Mengejutkan, Setelah di Hitung, Ternyata Ternak Ikan Lele Menggiurkan Banget Yah,,

Mengejutkan, Setelah di Hitung, Ternyata Ternak Ikan Lele Menggiurkan Banget Yah,,

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak di budidayakan di berbagai kalangan masyarakat Indonesia di berbagai penjuru. Siapa siy yang gak kenal sama ikan berkumis satu ini, pasti semua tahu kan, nagh itulah salah satu yang menjadi dasar betapa banyaknya orang yang memiliki minat di bisnis budidaya ini, karena jenis ikan ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat.

http://www.ambyaberbagi.com/2016/08/budidaya-ikan-lele-menggiurkan-menjanjikan-2016.html

Jika Anda tinggal di daerah kota atau pinggiran kota, tentu akan Anda jumpai betapa banyaknya penjual "pecel lele"  yang tentu saja hal ini membuat pemasaran jenis ikan berkumis dengan sebutan lele juga termasuk mudah. Itu artinya bisnis ternak atau budidaya ikan lele di Indonesia msaih sangat menjanjikan dan menggiurkan, mengingat banyak nya permintaan akan ikan lele ini.

Jika Anda setuju dengan mudahnya pasar dari ikan lele, mungkin Anda masih belum yakin tentang seberapa besar siy potensi keberhasilan dan keuntungan ternak atau budidaya ikan lele. Nagh untuk menjawab pertanyaan Anda di atas, maka pada kesempatan kali ini mari kita sama-sama hitung dan Analisa tentang perencanaan budidaya ikan lele hingga masa panen ikan berkumis ini lalu kita hitung seberapa potensialkah ternak lele di tahun 2016 ini.

Baca juga : Bisnis Budidaya Ikan Patin Sangat Menguntungkan Dengan Kolam Terpal


A.  Latar Belakang Ketertarikan Budidaya / Ternak Ikan Lele


Apa si yang melatarbelakangi Anda sehingga Anda tertarik untuk terjun di dunia budidaya ikan lele ini, kenapa tidak budidaya ikan arwana saja yang harha jualnya jauh di atas ikan lele? Kenapa tidak ikan jeis lainya? Berikut adalah daftar mengenai keuntungan yang di dapat jika kita beternak ikan lele. Diantaranya adalah :

1.  Padat Tebar Tinggi
Ikan lele dapat dibudidayakan di lahan dan sumber air yang terbatas. Karena lele sangkuriang ini mampu tetap hidup dengan lingkungan yang padat, atau bahasa dalam budidaya sering di sebut Padat Tebar Tinggi. Bahkan saking padatnya kita bisa memelihara benih ikan lele lebih dari 2000 per m3 (Meter kubik) Sehingga kita bisa memnafaatkan lahan yang sempit untuk bisa di optimalkan sebagai lahan penghasil uang.

2. Lebih Mudah Di Jalankan
Teknologi budidaya ikan lele ini relatif mudah, tidak seperti jenis ikan lainya apalagi jenis ikan hias, meskipun harga jualnya bisa sangat menggiurkan, namun teknologi dalam menjalankan budidaya jauh berbeda sehingga faktor sumber modal dan pengetahuan bisa mempengaruhi akan hasil yang di dapatkan ketika panen.

3. Pemasarannya Relatif Mudah
Sebagaimana pembahasan awal di atas, ikan lele sudah sangat familiar di berbagai kalangan masyarakat, pengusaha kuliner dengan bahan baku ikan lele pun cukup menjamur di berbagai kota, sehingga pemasaran yang nantinya kita jalankan akan relatif lebih mudah, tentu asalkan kita memiliki nilai plus dalam melakukan pemasaran ini, seperti kualitas lele yang bagus atau harganya yang bersahabat.
 
4. Sumber Modal Usaha Relatif Rendah.
JIka kita melihat ke 3 latar belakang ketertarikan budidaya ikan lele di atas, maka kita akan dapat meyimpulkan jika beternak lele atau budidaya ikan lele bisa menggunakan sumber modal yang relatif kecil atau tidak terlalu besar. Oleh karena itu hal ini akan sangat cocok bagi para pemula yang baru akan terjun ke dunia wirausaha atau ingin menjadi seorang Entrepreneur.


