Seberapa Menguntungkan Bisnis Dropship Bagi Pemula? Bagaimana Strategi Agar Bisnis Dropship Sukses??

loading...
Seberapa Menguntungkan Bisnis Dropship Bagi Pemula? Bagaimana Strategi Agar Bisnis Dropship Sukses??

Sebelum melangkah jauh tentang analisa atau perhitung mengenai keuntungan dan seberapa menjanjikan nya bisnis dropship ini ada baiknya kita intip dulu apa siyh pengertian bisnis dropship ini, bagaimana prinsip dan sistem kerjanya? Bagaimana kita bisa mendapat keuntungan dari bisnis dropship ini, Dimana dan bagaimana kita bisa menjalankan bisnis dropship yang menggiurkan ini. Setelah itu baru kita analisa kelebihan dan kekurangan dari bisnis dropship ini, kemudian belanjut mengenai strategi yang harus kita jalankan untuk menghadapi persaingan bisnis yang kini tengah merajalela di kalangan masyarakat.
 

1. Pengertian Dropship

Baiklah mari kita mulai dari pengertian bisnis Dropship

Dropship adalah sebuah sistem dalam jual beli yang memungkinkan pihak penjual (dropshiper) untuk menawarkan atau menjual produk kepada para calon konsumen hanya dengan foto produk dengan tanpa ketersediaan produk di tangan penjual  / dropshiper, yang nantinya produk yang akan di perjual belikan akan di kirim dari suplier atau penjual pihak pertama yang memiliki stok produk.


2. Prinsip dan Sistem Kerja Dropship 

Pada bisnis dropship ini akan melibatkan setidaknya 3 pihak dalam melakukan jual beli.
* Pihak pertama sebagai penjual yang memuliki produk atau memiliki stok produk
* Pihak kedua sebagai dropshiper yang menawarkan produk kepada konsumen
* Pihak ketiga calon konsumen atau konsumen itu sendiri



Secara terperinci sistem dropship baisanya di lakukan dengan cara :

* Pihak pertama memiliki stok produk, Pihak kedua (Dropshiper) memiliki data dan foto dari produk kemudian menawarkan kepada pihak ketiga sebagai calon konsumen

* Calon kosumen berminat dan membeli produk kepada dropshiper dan melakukan transkasi atau setor uang kepada pihak keduan sebagai penawar atau dropshiper, kemudian pihak ke dua atau dropshiper melakukan transaksi kepada pihak pertama selaku pemilik produk atau stok produk, Kemudian Pihak pertama selaku pemilik stok produk mengirimkan produk kepada pihak ketiga atau konsumen dengan atas nama pihak ke dua atau dropship kepada konsumen.

Baca juga : Rahasia Meledakan Omset Penjualanmu Berlipat-Lipat Dengan Facebook Marketing Efektif dan Gratis

3.  Keuntungan Yang di Dapat Dari Dropship

Lalu bagaimana keuntungan sebagai dropship bisa di dapat?

Tentu dengan selisih harga yang di berikan pihak pertama atau selaku pemilik stok produk kepada pihak kedua atau dropshiper.

Contoh Kasus :
* Pihak pertama memiliki stok produk dengan harga 70 ribu per produknya. Pihak ke dua atau dropshiper menjual produk ke konsumen dengan harga 100 ribu per pcs.
* Kosnumen melakukan pembayaran kepada pihak dropshiper senilai 100 ribu rupiah untuk mendapatkan sebuah produk.
* Dropshiper melakukan pembayaran produk senilai 70 ribu untuk satu produk yang di pesan oleh konsumen kepada pihak pertama atau pemilik stok produk
Pihak Pertama mengirim produk pesanan ke konsumen atas nama pihak kedua atau dropshiper

Dalam contoh kasus ini pihak dropship akan memiliki selisih harga atau margin pada setiap produk yang berhasil ia jual kepada konsumen. Sehingga pihak ke dua atau dropship mendapat keuntungan. atau sesuai perjanjian dengan pihak pertama atau pemilik stok produk.


4. Kelebihan dan Kekurangan Dropship

Dropship adalah sebuah bisnis yang menyenangkan yang memiliki banyak keuntungan di dalam bisnis ini, namun meskipun banyaknya keuntungan dan kemudahan yang bisa kita peroleh dari bisnis dropship ini ternyata ada juga segelintir kekurangan apabila kita memilih dropship sebagai sistem yang kita jalankan untuk memulai usaha / bisnis. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Bisnis Drosphip:

