Keuangan Adalah? | Pengertian, Jenis, Contoh, Panduan

loading...
Keuangan Adalah? | Pengertian, Jenis, Contoh, Panduan 



Pengertian Keuangan

Keuangan adalah istilah luas yang menggambarkan dua kegiatan terkait: studi tentang bagaimana uang dikelola dan proses aktual untuk memperoleh dana yang dibutuhkan. Ini mencakup pengawasan, penciptaan dan studi tentang uang, perbankan, kredit, investasi, aset dan kewajiban yang membentuk sistem keuangan.

Banyak konsep dasar dalam keuangan berasal dari teori ekonomi mikro dan makro. Salah satu teori yang paling mendasar adalah nilai waktu dari uang, yang pada dasarnya menyatakan bahwa satu dolar saat ini bernilai lebih dari satu dolar di masa depan.

Karena individu, bisnis, dan entitas pemerintah semuanya membutuhkan dana untuk beroperasi, bidang ini sering dipisahkan menjadi tiga sub-kategori utama: keuangan pribadi, keuangan perusahaan, dan keuangan publik (pemerintah).

 

Jenis Keuangan

1. Keuangan Pribadi

Perencanaan keuangan umumnya melibatkan analisis posisi keuangan individu atau keluarga saat ini, dan merumuskan strategi untuk kebutuhan masa depan dalam batasan keuangan. Keuangan pribadi adalah kegiatan yang sangat pribadi yang sangat tergantung pada pendapatan, kebutuhan hidup, tujuan, dan keinginan individu seseorang.

Sebagai contoh, individu perlu menabung untuk biaya pensiun, yang berarti menginvestasikan cukup uang sepanjang jalan untuk mendanai rencana jangka panjang mereka dengan baik. Jenis keputusan manajemen keuangan ini berada di bawah keuangan pribadi.

Keuangan pribadi meliputi pembelian produk keuangan, seperti kartu kredit, asuransi, hipotek, dan berbagai jenis investasi. Perbankan juga dianggap sebagai bagian dari keuangan pribadi, termasuk rekening giro dan tabungan serta layanan pembayaran online atau seluler seperti PayPal dan Venmo.
Keuangan

 

2. Keuangan Perusahaan

Keuangan perusahaan terdiri dari kegiatan keuangan yang terkait dengan menjalankan korporasi, biasanya dengan divisi atau departemen yang dibentuk untuk mengawasi kegiatan keuangan.

Misalnya, perusahaan besar mungkin harus memutuskan apakah akan mengumpulkan dana tambahan melalui penerbitan obligasi atau penawaran saham. Bank investasi dapat memberi nasihat kepada perusahaan tentang pertimbangan tersebut dan membantu mereka memasarkan sekuritas.

Startup dapat menerima modal dari investor malaikat atau pemodal ventura dengan imbalan persentase kepemilikan. Jika sebuah perusahaan berkembang dan memutuskan untuk go public, itu akan menerbitkan saham di bursa saham dalam penawaran umum perdana (IPO) untuk mendapatkan uang tunai.

Contoh lain dapat berupa perusahaan yang mencoba menganggarkan modal mereka dan membuat keputusan tentang proyek apa yang akan dibiayai dan proyek apa yang akan ditunda untuk menumbuhkan perusahaan. Jenis keputusan ini termasuk dalam keuangan perusahaan.


3. Keuangan publik

Keuangan publik mencakup kebijakan pajak, pengeluaran, penganggaran, dan penerbitan utang yang semuanya memengaruhi cara pemerintah membayar layanan yang diberikannya kepada publik.

Pemerintah federal membantu mencegah kegagalan pasar dengan mengawasi alokasi sumber daya, distribusi pendapatan, dan stabilisasi ekonomi. Pendanaan rutin dijamin sebagian besar melalui perpajakan. Meminjam dari bank, perusahaan asuransi dan pemerintah lain juga membantu membiayai pemerintah.

Selain mengelola uang untuk operasi sehari-hari, badan pemerintah juga memiliki tanggung jawab sosial yang lebih besar. Tujuannya termasuk memperoleh distribusi pendapatan yang adil bagi warganya dan memberlakukan kebijakan yang mengarah pada ekonomi yang stabil.
loading...