9 Langkah Dan Strategi Pemasaran Efektif Yang di Lakukan Melalui Facebook

9 Langkah Dan Strategi Pemasaran Efektif Yang di Lakukan Melalui Facebook


http://www.ambyaberbagi.com/2016/01/strategi-pemasaran-efektif-melalui-facebook.html

Strategi Pemasaran Melalui Facebook - Facebook adalah salah satu media sosial yang paling banyak di gunakan oleh sebagian besar masyarakat indonesia, Kita bisa menemukan banyak prospek melalui media sosial facebook ini, kenapa? karena hampir sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki akun facebook.

Jadi kita bisa menemukan prospek atau target pasar kita melalui sosial media ini, kita bisa mencari pengguna facebook dengan beberapa spesifikasi. Misalnya :

* Spesifikasi umur sekian sampai umu sekian, atau umur berapa yang akan menjadi target pasar anda
* Melalui filter gender, siapa yang lebih mungkin tertarik terhadap produk anda, laki-laki atau perempuan
* Minat apa yang lebih relevan terhadap bisnis atau produk anda
* Letak geografis, dimana populasi yang akan anda targetkan sebagai prospek calon pembeli atau pengguna jasa anda melalui iklan facebook anda.

 Pada intinya melakukan pemasaran dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook ini adalahs alah satu strategi pemasaran yang sangat efektif karena bisa lebih tertarget dan menghemat budget iklan yang anda miliki.

Lalu bagaimana langkah dan strategi dalam melakukan pemasaran melalui facebook ini? Berikut adalah ulasan mengenai 9 Strategi Pemasaran Efektif Yang di Lakukan Melalui Facebook :


1. Gunakan Facebook Fanspage, Jangan Akun Facebook Personal

Langkah awal untuk menjalankan sebuah strategi dalam pemasaran online dengan memanfaatkan Facebook adalah mengetahui terlebih dahulu karakteristik Facebook itu sendiri. Didalam Facebook terdapat akun Facebook personal dan ada juga fanspage facebook. Untuk pemasaran via Facebook, sebaiknya gunakanlah fanspage jangan Facebook personal.Agar nantinya pemasaran yang anda lakukan lebih dahsyat dan efektif.

Mengapa harus menggunakan Facebook fanspage? Hal ini dikarenakan Facebook personal memiliki kelemahan yaitu terbatasnya teman atau target yang bisa kita ajak pertemanan yaitu hanya 5000 atau bahkan kurang dari itu. Berbeda dengan Facebook fanspage, dengan facebook fanspage kita bisa menampung likers dengan jumlah yang tidak terbatas, sehingga seringkali akun merek atau public figure di facebook fanspage memiliki jumlah like mencapai jutaan. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi pebisnis dalam mempromosikan produknya nanti.


Jadi jika anda belum mempunyai fanspage facebook untuk marketing atau strategi pemasaran, sebaiknya bangunlah fanspage anda sedini mungkin, bangun sebisa mungkin dengan cara - cara yang baik dan original, sehingga likers yang anda dapatkan adalah orang yang memang benar-benar tertarik dengan produk anda dan menjadi prospek yang lebih potensial untuk bisnis anda.


2. Buatlah  Perencanaan Konten Facebook Yang Menarik

Salah satu Tips penting untuk memaksimalkan Facebook sebagai strategi marketing adalah dengan membuat perencanaan konten yang menarik. Konten yang terencana dapat membantu pemasar atau pebisnis untuk menentukan kemana arah strategi konten pemasaran yang akan dilakukan melalui Facebook fanspage tersebut. Beberapa contoh perencanaan konten tsb. adalah bisa berisi mengenai kapan status akan di posting dan apa isi statusnya.

Misalnya waktu kapan anda harus melakukan update, atur jadwal jam berapa dimana orang atau target anda banyak melakukan aktivitas di facebook, misal jam pulang sekolah, atau jam istirahat, persiapkan waktu - waktu padat tersebut untuk mendapatkan jumlah respon yang lebih baik.

Persiapkan juga konten - konten yang menarik yang bisa membuat orang penasaran tentang postingan anda selanjutnya, misalnya anda menjual senter, lakukan posting atau buatlah konten tentang manfaat senter selain untuk menerangi kegelapan, misalnya untuk senjata beladiri atau untuk hal genting lainya yang mungkin tentu saja akan menarik perhatian pembaca sebelum anda benar -benar melakukan posting yang berisi penjualan produk anda.


3. Gunakan Fitur Keren Di Facebook Seperti Penjadwal Status Otomatis

Ada kalanya bagi seorang pebisnis mempunyai kesibukan yang mungkin tidak bisa untuk di tinggalkan, nagh jika anda tidak bisa ontime melakukan posting secara berkala sesuai jadwal yang telah anda tentukan, anda bisa saja menggunakan fitur yang telah disediakan Facebook. Fitur ini adalah fitur yang bisa menjadwalkan status anda secara otomatis.

Kita bisa menggunakan fitur update status terjadwal ini untuk memudahkan dalam melakuka update status di Facebook secara berkala ssaat kita tengah di landa kesibukan.


