Pengertian Bisnis, Jenis dan Macam Bisnis Yang Harus Kamu Tahu

Pengertian Bisnis, Jenis dan Macam Bisnis Yang Harus Kamu Tahu


Banyak orang membicarakan tentang bisnis, keuntungan bisnis serta banyak nya jenis bisnis yang beraneka ragam yang tentu memiliki satu tujuan yaitu mendapatkan keuntungan secara finansial atau laba. Dengan begitu banyak jenis bisnis dan manfaat yang bisa di ambil dari bisnis tentu seringkali kita merasa ingin segera terjun ke dunia bisnis untuk mendapatkan keuntungan atau lebih spesifik yaitu penghasilan. Tapi sebelum kita memperdalam ilmu mengenai bisnis, memulai lalu menjalankan bisnis ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu apa pengertian bisnis, apa macam dan jenis bisnis yang harus kita ketahui.Sehingga nanti kita bisa tahu lebih dalam mengenai bisnis yang akan kita bangun dan kita jalankan. Jangan sampai ketika kita sudah terjun ke dunia bisnis kita justru banyak tidak tahu mengenai pengertian dan jenis binis yang beraneka ragam

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ulasan mengenai pengertian dan macam bisnis yang ternyata sangat beraneka ragam. Seperti apa ulasanya? silahkan simak ulasan berikut ini.

 

Pengertian Bisnis 


* Pengertian Bisnis Dalam Ilmu Ekonomi, bisnis ialah suatu organisasi yang kegiatannya berupa menjual barang ataupun jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba (Keuntungan).

* Pengertian Bisnis Secara Historis yaitu, kata bisnis dari bahasa Inggris business, yang merupakan kata dasar dari busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam hal ini, bisnis berarti sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang diharapkan dapat mendatangkan keuntungan.

* Pengertian Bisnis Dalam Ekonomi Kapitalis, Bisnis dalam ekonomi kapitalis kebanyakan dimiliki oleh pihak swasta, bisnis di bentuk untuk mendapatkan keuntungan dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan pelaku / pekerja dari sebuah bisnis tersebut akan mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan.

* Pengertian Bisnis Secara Etimologi
, Bisnis secara etimologi berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.

Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, yaitu tergantung skupnya dari penggunaan singular.
Kata bisnis dapat merujuk pada sebuah badan usaha, yaitu kesatuan yuridis / hukum, teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan.

Penggunaan kata bisnis yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, seperti contohnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas dari makna bisnis adalah merujuk pada seluruh "aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa ". Namun definisi "bisnis" sendiri yang paling tepat masih menjadi bahan perdebatan yang belum selesai hingga saat ini.

Jadi meskipun kata "Bisnis" Belum mencapai definisi yang tepat, namun kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian bisnis adalah, kegiatan yang di lakukan oleh perorangan / individu atau suatu kelompok dalam hal ini penyedia barang dan jasa untuk mendapatkan suatu laba atau keuntungan.

 

Macam dan Jenis Bisnis


Bisnis sendiri masih terdiri dari berbagai macam tipe. Sehingga akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan macam dan jenisnya dengan berbagai cara yang berbeda-beda. Salah satu dari banyak cara yang dapat digunakan untuk membedakan bisnis dan macamnya adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas /kegiatan yang dilakukannya dalam hal yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan.



Beberapa Macam dan Jenis Bisnis di antaranya adalah :

1. Manufaktur

Bisnis Manufaktur adalah bisnis yang  kegiatan atau aktivitasnya memproduksi produk yang berasal dari barang baku / mentah atau yang terdiri dari beberapa komponen-komponen, kemudian di jadikan menjadi sebuah produk dan dijual untuk mendapatkan keuntungan.
Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti kendaraan atau Pakaian, Elektronik, Makanan siap saji dan sebagainya.


 

2. Bisnis Jasa 

Bisnis jasa adalah bisnis yang aktivitas atau kegiatanya menghasilkan barang intangible / Jasa yang di butuhkan konsumen, Sehingga pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan.
Contoh bisnis jasa adalah konsultan, psikolog, jasa pembuatan website dan jasa lainya.


3. Bisnis Pengecer dan Distributor (Penjual)  

Bisnis Pengecer maupun distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang / produk antara produsen dengan konsumen yang juga mendapat kentungan dari Aktiviatas jual beli produk. Kebanyakan toko maupun perusahaan yang berorientasi kepada konsumen adalah distributor atau pengecer.
Contoh bisnis ini adalah seperti Warung, Toko, Agen, dan Penjualan lainya.



4. Bisnis Pertanian dan Pertambangan   

Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang kegiatan dan aktivitasnya berupa memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman, budidaya, mineral tambang, dan lainya.


5. Bisnis Finansial  

Bisnis finansial adalah Aktivitas atau kegiatan yang mendapatkan keuntungan dari sebuah investasi dan pengelolaan modal. yang di berikan kepada pelaku usaha untuk nantinya mendapatkan bagi hasil dengan pelaku usaha.

Saat ini banyak bisnis investasi yang tengah berkembang seperti misalnya reksadana, investasi di sebuah perusahaan, dan investasi dan penanaman modal lainya.



6. Bisnis Informasi 

Bisnis informasi adalah kegiatan / aktivitas yang menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan kembali properti intelektual (intelellectual property).



7. Bisnis Utilitas

Utilitas merupakan bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti misalnya listrik dan Air atau PDAM, dan biasanya didanai oleh pemerintah setempat.




8. Bisnis Real Estate  

Bisnis real estate merupakan kegiatan / aktvitas yang dapat menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, seperti rumah, bangunan dan lain-lain



9. Bisnis Transportasi 

Bisnis transportasi adalah bisnis / kegiatan yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi tujuan konsumen. sehingga pelaku mendapat imbalan sebagai jasa

Bisnis Transportasi banyak contohnya diantaranya adalah bisnis taxi, angkutan umum, kantor pos, pengantar barang lain dan bisnis jasa transportasi lain.


Itulah ulasan singkat mengenai pengertian bisnis dan beberapa macam tentang jenis bisnis yang ada yang telah di kelompokan menjadi beberapa bagian. Kini kita tahu pengertian bisnis dan macam macam bisnis yang ternyata banyak yang berbeda namun terkadang masih saling terkait satu dengan yang lain.  Setelah anda mengetahui akan pengertian tentang bisnis dan macam macam bisnis ada baiknya anda juga harus tahu Macam-Macam Jenis Usaha Untuk Mengetahui Potensi Binis Anda. Agar pengetahuan dasar anda mengenai bisnis dan usaha semakin luas. Terimakasih atas perhatianya dan semoga bermanfaat.



Sumber : https://id.wikipedia,org


loading...