7 Strategi dan Keberhasilan Pokemon Go Yang Bisa Kita Terapkan Pada Bisnis Kita

7 Strategi dan Keberhasilan Pokemon Go Yang Bisa Kita Terapkan Pada Bisnis Kita

Semua pasti tahu tentang kabar booming nya permainan pokemon go ini, Di Indonesia khususnya, game pokemon go menjadi salah satu game laris dan favorit, meskipun di google play belum menyediakan aplikasi ini, Wow, kok bisa? ibarat kata bisnis belum iklan sudah banyak pelanggan datang, hmm maukah anda??


Bagi yang sudah pernah memainkan permainan ini, tentu tahu betapa serunya perminan ini, bagi yang belum mungkin akana da rasa penasaran tentang gimana si cara main pokemon ini. Ini lah salah satu atau beberapa faktor yang membuat game pokemon menjadi tenar, ada rasa penasaran, dan juga ada rasa menyenangkan karena game satu ini memiliki pengalaman berbeda dalam memainkan nya.

Lalu apa siy, yang membuat game pokemon go begitu berbeda sehingga banyak kalangan yang selalu ingin memainkan game baru ini. Pokemon Go merupakan salah satu permainan atau game untuk smartphone yang dalam permainannya ini akan membuat para pemainnya seolah-olah menjadi Pokemon trainer sungguhan di dunia nyata berkat fitur Augmented Reality tersebut.

Para pemain pokemon go dapat berkeliling di berbagai tempat untuk mencari dan menangkap Pokemon, dengan tampilan mirip GPS di dalam Smartphonnya. Mereka bisa mengumpulkan pokemon untuk sebanyak-banyaknya lalu bertarung melawan trainer lainnya di permainan ini, mengumpulkan item, menetaskan (hatch) telur Pokemon, dan beberapa vitur lainya. 

Baca Juga :  5 Karakter Yang Harus Di Miliki Pengusaha Sukses Menurut Bob Sadino

"Nintendo" sebuah nama game legenda ini adalah salah satu pemilik saham perusahaan yang memegang hak milik atas waralaba Pokemon. Menurutnya, pihaknya juga terkena dampak positif atas keberhasilan gae pokemon go tersebut. Saham Nintendo kini di perkirakan naik drastis, bahkan hingga mencapai lebih dari 30 persen dibandingkan beberapa tahun lalu sebelum permainan game yang telah dikembangkan Niantic ini meluncur ke publik.

Jay Broekman,  Selaku Managing Director situs pembanding produk keuangan di situsnya  HaloMoney,co.id, mengatakan bahwa kesuksesan atau keberhasilan game Pokémon GO juga ternyata dapat di cotoh, di tiru atau di aplikasikan untuk Anda yang akan atau sedang merintis bisnis anda sendiri.

“Salah satu kunci sukses dan keberhasilan dalam merintis bisnis maupun usaha adalah mengamati dan belajar dari bisnis lain yang telah lebih dulu meraih sukses, untuk mendapatkan jalan yang lebih mudah dan cepat meraih kesuksesan dalam bisnis Anda. Walaupun misalnya jenis bisnis yang sedang Anda jalani belum tentu sama dengan bisnis yang sedang anda tiru strateginya, Namun, setidaknya Anda tetap bisa meniru strategi atau langkah yang bisa membuat bisnis mereka sukses,” kata Jay.

7 Strategi dan Keberhasilan Pokemon Go Yang Bisa Kita Terapkan Pada Bisnis Kita



1. Inovasi dan Kreativitas Dalam Menjalankan Bisnis.


Salah satu hal yang mempengaruhi suksesnya Pokemon Go adalah fitur Augmented Reality yang begitu terasa berbeda dari game dan permainan lainya saat ini, yaitu fitur yang memanfaatkan lokasi di dunia nyata yang di padukan dengan dunia dalam permainan sehingga pemain bisa merasakan sensasi yang berbeda dan menyenangkan. Permainan ini “memaksa” Anda sebagai pemain untuk berkeliling ke berbagai tempat, yang di dalam permainan tersebut menunjukan ada item atau pokemon yang siap anda tangkap. Seru bukan??. Ini sangat berbeda dan menjadi pembeda dari kebanyakan permainan online yang pada umumnya bisa dimainkan tanpa perlu melangkah sedikit pun darii tempat  Anda berpijak.

