingga dengan cara ini anda akan mendapatkan promo gratis berbentuk viral yang akan lebih cepat menyebar ke pasar yang lebih luas.


5. Buatlah Orang Yang Melintas Merasa Lapar

Buatlah orang yang melintasi tempat usaha kuliner anda merasa lapar dan harus segera membeli produk kuliner anda, Bagaimana caranya? Anda bisa memasang foto-foto atau gambar tentang produk kuliner anda dengan ukuran yang cukup besar untuk merangsang orang -orang yang melintasi usaha anda sehingga merasa "Kemlecer" atau menginginkan segera menikmati produk kuliner yang anda tawarkan. Dengan begitu anda bisa mengkonversi sebuah trafik menjadi peluang pembeli. jadi anda bisa memnafaatkan jalan yang ramai untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Anda juga bisa membuat bentuk both anda menjadi unik dan kreatif, sehingga merangsang minat orang untuk sekedar melihat produk yang anda jual, jika tampak menyenangkan lalu melihat daftar harga produk kuliner anda yang sedang ada diskon tentu langsung mampir ketempat usaha anda. Berikan merkea akses yang mudah untuk segera mendapatkan apa yang pelanggan mau, yaitu produk kuliner yang menggiurkan.


6. Buatlah Faktor Kali Untuk Melipatgandakan Keuntungan 

Jika usaha kuliner yang anda bangun sudah mulai ramai dan anda kuwalahan dalam megatasi usaha Anda, anda bisa mencoba melakukan pengembangan bisnis dengan cara membuka cabang. Anda bisa mengiklankan usaha anda agar menarik minat para investor untuk bermitra kepada anda.

Dengan membuka maka anda akan mendapatkan peluang keuntugan yang lebih besar, anda bisa membagi keuntungan kepada mereka para investor dengan cabang yang di buka, tentu anda juga harus memberikan syarat dan ketentuan agar usaha yang mereka jalankan juga memberikan keuntungan, agar pelanggan tambah senang sehingga bisa membangun brand usaha kuliner anda lebih bagus di mata pelanggan.

Setelah usaha anda berkembang pesat dengan berbagai cabang di beberapa tempat anda juga harus senantiasa mengontrol kualitas produk kuliner dan pelayanan agar pelanggan tidak ada yang kecewa. Anda juga bisa memberikan hadiah untuk pelanggan - pelanggan anda yang setia, dengan memberikan hadian undian atau memberikan hadiah dengan kunjungan terbanyak setiap bulan untuk mempertahankan brand usaha yang anda bangun.


7. Pasarkan Secara Online Jika Itu Memungkinkan 

Jika produk kuliner anda memungkinkan tahan lama anda bisa  memasarkan secara online, tentu untuk mengembangkan pasar yang lebih luas. Namun jika produk anda tidak tahan lama ada baiknya anda pikirkan terlebih dahulu, mungkin anda bisa memperluas dengan membuka cabang di kota kota lain untuk mengembangkan pasar anda.

Namun sebelum anda memasarkan produk anda secara online ada baiknya anda mengurus dan mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu, seperti Label Halal, label BPOM. dinas kesehatan dan lain- lain untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Anda juga wajib membuat kemasan yang menarik untuk produk kuliner anda. Agar produk kuliner anda lebih terlihat Premium dan layak di jual dengan harga tinggi.


Itulah beberapa tips singkat mengenai Bagaimana Memulai Bisnis Usaha Kuliner Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan. Segala sesuatu memang sebaiknya harus di persiapkan dan di sempurnakan Karena dengan memberikan yang terbaik maka anda akan mendapatkan yang terbaik. Siapkan produk anda sekiranya bisa harus lebih unggul dengan produk kuliner yang lebih dulu ada di pasar. Entah dari harga, kualiatas produk, pelayanan dan lokasi penjualan. Agar usaha yang telah anda persiapkan dan semurnakan tidak merugi begitu saja. Akhirnya selamat mencoba dan semoga berhasil.Terimaksih
loading...