B. Sekilas Tentang Pengetahuan Kolam / Air Untuk Budidaya Ikan Lele


Agar kita bisa mendapatkan hasil panen ikan lele yang maksimal, tentu kita juga harus memperhatikan lingkungan kolam atau Air sebagai sumber kehidupan untuk si ikan lele ini. Meskipun ikan lele termasuk ikan yang tidak mudah setres, namun akan lebih baik jika kita memberikan kualitas air yang baik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Untuk mendapatkan
kualitas air yang baik untuk pembudidayaan ikan lele .

Parameter kualitas air yang baik untuk pemeliharaan ikan lele sangkuriang adalah sebagai berikut:
a. Suhu air yang ideal untuk pertumbuhan ikan lele berkisar antara 22-32°C. Suhu air akan mempengaruhi laju pertumbuhan, laju metabolisme ikan dan napsu makan ikan serta kelarutan oksigen dalam air.
b. pH air yang ideal berkisar antara 6-9.
c. Oksigen terlarut di dalam air harus > 1 mg/l.

 

C. Pembesaran Ikan Lele :

Setelah kita bahas mengenai latar belakang ketertarikan atau minat tentang budidaya ikan lele, lalu di lanjutkan pengetahuan singkat mengenai kualitas maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaiana cara pembesaran ikan lele agar bisa mendapatkan hasil panen yang optimal.
Langkah-langkah pembesaran ikan lele adalah sebagai berikut :
 
1. Menebarkan kapur ke dalam kolam ikaan lele yang tujuannya adalah untuk memberantas hama maupun penyakit serta memperbaiki kualitas tanah agar lebih subur dan cocok untuk kelangungan hidup sang lele. Dosis yang dianjurkan adalah 20-200 gram/m2,

2. Dibuatkan perlindungan kolam ikan lele, Bahanya bisa Anda gunakan dari peralon

3. Pemupukan kolam ikan dengan kotoran ternak ayam, jumlahnya yaitu berkisar antara 500-700 gram/m2. Jadi Anda haru hitung dulu berapa keperluan untuk kolam lele Anda

4. Kolam dibiarkan kurang lebih selama7 (tujuh) hari, hal ini  bertujuan untuk memberi kesempatan tumbuhnya makanan alami bagi ikan lele nantinya.

5. Penebaran benih ikan lele sebaiknya dilakukan di waktu pagi atau sore hari atau bisa juga pada saat udara sedang tidak panas

6. Jumlah benih ikan lele yang ditebar di anjurkan kurang lebih 50 ekor/m2 dengan benik ikan lele yang berukuran sekitar 5 sampai 8 cm.

7. Selain makanan alami, kita bisa mempercepat pertumbuhan ikan lele, namun dengan begitu kita perlu memberikan makanan tambahan berupa pellet. Jumlah makanan atau pellet yang diberikan sebanyak 2-5% perhari dari berat total ikan

8. Pakan ikan lele dapat diberikan 2 sampai 3 kali sehari, atau Anda bisa memberikan pakan ketika pagi dan sore / malam hari

9. Anda juga bisa membuat pakan buatan untuk ikan lele. Dengan komposisi makanan yang dapat dibuat dari campuran dedak halus di campur dengan ikan rucah dengan perbandingan 1:9 atau Anda juga bisa mencampurkan dedak halus, di tambah bekatul, tambah jagung, dan cincangan bekicot dengan perbandingan 2:1:1:1 campuran tersebut bisa dibuat dalam bentuk pellet.

10.  Setelah 3 bulan lamanya dalam melakukan pembesaran, maka kita akan mendapatkan ikan lele yang cukup besar dan telah mencapai berat 200 - 250 gram per ekor dengan panjang 15 - 20 cm


D. Analisa Usaha Pembesaran Ikan Lele


Setelah kita mengetahui beragam ilmu tentang budidaya pembesaran ikan lele, tentu hal yang paling membuat Anda tidak sabar adalah bagaimana hasil hitung-hitungan nya? Seberapa menguntungkan si budidaya ikan lele ini? Baiklah mari kita hitung atau analisa usaha pembesaran ikan lele secara bersama-sama. Saya akan mencontohkan pembesaran ikan lele dengan ukuran kolam 500m

