Hati-Hati Memilih dan Memasang Iklan, Kalau Tidak Ingin Trafik Blog Turun Drastis

 
Hati-Hati Memilih dan Memasang Iklan, Kalau Tidak Ingin Trafik Blog Turun Drastis - Sebagai blogger tentu ingin memiliki blog yang trafiknya selalu meningkat dan bermanfaat bagi dirinya maupun orang banyak. Setelah trafik bagus, memonetise blog adalah harapan yang sangat indah bagi para blogger. Satu pilihan yang paling mudah dan menghasilkan adalah memasang iklan di blog untuk bisa mendapatkan komisi dari penayangan iklan tersebut.

Lalu apa jadinya jika blog yang telah lama di bangun bertahun-tahun dan memiliki trafik yang lumayan bagus, tiba-tiba hilang / lenyap dan tidak terindex di mesin pencari seperti google dan lainnya bak di telan bumi?? Hanya karena salah dalam memilih iklan yang di pasang di blog. Hallo .. Apa kabar??

Ini adalah pengalaman pahit sekaligus pembelajaran buat blogger lainnya, bahwa kita sebagai publisher juga harus berhati-hati dalam memonetise blog. Menjadi publisher iklan adalah suatu pilihan yang baik, karena bisa mendatangkan komisi yang baik, namun memilih patner dalam hal ini iklan adalah suatu kewajiban bagi para blogger demi kelancaran blog dan karir Anda.

Iklan jenis pop, pop up, pop under, tab pop adalah jenis iklan yang sangat di sukai publisher. karena sistemnya yang cukup menguntungkan bagi kita para blogger. Iklan jenis ini memberikan komisi pada setiap tayangan atau impresi, atau lebih sering kita kenal dengan sebutan CPM (Cost Per Million) Sehingga kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara nya pengunjung bisa mengeklik iklan, karena iklan sudah pasti tayang ketika blog mucul.

Menggoda memang, menggiurkan memang, menjanjikan betul. tetapi di belakang sana ada sosok yang selalu menghantui para blogger yang memasang iklan jenis ini. yaitu masalah kesehatan blog itu sendiri.

Dalam hal ini Google mempunyai kebijakan, yang diantaranya mereka selalu ingin memberikan hasil pencarian yang terbaik untuk para pengunjung. Apa jadi nya jika pengunjung kecewa karena blog yang di tampilkan di search engine di halaman pertama justru memiliki iklan yang sangat mengganggu mereka. Contoh seperti iklan yang berlebihan di blog, iklan pop under yang muncul di belakang browser hingga pop tab yang megalihkan situs yang mereka kunjungi, yang seringkali bisa berbahaya dan membawa malware.

Iklan jenis ini jelas sangat tidak di sukai google dan para pengunjung. bahkan bisa saja google melenyapkan blog seperti ini dari search engine. yang artinya blog Anda akan hilang dari peredaran sehingga jika Anda mengandalkan trafik dari search engine maka bisa di pastkan trafik akan terjun bebas dan turun drasti hanya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Meskipun sebagai blogger kita bisa mengajukan banding atas kesalahan ini, namun tentu saja tidak semudah itu kita bisa membalikan trafik dalam waktu singkat. google memerlukan waktu hingga beberapa minggu untuk meninjau kembali situs/blog yang telah di perbaiki untuk kembali muncul di peredaran search engine nya.

Pusing, sedih, jelas. Namun ada hal yang lebih baik dari itu yaitu suatu pembelajaran baru. Bahwa kita tidak boleh mementingkan keinginan kita semata. Sebagai blogger kita juga harus mempertimbangkan aspek luar pendukung, seperti search engine, dan para pengunjung agar mereka menyukai situs yang kita buat.

Akhirnya saya meminta maaf kepada para pengunjung yang jika beberapa hari yang lalu menemukan iklan jenis ini pada ambyaberbagi.com saya akui kesalahan saya dan mulai hari ini saya akan memperbaiki diri dan blog ini, mudah-mudahan bisa menjadi lebih baik. Bijk lah dalam memilih iklan jika ingin di pasang di blog, banyak cara memonetise blog yang lebih rapi dan lebih bermanfaat bagi banyak orang. Terimaksih.
loading...