4. Fokus Untuk Menambah Jumlah Like


Fokuslah untuk menambah jumlah like. Jumlah like adalah jumlah prospek atau calon konsumen kita. Semakin besar jumlah like yang kita miliki di facebook fanspage kita tentu akan semakin besar peluang calon pembeli kita. Buatlah target dengan jumlah like yang ingin kita peroleh, kemudian jangan lupa lakukan juga monitoring untuk memastikan target yang kita buat dapat tercapai setiap hari atau setiap minggu,
                                                                                 

5. Manfaatkan  Facebook Ads Untuk Menambah Jumlah Like Fanspage Anda

Bagaimana cara menambah jumlah like fanspage? Tentu caranya adalah dengan membuat konten yang menarik, kemudian agar anda memiliki jumlah like yang semakin banyak lakukan iklan pada facebook agar jumlah like lebih cepat bertambah banyak
Kita bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads dengan harga yang cukup terjangkau untuk meningkatkan jumlah likes  fanspage facebook kita. Facebook Ads ini juga sangat berguna untuk mengiklankan produk kita nantinya ke target atau market yang telah tersegmentasi misal wanita/pria, usia tertentu, lokasi tertentu, sehingga dalam melakukan promosi kia akan lebih efektif dan mendapatkan orderan yang lebih banyak.



6. Lakukan Percakapan Untuk Membangun Relasi

Jika kita membuat sebuah postingan yang menarik dan bermanfaat tentu akan seringsekali orang yang memberikan komentar, baik negatif maupun positif. Agar kita mendapatkan kepercayaan oleh calon pelanggan sekaligus melakukan pendekatan secara emosional, kita harus membalas komentar mereka, walau tidak semua di balas, cukup yang memiliki topik yang berbeda yang kita balas.


Balas komentar mereka dengan jarak waktu tertenu yang bertujuan untuk menyundul postingan kita agar seolah -olah postingan kita selalu ada dan semakin ramai.


7. Mulailah Untuk Jualan dengan Facebook

Jika fanspage anda sudah di banjiri para likers, cobalah untuk memulai penjualan dengan santai dan penuh kegembiraan. Caranya adalah sediakan strategi promo yang bisa membuat para calon pelanggan tertarik walau hanya dalam hitungan detik. Kenapa harus dalam hitungan detik? karena dalam facebook tentu setiap detik pun banyak yang melakukan posting, jika kita kalah dalam strategi ini maka postingan kita bisa terkubur dalam dan tidak timbul kembali.


Buat penjualan semenarik mungkin dengan berbagai promo, misalkan promo diskon 50% untuk pembelian hari ini, atau promo menarik lainya.


8. Lakukan Strategi Pemasaran Melalui Facebook dengan Konsisten

Salah satu hal yang terpenting dalam melakukan strategi pemasaran dengan facebook adalah sikap konsisten kita memberikan postingan yang bermanfaat dan menarik, tentu hal ini untuk menjaga kestabilan jumlah likers. Jangan sampai karena kita jarang memberikan manfaat atau posingan yang menarik membuat likers anda kabur satu per sepuluh, hehe dan lama - lama habis.

Cobalah untuk rutin dan konsisten melakukan posting dan promo secara teratur, jika anda sibuk dan tidak bisa menghandle semua pekerjaan tersebut, anda bisa membayar orang untuk melakukanya untuk anda. 


9. Lakukan Pengukuran Efektivitas Dari FansPage Anda (Measurement)

Hal yang tidak boleh dilupakan dalam melakukan strategi marketing melaui facebook fanspage adalah perlunya melakukan pengukuran secara rutin, Banyak fitur dari facebook yang bisa kia manfaatkan untuk mengukur ke efektiviatas sebuah fanspage, seperti fitur pengukuran (measurement), fitur ini dapat ditemukan di bagian kanan atas (view insight) dari tampilan fanspage anda. Cobalah lakukan dengan fitur ini, Pengukuran efektivitas ini sangat penting untuk evaluasi selama anda menggunakan facebook sebagai media promosi yang efektif dan dahsyat, sejauh mana efektivitas strategi pemasaran yang sudah anda lakukan melalui media sosial Facebook ini.

Beberapa pengukuran yang harus anda lakukan adalah pengukuran jumlah pertumbuhan fans, jumlah jangkauan (reach), viral, efektivitas status fanspage, serta peningkatan persebaran demografi seperti misalnya gender (pria/wanita), usia yang semakin banyak menyukai fanspage anda, atau lokasi dan daerah di mana dari mereka banyak yang menyukai fanspage anda. Itu artinya mereka lah yang tertarik dengan produk yang anda tawarkan.


Itulah ulasan singkat mengenai 9 Langkah Dan Strategi Pemasaran Efektif Yang di Lakukan Melalui Facebook. Jika saya teliti ternyata banyak juga yang bisa berhasil berbisnis online dengan bantuan facebook fanspage dan facebook ads, Walaupun sebagian mereka juga mengoptimalkan dengan Blog dan Toko Online. Namun untuk sebuah strategi pemasaran, menggunakan facebook adalah langakh yang tepat cepat dan efektif.yang sebaiknya segera anda lakukan untuk mengembangkan bisnis anda. Terimakasih, selamat mencoba dan  semoga bermanfaat.




Sumber : http://portalpengusaha,com
loading...