Analisa Keuntungan Budidaya Ikan Lele Dengan Kolam Berukuran 500 meter

1. Investasi

a. Sewa lahan 1 tahun @ Rp 750.000,- = Rp1.000.000,-

b. Persiapan kolam = Rp 500.000,-

c. Total  =Rp 1.500.000,-


2. Biaya Tetap

a. Perbaikan kolam  Rp 1.000.000,-/1 thn = Rp 1.000.000,-

b. Perbaikan saluran air = Rp 500.000,-

c. Total Rp 1.500.000,-


3. Biaya Variabel

a. Pakan pellet dan buatan = Rp 20.000.000,-

b. Benih ukuran 5-8 cm  à 25.000 ekor @ Rp 200,- = Rp 5.000.000,-

c. Obat-obatan 6 unit @ Rp 1000.000,- = Rp 600.000,-

d. Alat perikanan 2 paket @ Rp 200.000,- = Rp 400.000,-

e. Total Biaya = Rp 26.000.000,  + Rp 2.600.000 (Toleransi 10%) = Rp 28.600.000


4.  Biaya Total Pembesaran

Biaya Tetap + Biaya Variabel =

Rp. 1.500.000,- + Rp 28.600.000,- = Rp 30.100.000,-


5. Produksi / Penjualan Hasil Panen 

Dari total jumlah 25.000 ekor ikan lele, di perkirakan hidup sampai besar sekitar 20.000 ekor, dikalikan berat rata2 ikan misal 200gram per ekor = 4000kg kemudian di kalikan harga jual ikan lele ke pengepul yang saat ini tahun 2016 sekitar 15.000 rupiah per kg. maka akan di dapatkan nilai:

4000 kg x Rp 15.000/kg = Rp. 60.000.000,-


6. Pendapatan  Produksi - (Biaya tetap + Variabel)

Nagh setelah kita mengetahui perkiraan penjualan ikan lele, maka untuk mengetahui nilai keuntungan yang di dapat adalah dengan mengurangi hasil penjualan di kurangi dengan modal dana yang di keluarkan pada saat pembesaran ikan lele maka akan di dapatkan :

Rp 60.000.000 -  Rp 30.100.000, = Rp 29.900.000


Wow, mengejutkan sekali bukan, tapi itu hanyalah sebuah ilustrasi perhitungan yang di sesuaikan dengan rata-rata biaya operasional dan penjualan ikan lele.dengan cara atau startegi tertentu yaitu penghematan pembiayaan pakan lele dengan menggunakan pakan buatan sendiri. Tentu hasilnya akan sangat berbeda tergantung dari tempat / lokasi maupun keberhasilan saat pembesaran. Memang kita akan mendapatkan hasil yang besar jika kita membudidayakan ikan lele dengan jumlah yang cukup besar. Namun jika Anda masih dalam tahap mencoba ada baiknya Anda lakukan dengan kapasitas yang tidak sebesar itu, untuk mengetahui lebih pasti seberapa besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya. Terimakasih sudah berkunjung di Ambyaberbagi.com dan telah membaca Mengejutkan, Setelah di Hitung, Ternyata Ternak Ikan Lele Menggiurkan Banget Yah,, Semoga bermanfaat


Jika Anda tertarik ingin segera membudidayakan ikan lele jenis sangkuriang, maka Anda bisa mempelajari ulasan lebih lengkap melalui => Panduan Ternak Lele

Ini adalah e-book  preium. Di sini Anda akan di jelaskan tahap demi tahap Cara Terbaik Budidaya Ikan Lele, lebih detil dan tentu lebih lengkap sehingga Anda akan lebih mudah mendapatkan keuntungan lebih banyak dari budidaya dengan menggunakan metode ini,  Bagi yang sudah tidak sabar segera download :

https://account.ratakan.com/aff/go/choluoxy?i=954

Kabar gembira...!! Untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia Panduan Budidaya Lele Sangkuriang ini memberikan Potongan Harga untuk Anda!! Yaitu Diskon sebesar 71%. Wow amazing. Dan diskon ini hanya berlaku sampai dengan 18-Agustus 2016.

Kapan lagi Anda mendapatkan panduan cara terbaik budidaya lele dengan harga semurah itu?? Silahkan download dan pesan seperti biasa dan masukan KODE => MERDEKA71

Ayoo mumpung lagi diskon Besar.!!!





loading...