* Kelebihan Sistem Dropship

- Modal Kecil
Dropship memiliki kelebihan dalam dunia usaha yang sering menjadi momok terbesar bagi pengusaha atau pebisnis tingkat pemula yaitu kecilnya pengadaan modal. Dengan sistem dropship kita tidak di wajibkan memiliki stok produk yang banyak yang memakan biaya modal besar, atau kita bisa memiliki beberapa saja produk yang akan kita tawarkan kepada calon konsumen untuk memberikan edukasi mengenai beberapa manfaat dan kelebihan produk yang akan kita tawarkan kepada calon konsumen kita. Sehingga kita bisa meminimalisir tingkat kerugian di langkah awal bisnis berjalan


- Lebih Praktis
Dropship memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan penjualan tanpa repot mengurusi ketersediaan barang / produk, pengemasan produk pengiriman dan hal lainya yang mungkin menjadi salah satu masalah besar bagi pebisnis pemula, Sehingga bisnis dropship ini bisa di katakan bisnis yang praktis dan efisien serta lebih ramah lingkungan karena tidak mengharuskan kita wira wiri mengirim barang maupun melakukan pengemasan produk.


- Lebih Variatif
Dengan tidak mewajibkannya stok produk dalam gudang kita maka hal itu tentu akan memberikan keuntungan tersendiri, yang salah satunya kita bisa memberikan penawaran produk dengan lebih variatif, dengan beberpa jenis produk yang berbeda misalnya, atau dengan variable produk yang serupa namun beda harga maupun berbeda detil spesifikasi dari produk tersebut. sehingga kita sebagai penjual bisa memberikan pilihan yang lebih banyak kepada calon konsumen mengenai produk yang kita tawarkan.

- Meminimalisir Kerugian  
Kerugian dalam berbisnis adalah sebuah faktor terbesar yang membuat para pengusaha atau pebisnis enggan memulai bisnis nya. namun berbeda dengan bisnis sistem dropship ini, dengan tidak wajibnya ketersediaan stok produk maka dana untuk pembelian modal bisa kita alihkan ke dana lainnya misalnya dana promosi atau keperluan lainya, sehingga secara tidak langsung hal ini akan meminimalisir volume dan tingkat kerugian kita. Apabila usaha yang di jalankan tidak sesuai dengan harapan.


* Kekurangan Sistem Dropship
Tiada gading yang tak retak, meskipun sistem dropship memiliki banyak kelebihan yang banyak di antaranya sangat menguntungkan para pebisnis pemula, ternyata ada juga beberapa kekurangan dari sistem dropship ini, sehingga jangan kaget jika mungkin anda akan lebih mempertibangkan menjalankan usaha dengan sistem ini. Beberapa kekurangan bisnis dengan sistem dropship ini di ataranya adalah :

- Keuntungan Yang di Dapat Reltif Lebih Kecil
Sebagian besar para pelaku dropship mengatakan jika keuntungan yang di dapat dari bisnis dropship ini atau menjualkan produk orang lain dengan modal foto dan data relatif kecil, relatif disini tidak berarti semua, hanya mungkin sebagian besar dan rata rata memang seperti itu, mengingat tugas dan pekerjaan kita hanya menawarkan produk saja. Namun hal ini tidak berlaku bagi semua pelaku dropship, ada saja para pelaku dropship yang mengaku mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Dalam hal ini lebih tergantung dari kebijakan pemilik produk atau pemilik stok produk dan perjanjian sebelum dropship melakukan tugasnya, jadi sebelum memilih suplier kita bisa memilih mereka yang mau memberikan keuntungan yang kita rasa pas dan sesuai dengan tugas kita yang tak kalah berat yaitu sebagai penjual langsung terhadap konsumen.

- Rawan Terkena Komplain dari Konsumen
Komplain terbanyak dari para konsumen biasanya dari lama nya pengiriman barang yang tak kunjung sampai, hal ini bisa di karenakan lamanya proses yang di lakukan suplier atau mungkin pihak pengiriman. jadi kita harus siapkan mental untuk mendapatkan kritikan pedas dari para konsumen, ada baiknya kita lebih berhati hati dalam memilih suplier, hendaklah lakukan kerja sama dengan suplier yang profesional dan telah berpengalaman.


- Info dan Detil Produk Kurang Update
Sebagai seorang dropshiper yang tidak secara langsung menangani produk, tentu kita tidak akan tahu persis bagaimana detil produk yang kita pasarkan, Tentu hal ini akan sebuah masalah baru yang mungkin timbul. Bisa saja konsumen kecewa karena mendapatkan produk yang tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan, atau berbeda dari gambar yang sebelumnya kita tawarkan, Oleh sebab itu sebaiknya kita percayakan suplier yang bisa dengan mudah kita jangkau dengan cepat, agar masalah tersebut bisa di minimalisir.


