Budidaya Ikan Mas Strategi | Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Mas

loading...
Budidaya Ikan Mas Strategi | Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Mas


Semua yang harus Anda ketahui tentang cara mempengaruhi laju pertumbuhan ikan mas Anda

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika secara pribadi mengendalikan tingkat pertumbuhan ikan mas Anda adalah bahwa tidak ada yang perlu dianggap enteng.

Faktanya, hal terbaik yang bisa dilakukan ikan mas terbesar untuk ikan mas Anda adalah merawatnya dan memberikan kehidupan terbaik yang Anda bisa untuknya, dan dia akan melakukan sisanya secara alami.

Hindari obat-obatan atau obat-obatan yang mengatakan itu untuk peningkatan ikan mas; kenyataannya adalah mereka berbahaya dan dapat menyebabkan penyakit dan kematian ikan mas Anda.

Ya, memang benar bahwa ikan mas (di antara sebagian besar spesies ikan lainnya) dapat terus tumbuh sampai mati, mengingat mereka diberikan persyaratan yang diperlukan untuk melakukannya.

Jika Anda benar-benar ingin ikan mas Anda tumbuh sebagaimana mestinya maka ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan yang tidak hanya aman, tetapi juga diperlukan untuk ikan mas sehat dalam ukuran berapa pun!

Mohon dicatat: Cara Mempercepat Pertumbuhan Ikan Mas

Hal nomor satu yang tidak boleh Anda lupakan selama proses ini adalah kesehatan dan kebahagiaan ikan Anda! Jika Anda mempertimbangkan metode apa pun yang dapat membahayakan kesehatan atau kebahagiaan ikan Anda, maka jangan lakukan itu! Ikan Anda layak hidup sehat dan bahagia terlepas dari ukurannya!

Memberikan diet yang tepat dapat memengaruhi tingkat pertumbuhan ikan mas Anda:

Banyak pemilik ikan mas tidak mengerti cara memberi makan ikan mas dengan benar. Mereka hanya membeli sebotol serpih ikan atau pelet ikan (biasanya apa pun yang termurah) dan menyediakan sejumput makanan sampai ikan mas mereka berhenti makan dan berenang menjauh.

"Metode" ini sama sekali tidak benar dan akan menyebabkan kerusakan besar pada ikan mas Anda termasuk menjadi kelebihan berat badan. Dengan mengikuti "metode" ini, Anda tidak akan memengaruhi ukurannya seperti yang Anda inginkan. Mereka tidak akan tumbuh hanya karena Anda memberi mereka makan terus menerus.

Metode terbaik untuk memberi makan ikan mas Anda berkisar pada jenis diet apa yang akan Anda beri mereka makan, berapa banyak, dan kapan. Setelah Anda menemukan ketiga langkah itu, maka Anda harus menaatinya. Satu-satunya waktu Anda harus menjauhi metode pemberian makanan ini adalah jika ikan Anda sakit.

Langkah Pertama Budidaya Ikan Mas : 

Pilih 3 hingga 4 makanan berbeda untuk dikonsumsi dalam diet ikan mas Anda.

Pilihan makanan untuk ikan mas meliputi:

    Ganggang (mereka biasanya memakan ganggang yang tumbuh di tangki mereka)
    Serangga (lalat, semut, dll.)
    Cacing (cacing darah, cacing tanah, dll.)
    Larva (larva nyamuk adalah favorit mereka)
    Sayuran (kacang tumbuk, brokoli, selada)
    Buah-buahan (blueberry)
    Tumbuhan dan akar tanaman
    Serpihan ikan dan pelet ikan (ya, mereka memang menikmati makanan ikan mereka)

Ikan mas adalah omnivora dan akan berusaha memakan apa saja yang Anda berikan kepada mereka. Jika Anda mencoba untuk mempengaruhi tingkat pertumbuhan ikan mas Anda, maka cobalah untuk menghindari serpihan ikan atau pelet ikan.

Meskipun dua pilihan ini memang memiliki nilai gizi, tetapi tidak sebanyak pilihan lain yang saya sebutkan sebelumnya. Bahkan, jika Anda tertarik pada ikan mas yang bahagia, sehat dan besar, maka pilihlah untuk memberi makan ikan mas Anda beragam.

Demikian pula, untuk bagaimana manusia membutuhkan berbagai makanan dalam diet kita, ikan mas juga melakukannya. Padu padan! Bersenang-senanglah dengan itu! Buat ikan mas Anda tertarik untuk memberi makan waktu!