Anda juga bisa menerapkan strategi ini dalam bisnis anda, buatlah bisnis yang sedang anda bangun dengan inovasi yang berbeda yang belum di miliki oleh pesaing anda dalam bisnis ini. Jika bisnis Anda di bidang kuliner buatlah menu yang berbeda yang bisa anda buta esperimen terlebih dahulu, Sebagaimana kesuksesan cappucino cincau dahulu. memadukan antara cincau dan minuman kopi yang sedap

2. Timing (Waktu) yang Pas Dalam Memulai Bisnis.


Perlu Anda sadari, permainan pokemon go justru di mainkan oleh orang2 dewasa, seumuran kira-kira 20an tahun dan keatas. Atau mereka yang tahun lahirnya di angka  90an. Itu artinya kemungkinan besar mereka adalah pengemar-penggemar film pokemon yang dahulunya sering di siarkan di televisi pada saat usia mereka masih kanak-kanak. Sehingga ada rasa lebih menyenangkan ketika mereka berburu pokemon seperti tokoh idola mereka di acara televisi tersebut. Ini adalah waktu atau timing yang menurut saya sangat pas. Bayangkan jika pokemon go rilis 20 tahun ke depan, yang saat ini tidak ada film tentang ini, yang di tahun mendatang mungkin anak2 tidak mengenal siapa itu pokemon, maka bisa jadi permainan ini tidak akan selaris sekarang..

Ini adalah salah satu strategi jitu dalam pemasaran atau marketing. Anda sangat bisa menerapkan dalam bisnis anda. Jika anda akan merintis usaha fashion, misalnya tentang baju muslim anda tentu akan lebih baik jika merintis di beberapa bulan sebelum Ramadhan tiba. Tentu hal ini akan lebih efisien bukan?? Setelah toko anda terkenal maka anda tidak begitu memerlukan strategi berat lainnya untuk mendapatkan pasar yang bagus.



3. Membuat Orang Penasaran Akan Bisnis Anda


Saya yakin sebagian besar pemain ini awalanya hanya penasaran dengan game pokemon go yang keren ini. Rasa penasaran di tambah rasa suka terhadap film yang dulunya memang bagus sehingga membuat orang lebih mudah untuk menginginkan game ini, meskipun mereka harus bersusah payah terlebih dahulu untuk mendapatkan game ini, karena belum tersedianya di play store atau google play.

Dalam Bisnis, kita juga harus memberikan rasa penasaran bagi para calon costumer kita, Paling tidak kita harus bisa menarik perhatian calon target pasar kita di awal peluncuran, Sehingga orang mau mencoba produk kita, Karena sebagian pengusaha yang gagal di awal juga seringkali di sebabkan ketidakberhasilan mereka mendatangkan pembeli di awal peluncuran bisnis yang mereka bangun, sehingga modal habis keuntungan tidak juga di dapatkan, pelanggan juga tak kunjung datang.


4. Mewujudkan Mimpi Konsumen Anda.


Salah satu faktor kesuksesan yang di raih oleh game Pokemon Go ini sangat erat kaitannya dengan waralaba induknya, yaitu "Pokemon", yang dulunya film ini sangat populer sejak tahun 1990-an. Waralaba tersebut diciptakan oleh Satoshi Tajiri dari Jepang. Dia mengawali memperkenalkan pokemon ini dari platform video game, yang kemudian berkembang ke ranah anime (film kartun Jepang), trading card game, mainan, dan sebagainya hingga pokemon terkenal ke penjuru dunia.

Nama "Pokemon (Pocket Monster)" memiliki tema tersendiri dalam kesuksesannya, tema yang bisa kita ambil dari sini adalah seorang Pokemon trainer yang betualang mengumpulkan berbagai jenis Pokemon dan menjadi seorang Pokemon Master.

Banyak penggemar waralaba tersebut yang kini telah tumbuh dewasa dan hingga kini masih “memendam rasa” imajinasi mereka untuk menjadi sebagai Pokemon trainer sungguhan. Permainan Pokemon Go kini sukses mewujudkan mimpi mereka di dunia nyata meskipun hanya melalui permainan yang setengah nyata sehingga membuat permainan pokemon gi ini memiliki banyak penggemar yang sangat antusias dalam memainkannya.


Anda tentu bisa mewujudkan impian impian konsumen anda, misalnya saja di jaman ini banyak pebisnis yang memilih menjadi seorang motivator atau bahkan pengajar yang siap membantu anda mewujudkan impian2 anda, Atau bisa juga iklan2 yang jika anda membeli suatu produk anda akan memiliki kesempatan memenangkan hadiah umrah, naik haji, mobil mewah dan lain sebagainya. Ini kan adalah salah satu strategi marketing yang mereka jalankan. Dan terbukti sukses bukan??