5. Strategi Dalam Menjalankan Bisnis Dengan Sistem Dropship

Setelah kita mengetahui beberapa detil tentang sistem dropship, maka seharusnya kita akan lebih tahu tentang perjalanan seorang dropshiper, mengenai apa yang akan di lalui dan apa yang akan di dapatkan, Oleh sebab itu sebelum benar - benar terjun ke dunia bisnis dropship ini ada baiknya kita membuat sebuah strategi untuk bisa lolos dari cobaan - cobaan yang biasanya mengintai para pelaku bisnis dropship ini,




Lalu kira - kira seperti apa gambaran mengenai Strategi Bisnis Dropship yang Sebainya kita Persiapkan??

Ini lah beberapa Strategi Dalam Menjalankan Bisnis Dropship :


* Pemilihan Suplier 
Langkah pertama sebelum memulai menjalankan bisnis dropship ini adalah pemilihan suplier. Suplier seperti apa yang hendaknya kita pilih sebagai stok produk kita? Tentu suplier yang memiliki integritas baik, memiliki kepercayaan, kejujuran dalam melakukan bisnis, mudah di hubungi, memiliki kebijakan yang sama - sama menguntungkan, dan memiliki produk berkualitas dengan harga bersaing. Alangkah lebih baik jika kita bisa menemukan suplier yang bsia kita datangi langsung atau dekat dengan tempat tinggal kita. sehingga jika terjadi masalah kita bisa dengan cepat selesaikan dengan baik.

* Pemilihan Produk
Salah satu faktor keberhasilan seorang penjual dalam menjual produknya adalah tentang bagaimana produk yang ia jual. JIka produk memiliki kualitas yang bagus, memiliki branding yang kuat, memiliki harga yang juga masih bersaing maka itu sudah menjadi pondasi yang cukup kokoh untuk membangun sebuah bisnis. Jika masih ragu tentang keadaan produk yang akan anda jual, anda bisa juga untuk memakai produk tersebut, jika anda secara langsung mengetahui produk tersebut saya yakin anda akan bisa lebih memberikan edukasi tentang keadaaan produk untuk di tawarkan kepada calon konsumen anda, semakin anda tahu banyak tentang produk yang akan anda jual, tentu akan memberikan gambarang mengenai penjelasan yang yang lebih jelas, menarik serta memikat para calon konsumen anda sehingga penjualan (closing) pun akan lebih mudah anda dapatkan.


* Strategi Pemasaran
Salah satu keuntungan pada bisnis dropship ini adalah anda bisa melakukan percobaaan percobaan tentang teknik penjualan yang anda miliki, lakukan trial dan eror, perbaiki kesalahan kesalahan, terus mengasah ilmu dari mulai pendekatan, edukasi tentang produk lalu memberikan info yang menarik tentang produk anda maka anda akan menjadi seorang penjual yang lebih di sukai calon konsumen daripada menjadi seorang penjual yang lansgung blak-blakan memberikan penawaran sebuah produk. Anda bisa memulai penjualan dengan memasarkan produk di sosial media, market place dan banyak cara lain yang bisa anda lakukan. Tentu asalkan anda tekun dan giat dalam melakukan penjualan dan penawaran, bukan hal sulit untuk mendapatkan penjualan pertama bagi seorang dropshiper yang selalu ingin belajar menjadi lebih baik.

Baca juga  ; Hati-Hati Gunakan Tools InsightZilla V.1.2 BAHAYA Bagi Toko Online Kamu,  Ini Solusinya!!

* Tingkatkan Pelayanan
Hampir semua pelanggan dan konsumen menyukai produk yang berkualitas dan harga yang bersaing, namun di sisi lain yang tak kalah penting dari semua itu adalah kualitas dari pelayanan penjualan. Banyak calon konsumen yang pada akhirnya mundur hanya karena tidak suka dengan sikap para penjual yang mungkin sedikit tidak mengenakan hati, dan tidak sedikit juga para konsumen atau buyer yang sebenarnya tidak berniat membeli namun karena rasa percaya mereka terhadap penjual yang meyakinkan dan menyenangkan sehingga membuat para buyer rela merogoh koceknya untuk membayar sebuah produk yang anda tawarkan. Nagh disini lah peran penjual dan moral kita sebagai pedagang di uji. Semakin kita bisa memberikan yang terbaik maka kita akan mendapatkan yang terbaik, entah itu penjualan atau hubungan dekat dengan para pelanggan.



Itulah beberapa ulasan mengenai dropship, pengertian dropship, kelebihan dan kekurangan bisnis dropship, hingga strategi agar kita sukses menjalankan bisnis dropship. Serta yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana menjadi seorang dropshiper yang baik. Semoga ulasan yang sedikit bisa bermanfaaat dan menambah wawasan anda mengenai salah satu bisnis menjanjikan dengan modal kecil ini. Terimakasih.

loading...