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, disarankan untuk memilih 3 hingga 4 makanan dalam daftar ini. Pertimbangkan memilih sayuran, serangga, serpihan ikan, dan larva.

Kombinasi ini akan memberi ikan Anda sesuatu yang berbeda untuk setiap pemberian makan. Masing-masing pilihan ini memberi ikan mas Anda tingkat nilai gizi yang berbeda yang bila dikombinasikan dapat mendorong tingkat pertumbuhan yang sehat dan ikan bahagia secara keseluruhan!

Langkah Kedua Budidaya Ikan Mas: 

Cari tahu berapa banyak makanan yang harus Anda sediakan:

Aturan praktis untuk memberi makan ikan mas adalah hanya memberi makan mereka sebanyak yang mereka bisa konsumsi penuh dalam 2 menit atau kurang. Agar Anda dapat mengetahui berapa banyak makanan yang dibutuhkan untuk ikan mas khusus Anda, Anda mungkin harus memainkan sedikit trial and error.

Misalnya, jika Anda memiliki akuarium ikan mas dengan 5 ikan mas yang tinggal di dalamnya dan Anda memberi mereka sedikit makanan ikan dan berjalan pergi, yakin makanannya akan hilang tetapi apakah itu cukup untuk semua 5 ikan? Mungkin tidak.

Di sisi lain, jika Anda memberi 5 ikan Anda seluruh tangkai brokoli dan berjalan pergi maka ikan mas Anda akan makan sampai penuh, dan kemudian tangkai brokoli yang tersisa akan membusuk menyebabkan akuarium menjadi tempat beracun untuk hidup. Terserah Anda untuk mengetahui berapa banyak yang sesuai untuk akuarium khusus Anda.

Untuk minggu pertama atau lebih, luangkan waktu untuk memberi mereka makan dan beri waktu. Berikan jumlah makanan tertentu (mungkin satu atau dua jepitan) dan berapa lama makanan yang mereka konsumsi dalam periode 2 hingga 3 menit.

Jika mereka mengonsumsi semuanya maka berikan sedikit lebih banyak selama menyusui berikutnya. Jika mereka tidak mengkonsumsi semuanya dan ada makanan yang tidak dimakan yang berada di bagian bawah tangki, maka beri makan sedikit lebih sedikit selama pemberian makan berikutnya. Seperti saya katakan coba-coba.

Langkah Ketiga Budidaya Ikan Mas : 

Cari tahu kapan waktu terbaik untuk memberi makan ikan mas Anda:

Ini biasanya berputar di sekitar jadwal Andaikan mereka karena ikan mas adalah pengumpul alami dan akan mengkonsumsi apa saja kapan saja. Faktanya, banyak orang percaya bahwa satu-satunya tujuan hidup ikan mas adalah berenang berputar-putar dan makan.

Orang-orang ini tidak tahu apa yang mereka lewatkan! Metode yang paling umum (yang benar-benar bekerja dengan baik untuk semua orang) adalah memberi makan ikan mas Anda 2 hingga 3 kali sehari. Sekali di pagi hari, di sore hari maupun di malam hari. Jika Anda memilih untuk mengikuti jadwal ini karena bekerja dengan baik dengan jadwal Anda, maka lakukanlah!

Misalnya, jika Anda melakukan pekerjaan penuh waktu yang mengharuskan Anda untuk jam 8 pagi dan jam 5 sore dan anak-anak Anda pulang dari sekolah sekitar jam 2:30 siang, maka inilah tampilan jadwal makan Anda.

7:30 pagi (sebelum Anda pergi bekerja) beri makan ikan mas Anda beberapa lalat atau semut untuk memulai hari mereka.

14:30 (ketika anak-anak Anda pulang dari sekolah) minta mereka memberi makan serpihan ikan mas atau pelet ikan.

18:00 (setelah Anda pulang dari kantor) tangani ikan mas dengan daun selada atau buah-buahan dan sayuran lainnya.

Jadwal ini hanyalah sebuah contoh untuk menunjukkan bagaimana ketiga makanan tersebut dapat bervariasi dalam konten serta bagaimana membuang makanan. Adalah bijaksana untuk memberi makan serpihan ikan mas, pelet ikan, atau serangga selama waktu tersibuk Anda. Mereka tidak membutuhkan pemberian makan tangan dan relatif mudah diukur dan jatuh ke dalam air.

Jika Anda memiliki anak-anak yang melakukan pemberian makan, maka Anda mungkin ingin mereka mengambil alih serpihan ikan atau pelet ikan untuk membuatnya menjadi makanan yang lebih sederhana bagi mereka untuk ditangani.

