Jangan Takut Wanita Hamil Juga Bisa Tetap Traveling!

loading...

Jangan Takut Wanita Hamil Juga Bisa Tetap Traveling!


Boleh tidak sih ibu hamil tetap traveling? Sebenarnya tidak ada aturan khusus yang melarang wanita hamil, namun sebelum traveling ada beberapa hal yang harus kamu waspadai dan sebaiknya memperhatikannya secara serius.

     Pahami Kondisi Kesehatan dan Kehamilan
Jadi sebelum kamu mencari tiket murah, alangkah baiknya kamu konsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan kamu. Pastikan kamu memahami betul kondisi kesehatanmu dan janinmu. Jangan sampai kamu melewatkan detail sekecil apa pun dari riwayat kehamilanmu.

Jika perlu, kamu juga bisa tulis dan cetak, lalu bawa selama traveling. Meski ini terlihat sepele, namun sangat penting untuk membantu kamu dalam membuat keputusan apabila kamu mengalami kendala kesehatan selama traveling.

Berikut ini beberapa komplikasi yang bisa menghalangi ibu hamil untuk melakukan traveling seperti:

-          Masalah pada leher rahim (serviks) ibu, seperti in kompetensi serviks, di mana leher rahim membuka atau menipis terlalu cepat sebelum waktu kelahiran
-          Perdarahan pada vagina
-          Kehamilan kembar
-          Diabetes gestasional
-          Tekanan darah tinggi
-          Preeklampsia
-          Masalah pada plasenta
-          Pernah mengalami keguguran
-          Pernah mengalami kehamilan ektopik
-          Pernah mengalami kelahiran prematur
-          Jika kamu berusia 35 tahun atau lebih dan ini merupakan kehamilan pertama kamu.

     Jangan Sampai Salah Memilih Waktu
Kamu sebaiknya tidak asal mencari tiket pesawat murah banget dan tidak memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk traveling.  Menentukan tanggal yang tepat sangat penting bagi ibu hamil, karena biasanya ibu hamil dilarang melakukan perjalanan yang cukup jauh dalam usia kandungan 12 minggu awal  dan setelah 36 minggu. 

Pasalnya pada usia tersebut sangat rawan bagi janin kamu, jadi jangan coba coba-coba karena telah mendapatkan tiket pesawat murah banget di Reservasi.com kamu memutuskan untuk  traveling pada fase tersebut sangat berbahaya.

Lalu kapan waktu yang aman bagi wanita hamil untuk traveling? Usia aman untuk traveling saat hamil adalah 14 minggu – 28 minggu. Namun terkadang setiap ibu hamil punya fase yang berbeda-beda, jadi untuk lebih meyakinkanmu lagi, konsultasikan hal ini pada dokter. Supaya dokter bisa menyarankan waktu dan persiapan terbaik untukmu, sesuai dengan riwayat kehamilanmu.

     Perhatikan Destinasi Traveling yang Dituju
Tentunya mencari tiket murah adalah hal penting, namun selain itu sebaiknya kamu mencari tahu lebih dalam destinasi yang ingin kamu tuju. Kamu bisa mencari tahu mulai dari kebersihannya, kenyamanannya, kesehatannya hingga lingkungan destinasimu. 

Sebaiknya kamu menghindari destinasi yang berpotensi menularkan penyakit, atau membawa virus, serta ha berbahaya lainnya bagi janinmu. Selain itu carilah informasi dari teman atau kerabat yang sudah pernah liburan ke sana. 

Berikut ini tujuan traveling yang sebaiknya kamu hindari:
-          Tempat yang tinggi: patokan berapa tinggi maksimal yang boleh dikunjungi ibu hamil masih samar-samar, namun ahli medis menemukan ketinggian 2.268 mdpl sudah berisiko.
-          Menyelam terlalu dalam: hal-hal berbau penyelaman seperti scuba diving memiliki risiko yang besar.
-          Hindari tempat yang berpotensi penyakit endemik: seperti daerah Afrika yang pernah terdapat kasus ebola, daerah rawan malaria, ataupun daerah potensi Zika yang kemarin sempat hits. Apabila diperlukan penyuntikan vaksin sebelum berangkat, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.
-          Pilih tempat yang tidak memerlukan perjalanan panjang: untuk menghindari kelelahan dan bengkak kaki selama perjalanan.
-          Hindari wisata penuh kontak, ekstrem dan meningkatkan suhu tubuh: seperti arung jeram, ski, base jumping, sauna, dll.

     Pilihlah Destinasi yang Tidak Terlalu Pelosok dan Memiliki Akomodasi yang Memadai
Tidak ada yang bisa memprediksi hal baik dan buruk yang akan terjadi saat traveling. Memilih penginapan yang dekat dengan rumah sakit ataupun klinik dokter bisa menjadi keputusan yang tepat, Sehingga nantinya jika hal yang tidak diinginkan terjadi kamu bisa mendapatkan bantun medis dengan segara.

     Jangan Melupakan Asupan Gizi Kamu
Menjadi asupan gizi yang cukup adalah hal penting yang harus wanita hamil lakukan saat traveling. Alangkah baiknya kamu membawa selalu camilan dan minuman yang cukup saat berlibur. Kalau perlu bawa juga vitamin yang bisa menjaga kondisi tubuh kamu.

     Ajak Pasangan atau Orang Terdekat
Kamu yang sedang hamil sebaiknya jangan pernah berpikir untuk melakukan solo traveling. Sebaiknya pergilah bersama orang terdekat, karena kamu butuh pendamping selama traveling agar tetap aman dan siap membantu kamu jika terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Adakah dari tips tadi yang menurutkan kamu masih kurang dan perlu ditambahkan? Jika iya, jangan ragu untuk menambahkannya pada kolom komentar di bawah ya. Atau kamu punya pengalaman langsung tentang traveling saat hamil, ceritakan juga pengalaman kamu di kolom komentar di bawah. Sharing is caring
loading...