10 Langkah Mudah Mewujudkan Mimpi Menjadi Seorang Pengusaha Sukses

10 Langkah  Mudah Mewujudkan Mimpi Menjadi Seorang Pengusaha Sukses


Menjadi seorang pengusaha/entrepreneur bukanlah perkara yang mudah. Menjadi seorang pengusaha yang sukses ibarat sebuah tujuan, yang dalam perjalanannya kita di tuntut untuk terus berjalan dan fokus ke tempat tujuan kita, meskipun banyak rintangan dan halangan yang siap menghadang.

Meskipun begitu, ada banyak jalan yang bisa Anda tempuh apabila Anda ingin menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha yang sukses. Beberapa jalan yang bisa Anda tempuh adalah dengan cara belajar dari yang lebih dulu terjun ke dunia usaha, Anda juga bisa mengikuti seminar-seminar yang membahas soal entrepreneurship., Atau ada opsi terakhir yaitu belajar sendiri alias otodidak

Baca juga : Kiat Sukses Berdagang dan Berbisnis Ala Rasulullah

Ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan untuk menjadi seorang entrepreneur sejati, bukan hanya niat dan tekad yang kuat saja yang Anda besarkan. Namun ada lebih banyak lagi cara dan modal yang bisa Anda dilakukan agar mimpi Anda menjadi seorang entrepreneur sejati yang sukses bisa segera terwujud. Apa saja itu? Inilah 10 daftar yang harus anda persiapkan jika anda ingin segera mewujudkan mimpi menjadi seorang entrepreneur sejati yang sukses.

1. Produktif
Seorang Entrepreneur sejati harus memiliki sifat dan sikap yang produktif, karena bisnis yang hendak Anda dijalankan adalah berdasarkan gagasan Anda sendiri. Dan Anda adalah pemeran utama dalam membangun dan menjalankan bisnis tersebut. Oleh sebab itu Menjadi pribadi yang produktif sangat di perlukan agar bisnis yang nanti Anda bangun bisa lebih cepat berkembang dan tidak terhenti di tengah jalan. Anda bisa  memulai hal itu dengan menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai bisnis apa saja yang sedang berkembang, ilmu yang harus di terapkan dan berkaitan dengan bisnis Anda nantinya.

2. Membatasi waktu
Waktu yang paling produktif biasanya terjadi di pagi hari. Apalagi jika pada waktu tersebut pikirannya sudah lebih tenang dan perut juga sudah terisi, sehingga konsentrasi bisa lebih dokus untuk mendapatkan gagasan maupun ide untuk mengembangkan bisnis Anda. Untuk itu, cobalah batasi waktu santai Anda di pagi hari, Atur aktivitas anda di waktu produktif tersebut dengan sebaik mungkin. Optimalkan waktu produktif Anda di pagi hari untuk melakukan sesuatu yang inovatif untuk merancang bisnis Anda aga lebih ciamik.

3. Visualisasi diri
Coba untuk memvisualisasikan hal-hal yang ingin Anda lakukan tehadap bisnis Anda ke depan. Pejamkan mata selama 30 detik dan bayangkan hal-hal inovatif apa saja yang hendak diwujudkan pada hari itu untuk bisnis Anda. Bila anda adalah seorang pelupa, catat dengan catatan kecil dan simpan secara rapi. Jika rutin dilakukan, Anda akan memiliki banyak keinginan dan minat yang lebih kuat untuk segera membangun usaha Anda dan Anda akan lebih bersemangat untuk mencari tahu bagaimana cara untuk mewujudkannya.

4. Fokus
Cara selanjutnya dalam mewujudkan mimpi menjadi seorang entrepreneur sejati yang sukses ialah fokus pada tujuan bisnis yang hendak dijalankan. Ketika Anda sudah mulai fokus dan tertuju pada satu bidang bisnis, maka Anda pastinya akan berusaha untuk segera mewujudkan mimpi tersebut. Dan perlahan segera membangun bisnis Anda dari nol.

5. Perluas Jaringan
Salah satu faktor yang juga menjadi penentu dalam keberhasilan Anda sebagai seorang entrepreneur adalah jaringan yang luas. Jaringan yang luas ini nantinya akan membawa Anda pada tingkat bisnis yang lebih tinggi dan lebih siap, sehingga Anda perlahan-lahan bisa membangun bisnis Anda sendiri dengan bantuan jaringan Anda yang lusa tersebut. Mulailah untuk menghubungi teman-teman Anda, lakukan silaturahmi, perluas jaringan bisnis yang Anda miliki melalui sosial medi, e-mail atau pesan singkat dan ajaklah untuk bertemu secara agar Anda bisa berbagi pengalamn, ilmu dan memperoleh banyak informasi mengenai bisnis.