5. Menggunakan Inovasi dan Kreativitas Untuk Meningkatkan Popularitas Usaha / Bisnis.


Salah satu hal yang menarik yang juga menyebabkan suksesnya permainana Pokemon Go adalah fitur "Augmented Reality" yang cara kerjanya adalah memanfaatkan lokasi di dunia nyata untuk melakukan permainan ini. Game ini “memaksa” Anda sebagai pemain untuk pergi ke berbagai tempat yang bertujuan demi mengumpulkan item atau menangkap Pokemon demi pokemon. Konsep ini sangat berbeda dari kebanyakan game yang pada umumnya bisa dimainkan tanpa perlu repot-repot melangkah sedikit pun dari tempat anda berpijak.

Inovasi yang di kembangkan dalam permainan pokemon Go ini membuat game ini menjadi salah satu game yang sangat sukses dengan peluncuran yang belum lama ini, melebihi popularitas game Ingress. Game tersebut juga dibuat oleh Niantic dengan konsep dasar yang serupa. Namun, di dalam game pokemon Go tidak hanya mengandalkan unsur kreatif, melainkan kreatif yang di kawinkan dengan fitur inovatif tersebut dengan waralaba Pokemon yang telah memiliki banyak penggemar dan memang telah tenar, terbukti lebih ampuh dalam mendongkrak kesuksesan Pokemon Go.


6. Dengarkan Suara Konsumen Dalam mengembangkan Bisnis


Niantic,pihaknya sebelum meluncurkan game Pokemon Go, juga telah melakukan jajak pendapat atau polling terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar keinginan calon konsumen terhadap game yang akan ia buat. Yaitu dengan menggelar beta test terhadap sejumlah calon konsumennya di beberapa negara yang di antaranya adalah Jepang, Amerika, Australia, dan Selandia Baru. Mereka dengan lapang dada mendengarkan berbagai keluh kesah, kritik dan saran maupun kekurangan di game tersebut dan akhirnya memolesnya sebelum resmi diluncurkan ke publik.

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga harus mau mendengarkan suara konsumen Anda. Cobalah untuk mencari tahu apa yang menurut mereka kurang dari produk atau pelayanan dalam bisnis Anda, apa saja yang seharusnya bisa dikembangkan lebih lanjut, lalu apa yang menjadi kelebihan produk bisnis Anda untuk tetap dipertahankan dan di kembangkan agar menjadi lebih kokoh dalam menghadapi persaingan dalam bisnis.


7. Jangan Berhenti Mengembangkan Bisnis


Dalam berbagai wawancara, CEO Niantic John Hanke mengungkapkan bahwa game Pokemon Go ini akan terus berkembang untuk bisa memenuhi kebutuhan para pemainnya. Banyak inovasi dan berbagai fitur game yaang akan mereka kembangkan lebih lanjut, tentu demi kepuasan pemain dan tentu agar permainan ini tidak membosankan terlebih jika level sudah mentok.

Sebagai pemilik bisnis, tentu Anda tidak boleh merasa puas diri dan berhenti begitu saja di tengah jalan yang tengah ramai lancar. Sebagai pemilik bisnis anda juga harus brfikir bahwa manusia pada umumnya memiliki rasa bosan dan jenuh, Tangkal rasa jenuh yang mungkin pelanggan anda rasakan dengan inovasi yang seharusnya anda selalu kembangkan untuk menjadi usaha atau bisnis yang terus maju dan exis walau berganti zaman..

Baca Juga : Kisah Sukses Pendiri KFC, Dari Penolakan Berujung Kesuksesan. Apa Rahasianya?

Itu lah ulasan mengenai 7 Strategi dan Keberhasilan Pokemon Go Yang Bisa Kita Terapkan Pada Bisnis Kita. Sebagai pebisnis kita memang harus memiliki banyak telinga agar mau mendengar saran dan kritik orang lain, mau melakukan inovasi - inovasi yang terbukti telah mensukseskan banyak pebisnis dan pengusaha di luar sana. Jangan terlalu kaku untuk menjalankan sesuatu yang belum tentu di terima baik oleh pasar. Anda tentu akan merasa lebih nyaman dan tenang jika Anda bisa lebih banyak mendengar saran yang baik dari pelanggan dan mitra bisnis Anda.  Terimakasih.

loading...