Trik Menghemat Kuota Internet Dengan Beberapa Langkah Sederhana

 Trik Menghemat Kuota Internet Dengan Beberapa Langkah Sederhana 

 
Tidak di pungkiri, kecepatan internetan yang semakin membaik dengan hadirnya jaringan 4G membuat banyak orang ingin selalu menggunakan jaringan data internet untuk berbagai keperluan mereka. Namun sadarkah anda jika terkadang kita kehabisan kuota internet di waktu yang sangat tepat, di saat kita sangat membutuhkan data internet tersebut, dan seringkali kita bingung harus bagaimana, sedangkan kalender menunjukan tanggal yang sudah sangat tua renta sehingga tidak tega untuk membeli pulsa untuk menambah kuota data internet.

Baca juga : Cara Mempercepat Koneksi Internet XL 50% Lebih Cepat Dengan Modifikasi APN

Nagh untuk Anda yang sering mengalami kejadian seperti kronologi di atas, ada baiknya mulai saat ini kita lakukan penghematan kuota data internet, demi menjaga stabilitas kita dalam dunia maya agar bisa tetap exis.

Untuk penghematan kuota internet sebenarnya ada beberapa langkah singkat yang perlu kita biasakan sehai-hari agar Paket data kita selalu tersedia sampai waktu yang telah kita perkirakan atau kita inginkan, Mulai dari hal terkecil hal sepele dan mengurangi pemborosan-pemborosan yang justru seringkali membawa mudharat atau kerugian bagi kita.

Beberapa Trik Menghemat Kuota Internet Yang Terbukti Ampuh Adalah Sebagai Berikut :

1. Tidak mengaktifkan semua aplikasi media sosial pada smartphone

Bagi Anda yang menyukai aktivitas di media sosial, smartphone terkadang ter-install lebih dari dua jenis aplikasi media sosial yang  selalu aktif. Agar pemakaian paket data internet Anda bisa lebih hemat, sebaiknya jangan mengaktifkan data selama 24jam. Cukup aktifkan hanya ketika kita memerlukan  saja, sehingga tidak menyedot banyak kuota data dan kita bisa melakukan aktivitas lebih tenang tanpa terganggu nada-nada pemberitahuan sosial media yang terkadang tidak begitu penting.


2. Update aplikasi dan mengunduh file menggunakan fasilitas Wi-Fi

Banyaknya aplikasi yang terpasang pada smartphone Anda, memberikan konsekuensi untuk sering melakukan update beberapa aplikasi. Bahkan ada yang begitu sering frekuensinya diantaranya ada game favorit Clash Of Clans misalnya

Melakukan update aplikasi ini tentunya akan membutuhkan koneksi internet dengan menyedot banyak kuota.Agar bisa lebih hemat, jangan lakukan update menggunakan kuota data yang Anda miliki, melainkan gunakan fasilitas Wi-Fi yang ada di tempat-tempat yang menyediakan layanan gratis.Atau Anda juga bisa mensiasati dengan paket internet mid night yang biasanya memberikan kuota yang lebih berlimpah dan jarang bisa Anda gunakan


3. Memilih tipe paket data sesuai kebiasaan dan kebutuhan

Agar Anda dapat menghemat data, dalam membeli paket kuota data maka usahakan pilih tipe paket data yang sesuai dengan kebutuhan saja. Lebih baik manfaatkan fasilitas Wi-Fi semaksimal mungkin jika berada di tempat yang menyediakannya secara gratis.

Perlu juga mempelajari kapasitas penggunaan internet diri sendiri, agar Anda bisa menghemat kuota data. Hal ini cukup membantu ketika menentukan tipe paket yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Jadi jangan membeli paket data secara berlebihan jika memang pada saat itu Anda tidak begitu membutuhkannya
.

4. Menggunakan aplikasi peramban (browser) yang tepat

Aplikasi peramban (browser) seharusnya Anda pilih adalah yang bisa menghemat data. Bagi yang memiliki hobi browsing internet baik untuk membaca berita atau mengakses informasi, pasti seringkali menggunakan aplikasi browser ini. Agar lebih berhemat gunakan aplikasi browser yang secara otomatis bisa memblok iklan di laman yang dituju serta dapat mengaktifkan data saver pada saat browsing.


5. Memperhatikan kondisi jaringan sebelum memulai menggunakan internet

Kondisi jaringan internet yang baik akan dapat memperlancar arus informasi dan komunikasi. Sebelum menggunakan data internet,  Anda  bisa melihat kondisi jaringan yang sedang berjalan. Jika kondisi jaringan operator selular sedang baik maka akan mampu menghemat data dibandingkan dengan saat kondisi jaringan yang sedang buruk.


6. Mematikan paket data internet saat beristirahat

Saat Anda sedang tidur atau beristirahat, usahakan matikan konektifitas data operator selular yang berjalan pada smartphone. Selain untuk menghemat kuota data, hal akan lebih menyehatkan karena dapat mengurangi intensitas radio gelombang elektromagnetik dari sinyal internet yang ada.


7. Mengatur batas penggunaan paket data

Agar Anda bisa lebih mengontrol penggunaan kuota data dari kartu selular yang digunakan, akan lebih baik jika Anda melakukan pengaturan terhadap batas penggunaan paket data perbulan. Pengguna smartphone akan mendapatkan notifikasi sebagai peringatan jika paket data yang digunakan pada periode tertentu akan melewati batas maksimul sesuai settingan.


8. Mencari promo kuota internet murah

Nagh langkah terakhir ketika keperluan data Internet Anda memang besar, dan belum cukup hanya sekedar melalui penghematan data, maka saya sarankan untuk anda mencari promo atau kuota internet yang paling murah dan tetap berkualitas, Saat ini seiring sedang berlangsungnya promo jaringan 4G tentu sangat banyak operator yang memberikan promo menarik, seperti Telkom*el dan X* yang keduanya jika kita pelajari sedang ada banyak promo paket murah,


Nagh itulah beberapa trik sederhana menghemat kuota internet yang bisa Anda lakukan dari hal terkecil. Tapi jika memang tetap tidak bisa maka jalan keluarnya adalah mencari paket internet yang memang cocok bagi Anda, Manfaatkan promo-promo yang sedang berlangsung dan jangan sia-siakan penggunaan data internet anda, gunakanlah secara bijak.  Terimakasih.

loading...