Akhirnya, ketika Anda memiliki lebih banyak waktu dan kesabaran dan hari Anda mulai melambat, inilah saatnya untuk menyediakan pilihan makanan yang membutuhkan pemberian makan tangan (seperti sayuran atau tanaman).

Setelah Anda memilih berbagai makanan, cari tahu berapa banyak untuk memberi makan mereka dan kapan kemudian Anda telah membuat jadwal. Sangat penting bahwa Anda terus mengikuti jadwal makan ini. Namun, waktu sehari lebih penting daripada kandungan makanan. Jika Anda ingin mengubah apa yang Anda beri ikan mas, Anda dapat melakukannya selama Anda mengikuti jadwal.
Menyediakan air berkualitas baik di akuarium ikan mas Anda dapat membantu memengaruhi tingkat pertumbuhan mereka:

Kualitas air tangki adalah salah satu komponen terpenting dari memiliki ikan mas yang bahagia dan sehat. Jika air di akuarium mereka berkualitas buruk, maka ikan Anda akan menjadi sakit, rentan terhadap penyakit dan parasit dan kemungkinan akan mati sebelum mereka seharusnya. Ini bisa benar apakah Anda mencoba untuk mempengaruhi tingkat pertumbuhan ikan mas Anda.

Ada berbagai hal yang dapat Anda lakukan sebagai pemilik ikan mas yang dapat memastikan ikan mas Anda memiliki air tangki yang berkualitas. Salah satunya adalah Anda merawat air keran dengan air conditioner sebelum menambahkannya ke akuarium.

Air keran beracun bagi ikan mas (dan sebagian besar spesies ikan). Ini menyebabkan mereka menjadi stres dan bahkan dapat membuat sensasi terbakar di insang mereka. Setiap merek kondisioner air mungkin memiliki seperangkat instruksi sendiri, jadi ikutilah sesuai dengan itu.

Langkah lain yang dapat Anda ambil untuk menyediakan air tangki yang berkualitas adalah dengan menyediakan sistem penyaringan yang baik di akuarium. Filtrasi sangat penting untuk kesehatan ikan mas karena mereka adalah makhluk yang berantakan dan tidak akan hidup lama di air kotor.

Ada berbagai perangkat filtrasi di pasaran saat ini yang dapat Anda pilih. Jenis spesifik akan tergantung pada jenis ikan mas yang Anda miliki karena beberapa jenis lebih halus dari yang lain. Sebagai contoh, Bubble Eyed Fancy Goldfish akan membutuhkan sistem penyaringan bawah tanah karena kantung berisi cairan yang rapuh terletak di bawah mata mereka.

Sistem penyaringan tabung dapat memberikan hisap yang terlalu banyak atau memiliki sisi yang runcing, yang keduanya dapat menyebabkan kerusakan besar pada kantung-kantung ini. Namun, Ikan Komet Comet jauh lebih tangguh dan dapat melakukannya dengan baik di akuarium dengan sistem penyaringan tabung. Lakukan riset tentang breed mana yang dapat melakukan dengan baik dengan perangkat filtrasi mana sebelum membeli sesuatu.

Namun, Anda harus melakukan yang terbaik untuk memilih filter yang menyediakan filtrasi mekanis, biologis, dan kimia. Filter dengan ketiga jenis media filtrasi akan memberikan kualitas air terbaik.

Memberi makan juga berperan dalam kualitas air. Jika Anda memberi makan ikan mas secara berlebihan, maka makanan apa pun yang tidak dimakan akan mengapung ke dasar akuarium dan beristirahat di sana sampai menjadi berjamur.

Jika ini terjadi, makanan akan melepaskan amonia dan mungkin racun lain ke dalam air tangki dan dapat menyebabkan ikan mas Anda menjadi sakit. Penting juga bagi Anda untuk tidak terlalu banyak mengisi akuarium karena hal ini juga dapat menyebabkan kadar amonia melonjak dan menyebabkan kualitas air menjadi buruk.

Akhirnya, Anda dapat memastikan air berkualitas baik jika Anda melakukan penggantian air dan tes air secara teratur. Setiap dua minggu Anda harus melakukan perubahan air 30% dengan menyedot 30% air tangki ke dalam ember dan menggantinya dengan 30% air ledeng yang diolah. Jika Anda juga membersihkan tangki selama prosedur ini


Sumber : https://goldfisho.com/influence-growth-rate-goldfish/
loading...