6. Evaluasi
Setiap sebelum Anda mengakhiri hari Anda di malam hari, cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap diri Anda sendiri. Apakah dari bisnis yang hendak Anda dijalankan, Anda menemui masalah? atau adakah kekurangan yang belum bisa Anda capai, Atau hal apa yang sekiranya harus segera dilakukan esok hari agar bisnis ini bsesegera mungkin bisa berjalan dengan baik. JIka Anda tidak juga bisa mengatasi masalah tersebut, Anda bisa segera melakukan komunikasi dengan rekan bisnis Anda atau Orang yang di rasa tepat untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

7. Punya Komitmen
Binsi ibarat sebuah bangunan, jika Anda memiliki rasa komit yang tinggi maka bangunan itu akn kokoh, namun jika Anda seorang yang mudah menyerah maka bangunan tersebut tentu akan menjadi rapuh. Ketika Anda terjun dalam dunia usaha, memiliki komitmen untuk serius di dalamnya adalah kewajiban. Komitmen ini menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan bisnis sendiri. Kendala atau masalah tentunya akan sering Anda temui dalam menjalankan sebuah bisnis, namun itu adalah bagian dari perjalanan dari sebuah bisnis Anda. Ujian nyata adalah bagaimana Anda menjadi orang yang sabar dan terus ulet dalam menangani kendala tersebut.

8. Inovatif dan Kreatif
Inovasi dan kreatifitas dalam berbisnis adalah nyawa dalam berbisnis, terlebih di jaman yang serba canggih ini, di setiap bidang atau jenis binsis tentu Anda akan menemukan kendala dan persaingan yang sungguh sangat ketat, Jadi dengan selalu memberikan inovasi dan kreatifitas pada bisnis yang sedang Anda jalankan itu berarti Anda sedang terus membangun kerajaan bisnis Anda agar semakin kokoh menghadapi persaingan dan terus bertahan menjadi bisnis yang tumbuh dan berkembang.

9. Temukan Target Pasar

Salah satu faktor penting dalam keberhasilan sebuah bisnis dan usaha adalah tepat nya sasaran dalam menentukan target pasar. Jika Anda memasarkan produk ke target yang tepat, maka tanpa susah payah pun Anda akan bisa melakukan closing, atau penjualan. Namun jika target pasar yang Anda ambil salah, kemungkinan promosi dan produk ampuh pun belum tentu bisa memberikan keuntungan banyak pada bsinis Anda. Anda bisa menyesuaikan produk dengan pasar yang ada, atau tetap dengan produk Anda dan mencari pasar yang lebih cocok untuk produk Anda sebelum melakukan promosi.

10. Tangkap peluang
Cara terakhir dalam langkah untuk mewujudkan mimpi Anda jadi seorang entrepreneur sejati yang sukses adalah menangkap setiap pokemon peluang dan kesempatan emas yang datang.Meskipun terkadang hal ini menjadi hal tersulit dari serangkaian perwujudan menjadi seorang entrepreuner. Paling tidak anda harus terus mengamati apa yang menjadi masalah terbesar dalam kehidupan Anda dan di lingkungan Anda, Bisa jadi itu adalah peluang yang sangat besar bagi Anda. Misalnya masalah yang sering terjadi di lingkungan Anda adalah seringnya terjadi kemarau panjang, maka anda bisa membuat sebuah usaha pengisian galon, atau air mineral lainya.


Nagh itulah pembahsana mengenai 10 Langkah Mudah Mewujudkan Mimpi Menjadi Seorang Pengusaha Sukses. Memang dalam menempuh perjalanan menuju kesuksesan bukanlah hal yang mudah, butuh keberanian untuk mencoba dan terjun ke dunia usaha, butuh pengorbanan mental dan modal dalam membangun bisnis tersebut, Namun alangkah baiknya sebelum benar-benar terjuan Anda belajar, bergabung kepada rekan Anda yang sudah terlebih dulu menjalankan sebuah usaha yang sukses, agar setidaknya Anda mengetahui gambarang langusng di lapangan, masalah yang kerap terjadi dan bagaimana mengatasi hal tersebut.


loading...